Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 18 December 2011

Bioplastik aman, tak beracun, dan biodegradasi

Dewasa ini industri kimia di seluruh dunia dianjurkan melaksanakan program "Green Chemistry", yaitu memproduksi bahan-bahan yang ramah lingkungan, aman, tidak beracun, bersih, dan dapat didaur ulang. Jika jenis plastik ini benar-benar ramah lingkungan, maka sampah plastik ini ketika tercampur dengan sampah lain tentu tetap aman, tak menimbulkan suatu masalah. Harapan kita, seluruh dunia segera mengganti produksi plastiknya dan diharapkan pula secara berangsur-angsur para konsumen mengganti penggunaan plastik dengan bioplastik ini. Perubahan terhadap sesuatu yang telah menyebar di masyarakat dunia tidaklah mudah dilakukan. Untuk itu maka seluruh dunia sangat diharapkan melakukan "Green Chemistry ini secara kompak." Penyebaran pengetahuan, berupa penyuluhan, pemberian label pada bioplastik dan terobosan lain hendaknya segera dilaksanakan, sehingga harapan kami "Green House Effect" dan "Global Warming" dapat dikurangi secara bertahap dan pasti.

Marty Mulvihill, Executive Director of the UC Berkeley Center for Green Chemistry, menceritakan bahwa universitas ini telah mengembangkan laboratorium baru, dan mengadakan kuliah tentang bermacam-macam plastik yang dapat diproduksi dengan aman, tak beracun, dan biodegradasi. Biodegradasi berarti dapat diurai oleh mikroba, sehingga plastik itu tidak merusak struktur dan tekstur tanah. Ini merupakan berita yang sangat menggembirakan, diharapkan tak lama hasilnya akan segera dirasakan, harapan seluruh umat di dunia akan segera terwujud, terutama kerusakan bumi segera dapat diperbaiki.
"Green Chemistry" melibatkan investigasi dan implementasi proses kimia dan produk yang aman, bersih, dan lebih efisien. Melalui Green Chemistry ternyata harga produk menjadi lebih murah, limbahnya sedikit, dan energi yang digunakan juga lebih sedikit.Produk yang aman membuat kesehatan kita dapat terjaga. Segi ekonomispun tak kalah pentingnya. Dengan murahnya harga produk yang aman ini, maka penyebaran produk ini dapat sampai ke masyarakat ekonomi lemah. Dengan demikian, segala lapisan masyarakat dapat hidup lebih aman dan sehat. Jika produksi yang aman ini dapat menjangkau berbagai jenis sandang dan papan, maka faktor ekonomi jelas akan sangat menguntungkan terutama bagi ekonomi lemah. Anggaran belanja dapat lebih diatur, sehingga dapat berdampak kepada kehidupan yang lebih baik dan masa depan juga lebih baik.

Bioplastik atau plastik organik merupakan plastik yang dibuat dari sumber biomas, diantaranya minyak sayur, tepung jagung,dan mikroba. Plastik ini jauh lebih baik dibanding plastik dari petroleum, karena plastik ini ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Istilah organik berarti bahan-bahan yang mengandung senyawa organik.Senyawa organik merupakan senyawa-senyawa yangberasal dari organisme hidup. Karena itu bahan organik adalah bahan alami sehingga secara alami pula akan terurai oleh organisme hidup. Dikatakan karena sejenis, sama-sama dari alam (natural), dengan sendirinya akan ramah lingkungan. Senyawa organik tergolong senyawa karbon, karena kandungan utamanya adalah karbon yang berupa rantai. Namun tidak semua senyawa karbon yang mengandung rantai atom karbon ini alami (organik). Sebagian senyawa karon adalah buatan manusia, tidak alami. Contohnya, karet sintetis dan plastik nonbiodegradasi adalah senyawa karbon, bukan senyawa organik. Karena itu plastik yang berasal dari bahan organik dinamakan bioplastik. Nama bioplastik sebaiknya disosialisasikan, agar masyarakat mengenal mana plastik yang ramah lingkungan.

No comments:

My Blog List