Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 18 December 2011

Mengisi Waktu Liburan

Hey ... sayang, kalian akan libur lho! Cukup lama, terima rapor semester gasal paling lambat tanggal 24 Desember 2011; setelah itu libur 2 (dua) minggu dan masuk sekolah kembali tanggal 9 Januari 2012. Wah ... sungguh lama lho. Apa yang akan kalian lakukan selama itu? Sudahkah kalian menyusun rencana? Sekarang saja kalian sudah selesai menghadapi ulangan akhir semester (UAS). Banyak diantara kalian yang tidak mendapatkan remidi sudah mulai bersantai, karena tak ada pembelajaran rutin di kelas. Bagaimana cara kalian mengisi waktu liburan?

Apakah kalian mampu mengatur diri, tetap menyisihkan waktu untuk belajar? Mampu ya? Hebat, ibu juga berupaya meluangkan waktu untuk menulis artikel ini. Bagi kalian yang sanggup membuka-buka buku atau membaca artikel2 diinternet, ibu sarankan untuk membaca topik2 yang menarik, yang tidak pernah didengar sebelumnya, kreatif dan inovatif. Bagaimanapun, dalam memilih topik tentunya kalian akan mengacu pada sesuatu yang sesuai dengan selera kalian, iya kan? Nah, saran ibu walaupun liburan kalian sebaiknya tetap belajar, pilih pelajaran yang disukai dan pilih topik yang menarik.

Dewasa ini ibu lihat banyak anak sekolah memiliki HP yang dapat digunakan untuk akses internet. Kalian memilikinya? Wah sekarang memang sudah jamannya ya, serba internet. HP yang dapat digunakan untuk akses internerpun ternyata harganya terjangkau. Kemajuan teknologi benar-benar dapat dirasakan oleh segala lapisan masyarakat, hingga ekonomi lemahpun dapat memilikinya dan menggunakannya. Alhamdulillah. Nah bagaimanapun, berhati-hatilah menggunakan HP tersebut. Akses internet kalau kurang berhati-hati, katakanlah lupa diri, eh ... banyak hal yang kurang pas dan dapat menghambat proses belajar yang sebenarnya. Ibu sarankan kalian dapat menahan emosi, mengontrol diri, tetap disiplin pada hal-hal yang positif. 

Sayang,apapun yang kalian peroleh diinternet, asalkan tentang hal-hal yang positif, berarti kalian belajar sesuatu. Walau sekedar membuka dan membaca sebentar saja tentang informasi positif, itu sudah menunjukkan bahwa kalian telah mempelajari sesuatu. Memang kadar belajar seperti ini kadarnya relatif rendah. Namun suatu saat kalian mengalami sesuatu atau sedang mencari sesuatu, nah ... kalian mungkin akan teringat kembali bahwa kalian pernah membuka dan membaca hal itu. Maka dari itu, internet telah dilengkapi dengan memori untuk memudahkan pengguna mencari file yang pernah dibuka. Mungkin ditulis sebagai History, dan kalian dapat mencari semua yang pernah kalian buka sebelumnya.

Okay, harapan ibu kalian dapat memanfaatkan waktu libur sebaik-baiknya, Belajar sampai santai, Belajar sambil bermain, Belajar sambil bepergian, dan masih banyak cara yang dapat kalian lakukan, sesuai dengan situasi dan kondisi kalian saat itu. Belajar itu dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Benarkan? Setuju ya? Sip deh, selamat berlibur, Rawat ilmu kalian agar masuk sekolah nanti tidak lupa sama sekali, ibu menyertai kalian, dan ibu tetap belajar, membaca dan menulis untukmu anak bangsa yang kubanggakan. Ayo bersama kita tingkatkan segala aspek kehidupan kita, hingga Indonesia akan makin baik, Much better than before. Jangan lupa Blog ibu banyak, yang besar blog ini dan satu lagi di http://etnarufiati.guru-indonesia.net 
Please, open, read, and use all my Blog, and I hope these Blogs can help you to improve many things in your life and for your future. Have a nice holiday.

No comments:

My Blog List