Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 1 March 2010

PANDUAN UNAS KIMIA 2010 SKL-7

SKL 7
Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel elektrokimia, serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.
a. Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks.
b. Mendeskripsikan diagram sel volta.
c. Menerapkan hukum Faraday.
d. Mendeskripsikan fenomena korosi.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SKL-7a. Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks.
1. Sn + 4HNO3 --> SnO2 + 4NO2 + 2H2O
a. Sn mengalami oksidasi/reduksi, karena ....
b. HNO3 mengalami oksidasi/reduksi, karena ....
c. Zat yang bertindak sebagai pengoksidasi adalah ....
d. Zat yang merupakan hasil reduksi adalah ....

2. Perhatikan reaksi redoks berikut : aAs + bNO3- + cOH- --> dAsO43- + eNO + fH2O
a. Koefisien reaksi berturut-turut adalah ....
b. Jumlah elektron yang terlibat dalam reaksi tersebut adalah ....
c. Jumlah mol NO3- yang bereaksi dengan 1 mol As adalah ....
3. Pada reaksi redoks berikut : Cl2 + 2KOH --> KCl + KClO + H2O
a. Bilangan oksidasi klor berubah dari … menjadi ....
b. Reaksi di atas tergolong reaksi ....

SKL-7b. Mendeskripsikan diagram sel volta.


Dari gambar sel elektrokimia berikut,
a. Diagram sel ini adalah ....
b. Reaksi selnya ....
c. Zn sebagai ... dan Cu sebagai ....
d. Elektron mengalir dari ... ke ....
e. Setelah beberapa saat, massa Zn berkurang/bertambah, karena ....
f. Warna larutan CuSO4 berubah, karena ....
g. Harga Eo sel positif, karena ....
 

 
SKL-7c. Menerapkan hukum Faraday.
1. Larutan AgNO3 (Ar Ag = 108) dielektrolisis dengan arus listrik 10 A selama 965 detik.
a. Logam Ag mengendap di ....
b. Massa logam yang diendapkan … gram.

2. Elektrolisis suatu larutan natrium klorida menghasilkan 11,2 liter gas Cl2 di anoda pada STP.
a. Reaksi yang terjadi di katoda adalah ....
b. Gas klor terjadi di ....
c. Jumlah muatan listrik yang digunakan sebesar ....

SKL-7d. Mendeskripsikan fenomena korosi.
1. Korosi besi.
a. Besi lebih cepat mengalami korosi pada kondisi udara lembab/udara kering/terjadi hujan asam, karena ....
b. Cara menghindari terjadinya korosi besi melalui ..., ..., ..., ..., dan ....

2. Upaya untuk mencegah terjadinya korosi pipa besi yang ditanam dalam tanah.
a. Pipa besi dihubungkan dengan logam … yang akan menjadi logam korban. Metoda ini dinamakan perlindungan ... karena ....

No comments:

My Blog List