Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday, 24 December 2009

SOAL KIMIA UNSUR


1. Pernyataan di bawah ini yang benar tentang sifat gas mulia adalah ....

a. xenon paling sukar bereaksi

b. berupa molekul monoatomik

c. elektron valensinya 8

d. orbitalnya ada yang terisi penuh

e. titik didih di atas suhu kamar


2. Xenon lebih reaktif dibanding gas mulia yang lain, karena ....

a. dipol sesaatnya lebih sering terjadi karena Arnya paling besar

b. jari-jarinya paling besar sehingga energi ionisasinya paling rendah

c. tingkat energi dari elektron valensinya paling rendah

d. Xe dapat bereaksi dengan fluor pada suhu kamar

e. inti atomnya paling tidak stabil sehingga elektronnya mudah lepas


3. Pernyataan yang benar tentang gas mulia adalah ....

a. pada suhu kamar dapat bereaksi dengan fluor

b. helium monoatomik, sedangkan xenon poliatomik

c. dari He sampai dengan Xe energi ionisasi makin besar

d. He paling stabil, sedangkan Xe paling reaktif

e. helium dapat membentuk senyawa dengan oksigen


4. Sifat unsur halogen yang benar dari fluor ke yod adalah ….

a. titik didih makin rendah

b. jari-jari atom makin kecil

c. keelektronegatifan meningkat

d. daya pengoksidasi berkurang

e. makin mudah menarik electron


5. Diantara pernyataan berikut yang sesuai dengan sifat logam golongan IA adalah ....

a. lebih reaktif dibanding golongan IIA

b. dapat bereaksi dengan xenon

c. merupakan oksidator kuat

d. tidak dapat bereaksi dengan air

e. diperoleh dari elektrolisis larutan garamnya


6. Pernyataan berikut ini yang benar untuk logam alkali tanah adalah ….

a. titik leleh relatif rendah

b. energi ionisasi relatif besar

c. merupakan logam kurang aktif

d. membentuk hidroksida bersifat asam

e. kereaktifan naik dengan bertambahnya Ar


7. Pada suatu analisis kualitatif, suatu batuan memerlukan uji nyala sebagai tahap pendahuluan, untuk memprediksi secara global kandungan kationnya. Ternyata batuan itu memberikan warna nyala ungu dan hijau. Berdasarkan data ini dapat diramalkan bahwa batuan itu kemungkinan berturut-turut mengandung kation ....

a. litium dan kalium

b. natrium dan kalsium

c. kalium dan barium

d. stronsium dan kalium

e. barium dan magnesium


8. Pernyataan yang benar tentang sifat unsur-unsur perioda ketiga adalah ….

a. fosfor merupakan semikonduktor

b. titik leleh aluminium tertinggi

c. silikon bersifat amfoter

d. magnesium membentuk basa terkuat

e. belerang tergolong molekul poliatomik


9. Titik leleh dan titik didih logam-logam transisi perioda 4 lebih tinggi dibanding logam-logam golongan utamakecuali seng, karena ….

a. orbital d penuh

b. orbital s-nya penuh

c. orbital d tidak berfungsi

d. jumlah orbitalnya genap

e. jumlah kulit seperti golongan A


10. Diantara logam transisi berikut yang bersifat diamagnetik adalah ….

a. Cr-24

b. Mn-25

c. Fe-26

d. Cu-29

e. Zn-30


11. Nama yang benar untuk senyawa kompleks [Fe(NH3)4Cl2]Cl adalah ....

a. besi(II) tetraamin dikloro klorida

b. ferat(III) tetraamin dikloro klorida

c. dikloro tetraamin ferat(II) klorida

d. tetraamin dikloro besi(III) klorida

e. tetraamin trikloro besi(III)

a.

12. Suatu ion kompleks, ion pusatnya memiliki bilangan koordinasi 4 dan ligannya terdiri atas 1 molekul air dan 3 ion sianida. Kemungkinan rumus ion kompleks tersebut adalah ....

  1. {X(H2O)(CN)3}2+
  2. {X(H2O)(CN)3}+
  3. {X(H2O)(CN)3}-
  4. {X(H2O)(CN)3}2-
  5. {X(H2O)(CN)3}3-

13. Pengolahan tembaga dari bijihnya berbeda dengan pengolahan besi. Bijih besi dapat langsung direduksi, sedang bijih tembaga tidak dapat. Karena bijih tembaga berupa batuan sulfida, maka sebelum direduksi, terlebih dahulu harus dilakukan ....

  1. penetralan
  2. pemanasan
  3. pemanggangan
  4. peleburan
  5. pemurnian

14. Pada pengolahan bijih besi, Fe2O3 menjadi besi, terdapat lima tahap reaksi. Tahap reaksi yang salahadalah ….

  1. C(s) + O2(g) --> CO2(g)
  2. CO2(g) + C(s) --> CO(g)
  3. 3Fe2O3(s) + CO(g) --> 2Fe3O4(s) + CO2(g)
  4. Fe3O4(s) + CO(g) --> 3FeO(s) + CO2(g)
  5. FeO(s) + C(s) --> Fe(l) + CO(g)

15. Besi umumnya diproduksi sebagai baja sedang tembaga dimurnikan. Pernyataan yang sesuai dengan sifat besi dan tembaga adalah ....

  1. besi kerapatannya besar, sehingga ikatan logamnya cukup kuat
  2. besi mudah berkarat karena potensial oksidasi besi relatif kecil
  3. logam besi lebih mudah teroksidasi dibanding logam tembaga
  4. tembaga merupakan logam paling mulia dibanding logam lain
  5. tembaga yang telah dimurnikan warnanya lebih mengkilap

No comments:

My Blog List