Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 13 November 2011

Persiapan UNAS 2012: Struktur Atom, Sistem Periodik Unsur, Ikatan Kimia

SKL-1: Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa.
a. Menentukan unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik. 
b. Memprediksi jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul.
Pada indikator (a), menentukan suatu unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik (SPU).
1) Menentukan nomor atom X, jika diketahui konfigurasi elektron atom, ion positif, atau ion negatifnya.
2)  Menentukan nomor atom X, jika diketahui harga ke empat bilangan kuantum n, l, m, s.
3)  Menentukan nomor atom X, jika diketahui letak X dalam SPU.
4) Memilih konfigurasi elektron atom, ion positif atau ion negatif suatu unsur yang mengikuti aturan Aufbau, Hund, dan larangan Pauli.
5) Memilih konfigurasi elektron atom, ion positif atau ion negatif berdasarkan nomor atom, harga bilangan kuantum elektron terakhir.
6) Memprediksi letak unsur dalam SPU (periode, golongan, blok) berdasarkan nomor atom, konfigurasi elektron atom, ion positif, ion negatif, atau harga ke empat bilangan kuantum elektron terakhir.
7) Selain alternatif soal di atas, dapat juga melibatkan jumlah orbital keseluruhan, orbital elektron valensi, orbital terisi penuh atau tak penuh.
8) Soal juga dapat mengacu pada jumlah proton, neutron, elektron dari suatu atom atau ion.
9) Ada kemungkinan menyangkut isotop, nomor atom dan nomor massa.
Sekarang perhatikan indikator (b). Anda diminta memprediksi jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul.
  • Memprediksi ikatan ion (elektrovalen) atau kovalen dari kelompok senyawa yang diketahui. 
  • Memprediksi ikatan ion atau kovalen dari pasangan unsur yang nomor atomnya diketahui. 
  • Memprediksi ikatan ion atau kovalen dari pasangan unsur yang diketahui konfigurasi elektronnya. 
  • Memprediksi jenis ikatan ion, kovalen polar, atau kovalen non polar. 
  • Memprediksi kepolaran molekul, dari beberapa molekul polar dan non polar. 
  • Memilih pasangan elektron (PE) yang merupakan ikatan koordinasi dari struktur Lewis (rumus titik elektron) 
  • Memilih molekul-molekul yang memiliki ikatan hidrogen dari beberapa rumus molekul. 
  • memprediksi molekul senyawa yang memiliki ikatan hidrogen dari sifat fisis senyawa, misal titik didih. 
  • Memilih molekul yang memiliki titik didih tertinggi dari beberapa rumus molekul senyawa segolongan. 
  • Alternatif lain, mungkin melibatkan ikatan Van der Walls untuk molekul-molekul non polar (dipol sesaat) atau polar (dipol permanen)

No comments:

My Blog List