Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 28 February 2010

PANDUAN UNAS KIMIA 2010 SKL-6

SKL 6
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
a. Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen.
b. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
c. Menganalisis pergeseran kesetimbangan.
d. Menghitung harga Kc/Kp.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SKL-6a. Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen.
1. Perhatikan data percobaan untuk reaksi : 2A(g) + B(g) --> 2AB(g)
    [A] awal 0,1M; [B] awal 0,1M; v = 6x M/detik
    Jika [A] 0,1M; [B] 0,2M; v = 12x M/detik
    Jika [A] 0,1M; [B] 0,3M; v = 18x M/detik
    Jika [A] 0,2M; [B] 0,1M; v = 24x M/detik
    Jika [A] 0,3M; [B] 0,1M; v = 54x M/detik
    a. Orde reaksi terhadap A adalah ....
    b. Orde reaksi terhadap B adalah ....
    c. Persamaan laju reaksi v = ….

2. Bila suatu reaksi suhuya dinaikkan 10oC, laju reaksi akan menjadi dua kali lebih besar. Suatu reaksi pada suhu toC berlangsung selama kurang lebih 6 menit.
a. Jika suhu dinaikkan, maka waktu yang diperlukan makin ....
b. Pada (t + 20)oC reaksi akan berlangsung selama ….
c. Jika suhu dinaikkan lagi menjadi (t + 30)oC reaksi berlangsung selama ....

SKL-6b. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
Perhatikan data laju reaksi antara pualam dengan asam khlorida:
Serbuk pualam + HCl(aq) 2M pada 27oC
Lempeng pualam + HCl(aq) 2M pada 50oC
Serbuk pualam + HCl(aq) 4M pada 27oC
Lempeng pualam + HCl(aq) 4M pada 50oC
Serbuk pualam + HCl(aq) 4M pada 50oC
a. Reaksi yang paling cepat berlangsung adalah …, faktor-faktor yang berpengaruh ....
b. Reaksi yang paling lambat adalah ..., karena ....

SKL-6c. Menganalisis pergeseran kesetimbangan.
1. Reaksi kesetimbangan berikut berlangsung pada 725°C :
4NH3(g) + 5O2(g) <==> 4NO(g) + 6H2O(l) H = -1169,5 kJ. Untuk memperoleh gas NO lebih banyak,  yang dapat dilakukan adalah,
a. suhu reaksi dinaikkan/diturunkan, karena ....
b. volum ruang diperbesar/diperkecil, karena ....
c. tekanan diperbesar/diperkecil, karena ....
d. hasil reaksi dibiarkan/segera dikeluarkan, karena ....

2. Reaksi kesetimbangan: Fe3+(aq) + SCN-(aq) <==> FeSCN2+(aq)
Warna larutan akibat adanya ion-ion di atas berturut-turut coklat, tidak berwarna, dan merah.
a. Menurut azas Le Chatelier, jika pada sistem kesetimbangan diadakan aksi, maka akan terjadi ....
b. Jika aksi yang diberikan adalah penambahan ion-ion Fe3+(aq), maka kesetimbangan bergeser ke ..., sebaliknya jika [Fe3+] diturunkan, maka yang terjadi adalah ....
c. Jika ditambahkan Na2HPO4(s), warna merah berkurang. Kesetimbangan bergeser ke arah .... Hal ini terjadi karena ....
d. Pada penambahan atau penurunan konsentrasi salah satu komponen dalam sistem kesetimbangan, harga Kc akan ....

SKL-6d. Menghitung harga Kc/Kp.
1. Konstanta kesetimbangan Kc untuk reaksi : 2SO2(g) + O2(g) <==> 2SO3(g) adalah 900 pada 570°C. Pada suhu yang sama, harga Kc untuk reaksi : SO3(g) <==> SO2(g) + ½ O2(g) adalah ...

2. Perhatikan reaksi kesetimbangan berikut : 2 CO(g) + O2(g) <==> 2 CO2(g). Pada suhu tertentu 4 mol CO direaksikan dengan O2, setelah kesetimbangan tercapai, terdapat 2 mol CO. Jika volum ruang 10 liter dan Kc = 4, O2 yang diperlukan adalah ....

3. Tetapan kesetimbangan untuk : PCl5(g) <==> PCl3(g) + Cl2(g) pada 760 K adalah 0,05.
a. Jika [PCl5] awal = 0,1 mol/L, pada keadaan setimbang, PCl5 yang terurai adalah … %
b. Harga Kp untuk kesetimbangan di atas adalah ....

No comments:

My Blog List