Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 13 November 2011

Persiapan UNAS 2012: Stoikiometri

SKL-2: Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.
Indikator:
a. Menyelesaikan perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia.
b. Mendeskripsikan persamaan reaksi kimia anorganik.
Indikator (a) menyelesaikan perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia. Ada 5 hukum, 3 hukum mengenai massa, hukum kekekalan massa Lavoisier; hukum perbandingan tetap Proust dan hukum perbandingan berganda Dalton. Dua hukum berikutnya menyangkut volum gas, yaitu hukum perbandingan volum Gay Lussac dan hipotesis Avogadro yang menjelaskan hukum Gay Lussac tentang hubungan jumlah molekul gas dengan volumnya pada pengukuran suhu dan tekanan yang sama.
Hukum kekekalan massa paling sederhana dan mudah. Anda hanya memikirkan bahwa massa zat sebelum dan sesudah reaksi sama. Maka soal ini tidak memerlukan massa atom relatif (Ar). Anda tidak perlu mengubah massa menjadi mol.
Hukum yang sering ditanyakan adalah hukum perbandingan tetap. Anda diminta untuk membandingkan massa reaktan dan produk. Hati-hati, jika terdapat 2 reaktan, apakah keduanya tepat habis, atau ada yang sisa (melibatkan pereaksi pembatas). Untuk itu perhatikan perbandingan massa reaktan dengan produknya. Mungkin perbandingan massa reaktan diketahui, atau ditanyakan. Anda harus membandingkan data yang ada, minimal 2 atau 3 data.
Hukum perbandingan berganda Dalton dewasa ini tidak pernah ditanyakan. Hukum itu mengacu pada unsur-unsur yang dapat membentuk 2 atau lebih senyawa. Misalnya nitrogen dapat membentuk lebih dari satu senyawa oksida, N2O, NO, N2O3, NO2, N2O5. Jika massa nitrogen dalam setiap senyawa sama, maka massa oksigen dalam senyawa-senyawa tsb. berturut-turut berbanding sebagai bilangan yang bulat dan sederhana.
Hukum Gay Lussac, sering ditanyakan. Pada suhu dan tekanan yang sama, gas-gas yang bereaksi dan hasil reaksi mempunyai perbandingan volum yang sederhana dan sesuai dengan koefisien reaksi gas ybs. Hati-hati, Anda harus cermat. Kadang-kadang terdapat pereaksi pembatas. Untuk Hipotesis Avogadro yang selanjutnya menjadi hukum Avogadro, perbandingan volum gas-gas yang terlibat dalam reaksi gas, sama dengan perbandingan jumlah molekul gas-gas tsb., yang tentu saja sebanding dengan koefisien reaksi.   
Pada indikator (b) mendeskripsikan persamaan reaksi kimia anorganik. Dalam hal ini Anda harus dapat menalar arti persamaan reaksi, meliputi rumus kimia beserta wujudnya pada suhu kamar dari reaktan dan produk, koefisien reaksi yang merupakan perbandingan mol antara zat-zat yang terlibat dalam reaksi.

No comments:

My Blog List