Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Tuesday, 16 March 2010

JENIS SENYAWA GARAM

Ibu akan melanjutkan membahas jenis-jenis garam. Pada artikel sebelumnya, yaitu tentang harga pH larutan bagian IX, telah dibahas larutan garam normal. Sekarang kita lihat jenis garam yang lain.

2. Garam yang mengandung Anion Hidro
Contoh NaHCO3(aq) terdiri atas Na+(aq) dari basa kuat dan bikarbonat (hidrokarbonat), HCO3-(aq) dari asam lemah. Senyawa ini sering disebut sebagai garam asam, karena anionnya mengandung atom H. Namun sebutan itu dapat membuat rancu, karena larutan garam ini bersifat basa.

HCO3-(aq) + H2O(l) == H2CO3(aq) + OH-(aq)

Namun H2CO3(aq) saat terbentuk langsung terurai, karena tidak stabil.
H2CO3(aq) --> H2O(l) + CO2(aq)

Jika reaksi di atas ditulis dalam satu reaksi, maka 
HCO3-(aq) == OH-(aq) + CO2(aq)

Karena HCO3-(aq) basa lemah, maka CO2 yang terbentuk hanya sedikit dan dapat larut dalam air.

3. Garam yang mengandung OH
Contoh Mg(OH)NO3(aq) terdiri atas Mg(OH)+(aq) dan NO3-(aq). Garam ini sering disebut garam basa; namun larutannya bersifat asam. 
Mg(OH)+(aq) + H2O(l) == Mg(OH)2(aq) + H+(aq)

4. Garam Rangkap
Contoh tawas, KAl(SO4)2.H2)(s) atau K2SO4.Al2(SO4)3.24H2O(s)
Garam ini terdiri atas 2 macam garam yang mengkristal menjadi satu. Garam ini terdiri atas 2 jenis kation dan satu anion. Garam rangkap dapat pula mengandung satu kation dan 2 jenis anion; misalnya kapur klor, CaOCl2 atau CaCl2.Ca(OCl)2. Dalam air semua ion-ionnya terurai.

Tawas di atas bersifat asam, karena Al3+(aq) berasal dari basa lemah.
Al3+(aq) + 3H2O(l) == Al(OH)3(aq) + 3H+(aq)

Kapurklor bersifat basa, karena OCl-(aq) berasal dari asam lemah.
OCl-(aq) + H2O(l) == HOCl(aq) + OH-(aq)

5. Garam Kompleks
Contoh Cu(NH3)4SO4(aq) mengandung kation kompleks Cu(NH3)42+(aq); FeFe(CN)6(aq) mengandung anion kompleks, Fe(CN)63-(aq). Garam kompleks berbeda dengan garam rangkap. Garam kompleks dalam air kation/anion kompleksnya tidak terurai.

No comments:

My Blog List