Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday, 24 December 2009

SOAL REAKSI SENYAWA KARBON

1. Perhatikan persamaan reaksi berikut :
(i) CH4 + Cl2 (UV) --> CHCl3 + HCl
(iI) CH2 = CH-CH3 + HBr --> CH3-CHBr-CH3
(iiI) CH3 - CH2Cl + KOH (alkohol) --> CH2 = CH2 + KCl +H2O
Ketiga reaksi di atas berturut-turut adalah ....
a. adisi, eliminasi, oksidasi
b. substitusi, adisi, eliminasi
c. eliminasi, oksidasi, substitusi
d. substitusi, oksidasi, reduksi
e. esterifikasi, adisi, reduksi

2. Jika etena diadisi dengan Br2 akan menghasilkan ....
a. bromo etena
b. dibromo etena
c. dibromo etana
d. 1,1-dibromo etana
e. 1,2-dibromo etana

3. Suatu senyawa hidrokarbon tak jenuh mempunyai 4 atom C dan sebuah ikatan rangkap. Jika senyawa itu direaksikan dengan Cl2, menghasilkan 1,2-dikloro butana, maka senyawa alkena itu adalah ....
a. n-butena
b. 1-butena
c. 2-butena
d. cis 2-butena
e. 2-metil propena

4. Adisi HBr pada 1-butena menghasilkan senyawa dengan rumus struktur ....
a. CH3CHBrCH2CH3
b. CH2Br(CH2)2CH3
c. CH2BrCHBrCH2CH3
d. CHBr2(CH2)2CH3
e. CH3CBr2CH2CH3

5. Suatu senyawa hidrokarbon tak jenuh, X memiliki sebuah ikatan kovalen ganda. Pada adisi senyawa ini dengan Cl2 memerlukan 2 mol Cl2 untuk setiap mol senyawa tersebut. Pada reaksi ini tidak ada zat yang tersisa dan juga tidak ada hasil samping. Kemungkinan besar senyawa X adalah ....
a. alkana
b. alkena
c. alkadiena
d. alkuna
e. sikloalkena

6. Ketika CH3CH2CH2OH direaksikan dengan PCl3, maka kemungkinan hasil reaksinya adalah ....
a. propanol primer
b propanol skunder
c. 2-propanol
d. 1-kloro propana
e. 2-kloro propana

7. Untuk membedakan alkohol dari eter, kedua bahan masing-masing direaksikan dengan zat X. Ternyata tabung yang berisi alkohol membentuk gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Sedang tabung yang berisi eter, setelah ditunggu beberapa saat, tidak terjadi perubahan. Dapat disimpulkan bahwa zat X adalah ....
a. suatu logam
b. suatu non logam
c. natrium atau magnesium
d. suatu larutan asam
e. larutan garam

8. Ketela pohon jika diragikan akan menjadi makanan yang terkenal dengan nama 'tape' (bahasa Jawa). Jika tape ini dibiarkan, lama-lama rasanya menjadi masam. Pernyataan yang sesuai dengan kejadian di atas adalah ....
a. perubahan di atas merupakan proses fermentasi
b. tape mengalami oksidasi menjadi asam asetat
c. proses itu menunjukkan banyaknya kadar alkohol dalam tape
d. CH3COOH yang terdapat dalam tape berubah menjadi alkohol
e. Zat tepung dari ketela pohon semuanya berubah menjadi glukosa

9. Seseorang memeriksakan air kencingnya untuk mengetahui apakah dia terkena diabet (kencing manis). Untuk menguji adanya gula dalam air kencing tersebut digunakan larutan Fehling A dan B. Ternyata terjadi endapan merah bata. Endapan ini menunjukkan adanya gugus … dalam gula.
a. -O-
b. -OH
c. -CHO
d. -CO-
e. -COO-

10. Pereaksi Tollens dapat digunakan untuk mengenal suatu bahan yang mengandung senyawa aldehid. Jika pereaksi ini dicampurkan ke bahan tersebut, kemudian dipanaskan perlahan-lahan, maka terbentuk suatu zat yang berkilau. Zat ini terkenal dengan sebutan ....
a. cermin perak
b. oksida perak
c. garam perak
d. perak beramoniak
e. tabung berwarna keperakan


11. Suatu senyawa karbon dengan rumus molekul C2H6O dapat bereaksi dengan logam natrium dan juga dengan PCl3. Berdasarkan hal ini, senyawa karbon tersebut mengandung gugus fungsi ....

a. – OH

b. – O –

c. – CO –

d. – COH

e. – CO2


12. Suatu senyawa X jika dioksidasi menghasilkan aseton. Kemungkinan terbesar senyawa X adalah ….

a. asetilen

b. propanol primer

c. asetaldehid

d. propanol skunder

e. asam asetat


13. Suatu senyawa X dioksidasi dengan KMnO4 suasana asam, menghasilkan suatu senyawa asam Y yang dapat bereaksi dengan NaOH membentuk senyawa garam Z. Kemungkinan senyawa-senyawa X, Y, Z berturut-turut adalah ....

a. kloro etana, asam asetat, natrium asetat

b. etanol, asam asetat, natrium asetat

c. etanol, asam etanoat, garam natrium

d. 1-propanol, asam propanoat, natrium asetat

e. 2-propanol, asam propanoat, natrium propanoat


14. Suatu senyawa karbon dengan rumus molekul C3H8O. Bila direaksikan dengan asam etanoat menghasilkan senyawa beraroma buah pir yang memiliki gugus fungsi ....

a. – OH an

b. – O –

c. – CO –

d. – COH

e. – CO2


15. Jika asam asetat direaksikan dengan alkohol yang memiliki 3 atom C, maka hasil reaksinya adalah ....

a. metil asetat

b. etil asetat

c. propil etanoat

d. etil propanoat

e. propil propanoat


No comments:

My Blog List