Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 13 February 2010

PANDUAN UNAS KIMIA 2010 SKL-1


Panduan UNAS ini ibu tujukan untuk membantu kalian memahami konsep-konsep dasar dari standar kompetensi yang diujikan, sehingga diharapkan persiapan UNAS kalian menjadi lebih mantap.


SKL-1 STRUKTUR ATOM, SISTEM PERIODIK UNSUR, IKATAN KIMIA

Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawa.
a. Mendeskripsikan notasi unsur dan kaitannya dengan konfigurasi elektron serta jenis ikatan kimia yang dapat dihasilkannya
b. Memprediksi letak unsur dalam tabel periodik
c. Memprediksi jenis ikatan kimia/jenis interaksi molekuler
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Diberikan beberapa soal yang memerlukan jawaban singkat, kalian diharapkan mampu menjawabnya dengan benar. Apabila diantara kalian ada yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal berikut, disarankan untuk mengikuti panduan yang tersedia di bawah soal. Jika kalian memerlukan penjelasan konsep, ibu telah menyediakannya di blog ini juga; bukalah penjelasan SKL UNAS 2010.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Diketahui: unsur-unsur A-1, B-12, C-17. Informasi ini ditujukan untuk soal-soal no. 1 s.d. 7.

1. Konfigurasi elektron ion B2+ adalah ....
2. Harga bilangan kuantum elektron terakhir dari ion B2+ adalah ....
3. Unsur C tergolong ... (logam atau non logam); dalam sistem periodik terletak pada perioda ..., golongan ..., blok ..., jika mencapai konfigurasi oktet, jumlah elektron dalam orbital p adalah ....
4. Rumus senyawa antara A dan C adalah ...; jenis ikatannya ....
5. Jika B dan C berikatan, rumus senyawanya adalah ..., jenis ikatannya ....
6. Titik didih senyawa antara A dengan C ... (sama dengan, lebih besar dari, lebih kecil dari) titik didih senyawa antara B dengan C
7. Larutan senyawa antara A dengan C dan B dengan C berturut-turut tergolong ... dan ... (elektrolit lemah, elektrolit kuat)
Informasi berikut untuk soal-soal no. 8 s.d. 12. Suatu oksida AO2 mengandung ion A4+ dengan konfigurasi elektron (Ar) 3d3.
8. Unsur A tergolong ... (logam atau non logam)
9. Konfigurasi elektron atom A adalah ....
10. A tergolong unsur .... (utama atau transisi)
11. A dapat bersifat .... (diamagnetik atau para magnetik)
12. A memiliki orbital yang terisi penuh sebanyak ... dan elektron tunggal sebanyak ....
13. Dalam sistem periodik terdapat pada perioda ... golongan ... blok ....
Informasi berikut ditujukan untuk soal-soal no. 14 s.d. 25. Diketahui beberapa rumus kimia zat: O2, H2O, HF, BF3, NH3, CH4, Na2O, C2H5OH.
14. Zat yang memiliki ikatan ion adalah ....
15. Zat yang ikatannya kovalen non polar adalah ....
16. Molekul yang memiliki ikatan kovalen polar adalah ....
17. Molekul yang bersifat non polar adalah ....
18. Molekul yang bersifat polar adalah ....
19. Zat yang lelehan dan larutannya menghantar arus listrik adalah ....
20. Sepasang molekul yang dapat membentuk ikatan kovalen koordinasi adalah ....
21. Interaksi antar molekul non polar terjadi pada molekul-molekul ....
22. Dipol sesaat terjadi pa molekul-molekul ....
23. Gaya tarik antar dipol permanen terjadi pada molekul-molekul ....
24. Gaya Van der Walls terjadi pada molekul-molekul ....
25. Ikatan hidrogen terjadi pada molekul-molekul ....

1 comment:

KoKoCuAn said...

Bu ini jwabannya kita isi di sini ?ada kunci jawabanya ga Bu?thx

My Blog List