Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday 20 February 2010

ELECTROLYTES AND NON-ELECTROLYTES QUIZ Part I

QUIZ FOR YOU
1.    Data of electrolytes test :
Solution

Bulb
Other observation
A

Doesn’t light
No bubles
B

Doesn’t light
A little bubles
C

Light brightly
A lot of bubles
D

Light
A lot of bubles
E

Light
A little bubles

The solution that classified as weak electrolyte(s) is (are) ....
a.    A dan B           
b.    B dan E                
c.    C dan D           
d.    D dan E
e.    B, D, dan E
2.    When an ionic compound dissolve into pure water, the effect which can be observed by using an apparatus for testing electrolytes is ….
a.    the bulb lights                   
b.    the solute ionizes partly
c.    pure water electrically conducting
d.    there are freely moving molecules
e.    all molecules conduct an electric current
3.    Chemists began studying the electrical behaviour of substances in the early nineteenth century, and they knew that you could make pure water electrically conducting by ….
a.    dissolving certain substances   
b.    evaporating the pure water
c.    making aqueous solution
d.    separating the elements
e.    using battery
4.    Svante Arrhenius proposed the ionic theory of solutions. According to this theory, if we dissolve certain substances into pure water, the wrong effect is ….
a.    pure water electrically conducting      
b.    there are freely moving ions
c.    all ions conduct an electric current
d.    an aqueous solution is formed
e.    there is a process of ionization
5.    Freely moving ions will be found in each solution below, except ….
a.    NaCl(aq)        
b.    C6H12O6(aq)        
c.    H2S(aq)          
d.    CH3COOH(aq)
e.    KI(aq)
6.    The water molecule is a polar molecule, because the oxygen atom has a greater electronegativity than the hydrogen atoms. The wrong statement about water is ….
a.    as a polar solvent
b.    an ionic compound          
c.    a universal solvent
d.    has a covalent bonding
e.    consists of non metal elements

  1. Water is a universal solvent, because ....
a.    a triatomic molecule
b.    has a covalent bonding
c.    can dissolve many substances
d.    consists of non metal elements
e.    has a bond angle of  about 105º

8.    As an excellent solvent, the polarity of the water molecule causes it to bond to many solvents and dissolve them, particularly ….
a.    ionic compounds
b.    polar compounds
c.    non polar compounds
d.    ionic and polar compounds          
e.    polar and non polar compounds

9.    An ionic compound can be dissolved into water, because ….
a.    it contains ions
b.    it can be ionized
c.    it is easy to dissolve
d.    it consists more than one atom
e.    it has a different bond with water

10.  The following substances which can be dissolved into water are ….
a.    salts and metals
b.    metals and non metals
c.    acids, bases, and salts
d.    non metals and salts
e.    metals, non metals, salts


No comments:

My Blog List