Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 6 February 2010

LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT (LANJUTAN 1)

Artikel ini merupakan kelanjutan dari pembahasan tentang larutan elektrolit dan non elektrolit. Pada pembahasan pertama telah diuraikan bahwa larutan ini dapat diuji daya hantar listriknya dengan alat uji elektrolit. Ibu berharap, diantara kalian ada yang telah mempelajari konsep ini, baik melalui pengamatan ataupun tidak. Ibu juga berharap, kalian berupaya melakukan pengamatan sendiri atau secara kelompok; mungkin diantara kalian ada yang telah ditugasi oleh guru membuat penguji elektrolit dan menggunakan alat tersebut untuk menguji daya hantar listrik beberapa larutan baik di kelas, laboratorium, ataupun di rumah.

Sekarang kita gunakan data pengamatan untuk dapat menyimpulkan daya hantar listrik larutan yang kalian siapkan.

Data Pengamatan Daya Hantar Listrik Larutan
1. Larutan urea, lampu tidak menyala, tidak terjadi gelembung gas.
2. larutan cuka, lampu menyala redup, terjadi sedikit gelembung gas
3. Larutan gula, lampu tidak menyala, tidak terjadi gelembung gas.
4. Larutan garam dapur, lampu menyala terang, gelembung gas yang terjadi banyak.
5. Larutan ammonia, lampu menyala redup, gelembung gas yang terjadi sedikit.
6. Air kapur, lampu menyala terang, banyak gelembung gas yang terjadi.
7. Air accu, lampu menyala terang, gelembung gas yang terjadi banyak.


Pembahasan
Kelompokkan ke tujuh larutan di atas menjadi dua, larutan elektrolit dan non elektrolit. Berikan alasan, mengapa larutan itu tergolong elektrolit dan non elektrolit.

Larutan (1) dan (3) merupakan larutan non elektrolit, karena lampu tidak menyala dan tidak terjadi gelembung gas.

Ke lima larutan yang lain tergolong larutan elektrolit, karena lampu menyala dan terjadi gelembung gas.

Dari ke lima larutan elektrolit, manakah yang tergolong elektrolit kuat dan manakah yang elektrolit lemah.

Larutan (2) dan (5) adalah larutan elektrolit lemah, sedangkan ketiga larutan yang lain termasuk larutan elektrolit kuat.

Jelaskan alasan kalian.
Larutan yang tergolong elektrolit lemah, pada data pengamatan ditunjukkan oleh lampu yang menyala redup dan gelembung gas yang terjadi relatif sedikit. Sedang tiga larutan yang lain lampunya menyala terang dan gelembung gasnya banyak, jadi tergolong elektrolit kuat.

Jelaskan daya hantar listrik ke tujuh larutan di atas.
Larutan yang tergolong non elektrolit, tidak dapat menghantar listrik. Larutan yang daya hantar listriknya kuat tergolong elektrolit kuat, sedang larutan elektrolit lemah memiliki daya hantar listrik yang lemah.

Bagaimana kalian dapat menjelaskan bahwa suatu larutan non elektrolit tidak dapat menghantar listrik; demikian pula untuk larutan elektrolit yang dapat menghantar listrik. Hubungkan penjelasan kalian dengan keadaan partikel zat terlarut.

Suatu larutan non elektrolit tidak dapat menghantar listrik, karena dalam larutan tidak terdapat muatan listrik. Hal ini disebabkan oleh zat terlarut yang tidak mengalami ionisasi, sehingga tidak terdapat ion-ion, yaitu atom yang telah bermuatan listrik. Zat terlarut tetap berupa molekul netral.

Lain halnya dengan larutan elektrolit. Larutan ini dapat menghantar listrik karena larutannya mengandung ion-ion yang bergerak bebas. Ion-ion ini berasal dari zat terlarut yang mengalami ionisasi.
Larutan elektrolit lemah daya hantar listriknya lemah karena jumlah ion dalam larutan relatif sedikit. Hal ini disebabkan oleh ionisasi yang kurang sempurna dari zat terlarut.
Larutan elektrolit kuat disebabkan oleh jumlah ion-ion yang terdapat dalam larutan relatif banyak. Ion-ion ini berasal dari zat terlarut yang terionisasi sempurna.

No comments:

My Blog List