Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday, 24 December 2009

SOAL REDOKS DAN ELEKTROKIMIA


REVIEW REDOKS DAN ELEKTROKIMIA

1. Perhatikan persamaan reaksi redoks berikut:

a Cr2O72- + b H+ + c Fe2+ --> d Cr3+ + e H2O + f Fe3+

Koefisien reaksi a, b, c, d, e dan f berturut-turut adalah ….

a. 1, 14, 4, 2, 7, 4

b. 1, 14, 6, 2, 7, 6

c. 2, 14, 8, 2, 7, 8

d. 2, 7, 8, 4, 14, 8

e. 3, 7, 8, 6, 14, 8

2. Setelah persamaan reaksi redoks berikut disetarakan, a ClO2- + b MnO4- + c H2O --> d ClO4- + e MnO2 + f OH- koefisien reaksi a, b, c, d, e, dan f berturut-turut adalah ....
a. 2, 3, 2, 3, 2, 4

b. 3, 2, 4, 3, 2, 4

c. 3, 4, 2, 3, 4, 4

d. 4, 3, 2, 3, 2, 4

e. 4, 3, 4, 3.  4, 2

3. Koefisien reaksi redoks berikut berturut-turut dari a sampai dengan e adalah ....
a K2C2O4 + b K2Cr2O7 + c H2SO4 --> d CO2 + Cr2(SO4)3 + K2SO4 + e H2O
a. 3, 1, 7, 3, 7
b. 3, 1, 7, 6, 7
c. 3, 2, 7, 3, 7
d. 6, 2, 7, 6, 7
e. 6, 1, 7, 3, 7


4. Dari 3 logam X, Y, dan Z, X dan Z dapat bereaksi dengan larutan Y. Namun Z tidak dapat bereaksi dengan larutan X. Urutan ketiga logam berdasarkan penurunan potensial reduksinya adalah ….

a. X – Y – Z

b. Y – X – Z

c. Z – Y – X

d. Y – Z – X

e. X – Z – Y


5. Dalam sel elektrokimia Zn – Cu, pernyataan yang benar adalah ....
a. Zn2+(aq) + 2e --> Zn(s)
b. Cu(s) --> Cu2+(aq) + 2e
c. 2H2O(l) --> 2H2(g) + O2(g)
d. diagram selnya : Zn(s)/Zn2+(aq)//Cu2+(aq)/Cu(s)
e. Zn dimasukkan ke dalam Cu2+ dan Cu ke dalam Zn2+


6. Suatu sel elektrokimia memiliki pasangan elektroda Al – Cu.

Ketika reaksi sel berlangsung, pernyataan berikut yang benar adalah ….

a. Al tereduksi

b. Cu mengalami oksidasi

c. aluminium sebagai katoda

d. elektron mengalir dari kutub positif

e. arus listrik mengalir dari Cu ke Al

7.   Perhatikan data  potensial standar berikut:
Mg2+(aq) + 2e --> Mg(s) Eo = --2,24 volt
Sn2+(aq) + 2e --> Sn(s) Eo = --0,14 volt
Hg2+(aq) + 2e --> Hg(s) Eo = +0,62 volt
Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s) Eo = +0,34 volt

Reaksi sel yang memiliki Eo tertinggi adalah ....
a. Sn(s)+Hg2+(aq) --> Sn2+(aq)+Hg(s)
b. Sn(s)+Cu2+(aq) --> Sn2+(aq)+Cu(s)
c. Hg(s)+Cu2+(aq) --> Hg2+(aq)+Cu(s)
d. Mg(s)+Cu2+(aq) --> Mg2+(aq)+Cu(s)
e. Mg(s)+Hg2+(aq) --> Mg2+(aq)+Hg(s)

8. Larutan CuSO4 dielektrolisis dengan menggunakan elektroda grafit. Reaksi yang terjadi di sekitar elektroda positif adalah ….

a. Cu(s) --> Cu2+(aq) + 2e

b. 2H+(aq) + 2e --> H2(g)

c. Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s)

d. 2H2O(l) --> 4H+(aq) + 4e + O2(g)

e. 2SO42-(aq) + 2H2O(l) --> 2H2SO4 + 4e + O2(g)


9. Waktu (dalam jam) yang diperlukan untuk mengendapkan 5 gram logam Cr dari larutan Cr2(SO4)3 dengan arus sebesar 1,5 Ampere adalah .... (Ar Cr = 52)

a. 8

b. 6

c. 5

d. 3

e. 2

10. Sejumlah arus listrik yang sama dialirkan ke dalam dua sel elektrolisis yang terdiri atas larutan besi(III) klorida dan larutan timah(IV) klorida yang masing-masing menggunakan elektroda grafit. Pernyataan yang sesuai dengan kedua sel itu adalah ....

a. di sekitar anoda di kedua sel terbentuk endapan

b. endapan besi terjadi di anoda sedang endapan timah di katoda

c. massa besi yang mengendap = 2 x massa timah

d. massa Fe : massa Sn = Ar Fe : Ar Sn

e. m Fe : m Sn = Ar Fe/3 : Ar Sn/4


No comments:

My Blog List