Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 27 December 2009

SOAL IKATAN KIMIA

REVIEW IKATAN KIMIA KELAS X

1. Jumlah unsur yang tidak stabil, jauh lebih banyak dibanding unsur-unsur yang stabil. Kestabilan suatu atom dapat dilihat dari konfigurasi elektronnya. Untuk mencapai kestabilan, maka unsur-unsur P-11 dan Q-16 bergabung membentuk ikatan ... dengan rumus kimia ....

a. kovalen polar, PQ

b. kovalen non polar, PQ

c. ion, PQ

d. ion, P2Q

e. kovalen polar, P2Q

2. Suatu senyawa ion dapat terbentuk dari unsur-unsur ... dan ... karena adanya ....

a. logam, logam, transfer elektron

b. logam, non logam, transfer elektron

c. logam, logam, pasangan elektron menjadi milik bersama

d. logam, non logam, pasangan elektron milik bersama

e. non logam, non logam, transfer elektron

3. Unsur A dan B membentuk suatu senyawa yang pada suhu kamar berupa kristal dan titik didihnya relatif tinggi. Pernyataan yang sesuai dengan kejadian itu adalah ....

a. AB(s) suatu senyawa ion

b. A dan B berupa logam

c. terdapat sepasang elektron ikatan antara A dan B

d. A dan B mampu melepaskan elektron membentuk ion

e. A dan B adalah non logam yang dapat membentuk ion

4. Senyawa yang sekaligus memiliki ikatan ion dan kovalen adalah ....

a. HClO

b. H2SO4

c. Na2CO3

d. CaO

e. Cl2O7

5. Diantara senyawa berikut yang tergolong senyawa ion adalah ....

a. NH3

b. PCl5

c. HCl

d. KOH

e. H2SO4

6. Ikatan kovalen non polar terdapat pada zat-zat dengan rumus kimia ....

a. H2, O3, P4, S8

b. Cl2, HCl, HClO

c. Na2O, NaCl, NaBrO

d. P4, PH3, Na3PO4

e. CH4, C2H6, C3H8

7. Zat-zat yang memiliki ikatan kovalen polar adalah ....

a. H2O, H2, O2

b. CH4, CO2, O2

c. NH3, BF3, CH4

d. S8, P4, O3

e. BaBr, HBr, Br2

8. Molekul-molekul berikut yang tergolong non polar adalah ....

a. CH4, CO2, BF3

b. HCl, HBr, HI

c. NaCl, Na2O, Na3PO4

d. SO3, PCl3, NH3

e. CO2, CHCl3 PCl5

9. Ikatan koordinasi terjadi pada senyawa dengan rumus kimia ....

a. NH3, BF3

b. HCl, HF

c. H2O, HF

d. NH4Cl, NH3BF3

e. KOH, NaOH, Ba(OH)2

10. Logam memiliki banyak sifat yang menguntungkan kita, sehingga logam sangat berperanan dalam kehidupan. Diantara sifat berikut yang sesuai dengan sifat logam adalah ....

a. elektron valensinya relatif sedikit sehingga sulit bergerak

b. dapat ditempa menjadi lempeng karena tergolong stabil

c. ketidak stabilannya membuat logam bereaksi sesama logam

d. elektronnya bergerak bebas sehingga konduktor listrik yang baik

e. berupa kristal karena sulit bereaksi dengan unsur lain

   

No comments:

My Blog List