Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday, 24 December 2009

SOAL TATANAMA DAN ISOMER SENYAWA KARBON

1. Rumus umum senyawa alkanol dan senyawa alkanal berbeda dua atom hidrogen, karena ....
a. berbeda senyawa
b. gugus fungsinya berbeda
c. berbeda sifat fisis dan kimianya
d. bukan merupakan pasangan isomer
e. adanya ikatan rangkap C = O pada alkanal

2. Nama sistematis dari senyawa dengan rumus struktur berikut CH3CHOHC(CH3)3 adalah ....
a. 3,3-dimetil-2-butanol
b. 3,3-dimetil butanol
c. 2,2-dimetil-3-butanol
d. 2,2-dimetil butanol
e. trimetil-2-propanol

3. Senyawa dengan rumus struktur (CH3)3C(CH2)2C(OH)(CH3)2 merupakan ....
a. alkanol primer
b. alkanol skunder
c. alkanol tersier
d. alkohol bercabang
e. alkohol bivalen

4. Suatu senyawa alkanol dinyatakan sebagai alkohol primer apabila gugus -OHnya terikat pada atom karbon ....
a.
yang mengikat satu atom C yang lain
b. yang berkedudukan ditengah rantai
c. yang memiliki rantai cabang
d. yang rantai cabangnya pada posisi berbeda dengan -OH
e. yang keempat ikatannya adalah kovalen tunggal

5. Alkohol monovalen adalah senyawa karbon yang mengandung ....
a. satu gugus -OH
b. dua gugus -OH
c. satu ion hidroksida, OH-
d. dua ion hidroksida, OH-
e. gugus -OH pada atom C no. 1

6. Alkohol yang digunakan sehari-hari baik untuk bahan bakar, kosmetika, obat luar, maupun yang lain adalah ....
a. metanol
b. etanol
c. propanol
d. butanol
e. pentanol

7. Senyawa karbon dengan rumus struktur CH3OCH2CH3 tergolong ....
a. ester
b. eter
c. keton
d. aldehid
e. asam karboksilat

8. Nama senyawa karbon dengan rumus struktur CH3OCH(CH3)2 menurut IUPAC adalah ....
a. metoksi propana
b. metoksi isopropana
c. 1-metoksi propana
d. 2-metoksi propana
e. metil isopropil eter

9. Rumus struktur dari butiraldehid dan asam butirat berturut-turut adalah ....
a. CH3CH2CHO dan CH3CH2COOH
b. CH3(CH2)2CHO dan CH3(CH2)2COOH
c. CH3CH2COCH3 dan CH3(CH2)2COOH
d. CH3O(CH2)2CH3 dan CH3(CH2)2CHO
e. CH3(CH2)2COOH dan CH3(CH2)2CHO

10. Pernyataan yang benar tentang asam 2,2-dimetil propanoat adalah ....
a. rumus umumnya CnH2n+2O2
b. rumus molekulnya C3H6O2
c. bersifat asam kuat
d. gugus metil penyebab sifat asam
e. rumus strukturnya (CH3)3CCO2H

11. Salah satu isomer dari senyawa dengan rumus molekul C5H12O yang merupakan alkanol primer adalah ….
a. 2-pentanol
b. 3-pentanol
c. 2-metil-2-butanol
d. 2,2-dimetil-1-propanol
e. 3-metil-2-butanol

12. Senyawa yang merupakan isomer rantai dari CH3(CH2)3CHO adalah ….
a. 2-metil butanal
b. propil asetat
c. 3-metil-2-butanon
d. pentanal
e. metoksi butana

13. Isomer posisi dari alkanol skunder adalah ....
a. alkanol primer
b. alkanol tersier
c. alkanol rantai lurus
d. alkoksi alkana
e. alkanon

14. Pasangan senyawa 1-propanol dengan 2-propanol merupakan isomer ....
a. rantai
b. posisi
c. gugus fungsi
d. rantai dan posisi
e. posisi dan gugus fungsi

15. Dua senyawa yang berisomer fungsi memiliki perbedaan dalam hal ....
a. jumlah atom C nya
b. jumlah atom H nya
c. jumlah atom O nya
d. jumlah rantai R nya
e. jenis gugus fungsinya

16. Salah satu isomer gugus fungsi dari 3-pentanon adalah ....
a. 3-butanol
b. 2-metil - 2- butanol
c. asam 3-metil butanoat
d. pentanal
e. 2-metil-1- butanol

17. Senyawa-senyawa berikut yang merupakan pasangan isomer adalah ....
a. 1-butanol dan 2-metil butanol
b. etoksi etana dan 2-propanol
c. 1-propanol dan etil eter
d. etil asetat dan asam butanoat
e. propanal dan 2-propanol

18. Senyawa yang memiliki atom C kiral adalah ....
a. CH3CH(OH)CH2CH3
b. CH3CH2OCH2CH3
c. CH3CH2CH2CH2OH
d. CH3CH2CH2CHO
e. CH3CH2COCH3

19. Satu dari senyawa-senyawa berikut ini yang memiliki isomer optis adalah ....
a. 1-pentanol
b. 2-pentanol
c. 3-pentanol
d. 2-metil-1-pentanol
e.2-metil-2-pentanol

20. Pasangan enantiomer merupakan pasangan senyawa yang memiliki sifat berikut, kecuali ....
a. tidak bersifat optis aktif, karena tidak memiliki atom C kiral
b. yang satu merupakan bayangan cermin dari yang lain
c. dapat memutar bidang getar cahaya yang terpolarisasi
d. dapat berupa campuran rasemat
e. bila zat yang memutar bidang getar cahaya kekanan dan ke kiri jumlah molnya sama, maka sudut putarnya nol

No comments:

My Blog List