Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 26 December 2009

SOAL STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

REVIEW STRUKTUR ATOM DAN SPU KELAS X

1. Suatu unsur terdiri atas bagian terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi, dinamakan atom. Partikel dasar penyusun atom ada 3, yaitu proton, netron, dan elektron. Massa dan muatan dari ketiga partikel ini berturut-turut adalah ....

a. 1, +1; 1, 0; 0, -1

b. 1, -1; 1, +1; 0, +1

c. 1, 0; 0, 1; 0, -1

d. 0, +1; 1, 0; 0, -1

e. 0, -1, 1, 0; 1, -1

2. Suatu unsur X memiliki nomor atom 17 dan nomor massa 35, jumlah proton, netron, dan elektronnya berturut-turut adalah .... 

a. 17, 17, 18 

b. 17, 18, 17

c. 17, 18, 18

d. 18, 17, 17  

e. 18, 17, 18

3. Menurut Niels Bohr, elektron mengelilingi inti pada tingkat-tingkat energi tertentu. Pernyataan yang sesuai dengan teori atom ini adalah ....

a. elektron paling dekat dengan inti memiliki tingkat energi terendah

b. makin tinggi tingkat energi suatu elektron, jaraknya terhadap inti makin dekat

c. elektron makin sulit lepas, jika kulit valensinya jauh dari inti atom

d. jumlah elektron maksimum pada setiap kulit adalah n2

e. n = 1 sebagai kulit K, merupakan tingkat energi tertinggi

4. Menurut Niels Bohr, konfigurasi elektron unsur-unsur A-17 dan B-19 adalah ....

a. (2,8,7) dan (2,8,9)

b. (2,8,2,5) dan (2,8,8,1)

c. (2,8,7) dan (2,8,8,1)

d. (2,2,8,5) dan (2,8,7)

e. (2,8,7) dan (2,9,8)

5. Secara umum, unsur-unsur dapat dikelompokkan menjadi logam dan non logam. Konfigurasi elektron atom dapat membedakan antara atom logam dan non logam. Konfigurasi elektron logam dan non logam berturut-turut adalah .... 

a. (2,1) dan (2,8,1)

b. (2,8,1) dan (2,8,2)

c. (2,8,2) dan (2,8,7)

d. (2,8,7) DAN (2,8,8)

e. (2,1) dan (2,8,1)

6. Sistem periodik modern disusun berdasarkan kenaikan nomor atom, yang menunjukkan kenaikan jumlah proton. Karena suatu atom itu netral, maka jumlah elektron = jumlah proton. Sehingga dapat dikatakan bahwa ....

a. dalam satu perioda dari kiri ke kanan jumlah proton berkurang

b. dalam satu perioda dari kiri ke kanan jumlah netron tetap 

c. dalam golongan dari atas ke bawah jumlah elektron bertambah

d. dalam satu golongan dari atas ke bawah nomor massa tetap

e. adanya kenaikan nomor atom mengakibatkan penurunan jumlah proton

7. Pernyataan berikut yang benar mengenai sistem periodik modern adalah ....

a. bentuknya memanjang karena golongan A dan B digabungkan

b. terdapat 7 perioda yang masing-masing berisi unsur-unsur yang sifatnya sama

c. unsur-unsur yang jumlah elektron valensinya sama terdapat dalam golongan yang sama

d. golongan A adalah golongan utama, sedang golongan B merupakan non logam

e. menurut IUPAC terdapat 8 golongan A dan 8 golongan B dengan jumlah unsur 16.

8. Suatu unsur tergolong logam, terdapat pada perioda ke tiga dalam sistem periodik. Kemungkinan untuk itu adalah ....

a. jumlah kulitnya 2

b. elektron valensinya 3

c. konfigurasi elektronnya (3,3)

d. nomor atomnya 11

e. nomor massanya = 22 

9. Unsur X dengan nomor atom 19 dalam sistem periodik terletak pada ....

a. perioda 2 golongan VIIA

b. perioda 3 golongan IIIA

c. perioda 3 golongan VIIIB

d. perioda 4 golongan IA

e. perioda 4 golongan IB

10. Unsur-unsur dengan nomor atom 11, 12, 13 berturut-turut ....

a. jari-jarinya makin kecil

b. elektron valensinya berkurang

c. energi ionisasinya berkurang

d. sifat kelogamannya bertambah

e.  makin mudah melepaskan elektron

No comments:

My Blog List