Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 7 February 2010

ACID AND BASE THEORIES Part I

Students, now I want to help you discussing acid and base theories. Here I remind you that the three acid base theories are discovered by the following scientists.
Arrhenius Theory
Arrhenius proposed that when ionic compounds are dissolved in water, these dissociate and form cations and anions. These ions are separated one of another in the aqueous solution and they move freely, although there are cations and anions. These evidence is accured as a result of solvation process during the compounds dissociate. Remember your last lesson in the grade X about electrolyte solutions. There are three different electrolyte solutions, i.e. acids, bases, and salts. The solutes of these solutions are ionic compounds and molecular compounds. In water, these molecular compounds ionize and become free ions in the solution. Some of them ionize completely and some of them ionize partly. The first is classified as strong electrolytes (strong acids or strong bases) and the second is grouped as weak electrolytes (weak acids or weak bases).
According to Arrhenius,
An acid is a substance that produce H+ ions in water.
A base is a substance that produce OH- ions in water.
When acid and base are mixed they will produce water, because H+ ion is combined with OH- ion and form H2O molecule. This reaction is classified as a neutralization reaction. When this reaction is heated, water is evaporatedand there is a crystalline of salt.
Examples of acid, base, salt, and their chemical equations.
Acid: HCl(aq) --> H+(aq) + Cl-(aq)
Base: NaOH(aq) --> Na+(aq) + OH-(aq)
Neutralization: Acid + Base --> Salt + Water
Molecular Equation: HCl(aq) + NaOH(aq) --> NaCl(aq) + H2O(l) at room temperature
When it isw heated: HCl(aq) + NaOH(aq) --> NaCl(s) + H2O(g)
Ionic Equation: H+(aq) + OH-(aq) --> H2O(l)
Weak acid: CH3COOH(aq) == CH3COO-(aq) + H+(aq)
Weak base: NH3(aq) + H2O(l) == NH4+(aq) + OH-(aq)
(==) is indicated as a reversible reaction.
When a strong base is added to a weak acid, the reaction is also named as neutralization.
Molecular Equation: CH3COOH(aq) + NaOH(aq) --> CH3COONa(aq) + H2O(l)
Ionic Equation: CH3COOH(aq) + OH-(aq) --> CH3COO-(aq) + H2O(l)

No comments:

My Blog List