Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday 27 February 2010

PANDUAN UNAS KIMIA 2010 SKL-5

SKL 5
Menentukan perubahan energi dalam reaksi kimia, cara pengukuran dan perhitungannya.
a· Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada peristiwa termokimia.
b· Menentukan kalor reaksi.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SKL-5a. Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada peristiwa termokimia.
1. Sekelompok siswa melakukan pengamatan sebagai berikut:
Gamping + air; NaOH(s) + air; NaCl(s) + air.
a. Peristiwa yang tergolong eksoterm adalah ..., karena ... sedang endoterm terjadi pada ....
b. Perubahan entalpi pada reaksi eksoterm bertanda negatif karena ....
c. Ketika NaCl(s) melarut dalam air, terjadi perpindahan kalor dari ... ke ....
SKL-5b. Menentukan kalor reaksi.
2. NaOH(aq) dan HCl(aq) masing-masing konsentrasinya 0,1 M pada suhu 27oC. Bila 50 mL NaOH(aq) ditambahkan ke dalam HCl(aq) dengan volum sama, suhu naik menjadi 42oC. Kalor jenis air 4,2 joule/g.K.
a. NaOH(aq) + HCl(aq) --> ... tergolong reaksi netralisasi,karena ....
b. Jumlah mol basa = mol asam = mol air yang terbentuk= ....
c. Reaksi di atas tergolong ..., karena kalor yang dibebaskan diserap oleh air, sehingga suhu air naik ....
d. Kalor yang diserap air, Q = ... joule
e. Kalor yang dibebaskan pada reaksi netralisasi di atas= - ... joule/... mol
f. Perubahan entalpi netralisasi = - ... kJ/mol

3. C6H12O6 + 6O2 --> 6CO2 + 6H2O ΔH = -280 kJ
C2H5OH + 3O2 --> 2CO2 + 3H2O ΔH = -1380 kJ
ΔH fermentasi glukosa: C6H12O6 --> C2H5OH + 2CO2 adalah ….

4. ΔHf H2O(l) = -285 kJ mol-1, CO2(g) = -393 kJ mol-1 dan C2H2(g) = +227 kJ mol-1. Kalor yang dibebaskan pada pembakaran 13 gram C2H2(g) (Mr = 26) adalah ….
5. Energi ikatan rata-rata H – H = 437,6 kJ/mol, Cl – Cl = 242,8 kJ/mol, H – Cl = 433 kJ/mol.
ΔHd HCl(g) --> ½ H2 + ½ Cl2 adalah ….

No comments:

My Blog List