Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 20 February 2010

THE ANSWER OF ELECTROLYTES AND NON-ELECTROLYTES QUIZ Part IV

QUIZ FOR YOU

1.    The correct ionization of calcium hydroxide(aq) is ....
a.    KOH(aq) à K+(aq) + OH-(aq)
b.    K(OH)2(aq)àK+(aq) +2OH-(aq)
c.    Ca(OH)2(aq)àCa2+(aq)+2OH-(aq)
d.    Ca(OH)2(aq) à Ca2+(aq)+ OH2-(aq)
e.    CaOH(aq) à Ca+(aq) + OH-(aq)
2.    Electrolytes commonly exist as solutions of ….
1.    acids          2. bases           3.salts
a.    1 only                   
b.    1 and 2
c.    2 only                  
d.    1, 2, and 3            
e.    3 only
3.    If a substance is dissolved in water and the bulb doesn’t lights and there is a few bubles, the possible substance is ….
a.    salt                        
b.    sucrose
c.    glucose                 
d.    CO(NH2)2
e.    CH3COOH
4.    K2SO4 is a strong electrolyte because it is ….
a.    a base
b.    an acid
c.    a strong base
d.    a strong acid
e.    a salt                     
5.    The correct ionization of a weak electrolyte is ….
a.    HCl(aq) à H+(aq) + Cl-(aq)
b.    NaCl(aq) à Na+(aq) + Cl-(aq)
c.    NaOH(aq) à Na+(aq) + OH-(aq)
d.    CH3COOH «CH3COO-(aq)+H+(aq)
e.    CO(NH2)2(aq)«CO2-(aq)+2NH22-(aq)
6.    Acetic acid and sodium hydroxide are …
a.    weak electrolytes
b.    strong electrolytes
c.    non electrolytes
d.    strong electrolyte and non electrolyte
e.    weak electrolyte and strong electrolyte   
  1. Acid, base, and salt are electrolytes because ....
a.    they contain ions
b.    they have charge
c.    in water, they forms ions
d.    they can dissolve into water
e.    they are unsable compounds
  1. Salt can conduct electricity , when it acts as ....
a.    solid
b.    solid or liquid
c.    solid or solution
d.    liquid or solution
e.    liquid and aqueous solution
  1. When sodium chloride is dissolved into water, the bulb doesn’t light, but there is a few bubles. The reason of this evidence is ....
a.    the solution is too concentrated
b.    the salt doesn’t dissolve
c.    the salt cannot dissociate
d.    the water is dirty
e.    the water is too cold
  1. If you dissolve a salt and the solution is too concentrated, so there is an evidence that ....
a.    the salt cannot dissociate
b.    all ions are not freely moving
c.    the number of ions is too many  
d.    some cations and anions polarize
e.    the ions of the salt cannot be separated
  1. In the electrolyte solution, the positive ions and negative ions can polarize one of another because ....
a.    The ions can attract one of another
b.    The ions couldn’t attract with water
c.    the water couldn’t cover all ions
d.    the solvation isn’t perfect
e.    there is no solvation


  1. When sodium oxide is dissolved into water, the result is a solution of sodium hydroxide. The correct answer about this result is ....
a.    Its formula is Na(OH)2
b.    there is a precipitation of NaOH
c.    it can be grouped as a strong base
d.    It can be classified as a weak electrolyte
e.    some particles in the solution are ions
  1. All substances which dissolve into water will form strong electrolytes are ....
a.    metane, alcohol, calcium sulfate
b.    hydrogen chloride, hydrogen sulfide, tetrachloro metane
c.    acetic acid, citric acid, oxalic acid
d.    potassium oxide, hydrogen chloride, sodium hydroxide
e.    ammonia, calcium chloride, carbon dioxide

No comments:

My Blog List