Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 6 February 2010

LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Semester genap ini tentu kalian yang berada di kelas X SMA sedang belajar larutan elektrolit dan non elektrolit . Konsep ini terasa gampang sekali, namun kalau belajarnya tidak mendalam sampai kedasar dan keluasan wawasan kurang, konsep-konsep sebelumnya yang kaitannya erat terabaikan, maka konsep-konsep berikutnya yang menyangkut larutan, penalarannya akan menjadi makin sulit.
Nah saran ibu, jika mempelajari konsep, cermati dengan baik kata kuncinya, yaitu kata-kata dalam paragrap yang memberikan arti, kemudian kaitkan satu demi satu, perhatikan alurnya. Caranya, baca suatu paragrap, garis bawahi kata kuncinya, inventariskan, tutup bukunya, artikan kembali kata kunci tersebut, susun kata kunci itu, kaitkan satu dengan yang lain, dapat berupa skema, baca skema itu berdasarkan keterkaitan konsepnya menjadi satu pengertian yang menyeluruh, dengan kata-kata kalian sendiri. Lakukan saran ibu, ibu percaya kalian bisa melakukannya, semoga sukses.
Marilah sekarang kita membahas larutan elektrolit dan non elektrolit.
Kalian tentu ingat bahwa larutan terdiri dari zat terlarut dan pelarut. Kali ini pelarut yang kita bahas adalah air. Ketika kalian melarutkan gula ke dalam air, maka pada saat butiran gula tidak tampak lagi, dikatakan bahwa gula telah terlarut menyatu dengan air. Larutan yang terjadi seperti air, namun ketika dicicipi rasanya manis. Berarti hasil pelarutan itu kita namakan larutan gula, dan rumus kimianya ditulis sebagai C12H22O11(aq). Tanda (aq) menunjukkan bahwa gula larut dalam air.
Istilah elektrolit digunakan untuk suatu zat yang jika dilarutkan ke dalam air, akan menghantarkan arus listrik. Sebaliknya, non elektrolit berarti tidak menghantar arus listrik. Nah siapkanlah alat untuk menguji daya hantar larutan. Hal ini mudah sekali kalian lakukan. Secara sederhana kalian hanya cukup menyiapkan 3 potong kabel, sebuah lampu led, baterai, gelas plastik bekas aqua, sendok plastik, kain pembersih, air, larutan gula, larutan garam dapur, alkohol, air accu, larutan pembersih lantai yang diencerkan, air jeruk, air kapur, dan mungkin kalian dapat menyiapkan larutan lain yang ada dirumah kalian.
Susunlah alat uji elektrolit sehingga siap pakai dan susunlah rancangan pengamatan kalian, jangan lupa menuliskan judul, tujuan, alat dan bahan, langkah kerja, gambar rangkaian alat, tabel pengamatan. Setelah semua siap dan telah didiskusikan di kelas atau dikonsultasikan dengan guru, lakukanlah pengamatan kalian, isi data pengamatan dan buatlah kesimpulan serta saran. Jika kalian memiliki kamera, fotolah kegiatan ini, agar selanjutnya dapat dipelajari cara bekerja kelompok yang benar. Ikuti artikel selanjutnya, tentang lanjutan larutan elektrolit dan non elektrolit.

No comments:

My Blog List