Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 28 December 2009

SOAL STOIKIOMETRI

REVIEW STOIKIOMETRI

1.Persen massa O dalam senyawa CaCO3 adalah .... (Ar Ca = 40, C = 12, O = 16)
a. 8
b. 16
c. 32
d. 48
e. 50

2. Dari analisis suatu senyawa diperoleh data bahwa senyawa itu mengandung 75% massa karbon dan 25% massa hidrogen. Rumus empiris senyawa tersebut adalah ....
a. CH
b. CH2
c. CH3
d. CH4
e. CH5

3. Ketika massa molar senyawa hidrokarbon pada soal nomor (2) di atas diselidiki melalui suatu analisis lain, ternyata 30, maka rumus molekulnya adalah .....
a. CH2
b. CH3
c. CH4
d. C2H4
e. C2H6

4. Perhatikan persamaan reaksi berikut: 4 Al(s) + 3 O2(g) --> 2 Al2O3(s)
Massa gas oksigen sekurang-kurangnya yang diperlukan untuk menghasilkan 1,0 mol aluminum oksida adalah .... (Ar Al = 27, O = 16)
a. 32.0 g
b. 48.0 g
c. 96.0 g
d. 180 g
e. 192 g

5. Pada pembakaran 10 gram batu kapur, CaCO3 dihasilkan kapur tohor atau juga dikenal sebagai gamping, CaO sebanyak ... gram (Ar Ca = 40, C = 12, O = 16)
a. 2,3
b. 4,6
c. 6,9
d. 8,1
e. 9,6

6. Jika 1,3 gram seng direaksikan dengan asam klorida berlebihan, menghasilkan gas hidrogen pada STP sebanyak .... (Ar Zn = 65)
a. 22,4 L
b. 11,2 L
c. 5,6 L
d. 4,48 L
e. 2,24 L

7. Untuk menghasilkan 44,8 L gas hidrogen, x gram magnesium direaksikan dengan asam klorida berlebih. Massa Mg dalam gram adalah .... (Ar Mg = 24, H = 1)
a. 12
b. 24
c. 36
d. 48
e. 52

8. Gas CO2 dapat dihasilkan dari reaksi berikut:
CaCO3(s) + 2HCl(aq) --> CaCl2(aq) + H2O(l) + CO2(g).
20 gram pualam, CaCO3 di atas habis bereaksi dengan asam klorida berlebih. Jika pada kondisi yang sama, massa 1 L N2(g) = 1 gram, maka volum CO2(g) yang dihasilkan adalah .... (Ar Ca = 40, C = 12, O = 16)
a. 56 L
b. 28 L
c. 12 L
d. 5,6 L
e. 2,8 L

9. Perhatikan persamaan reaksi berikut: Mg (s) + I2 (s) --> MgI2 (s)

Diantara pernyataan berikut, kondisi yang menunjukkan bahwa Mg merupakan pereaksi pembatas adalah ....

a. 200 atom Mg dan 160 molekul I2

b. 0.16 mol Mg dan 0.25 mol I2

c. 100 atom Mg dan 100 molekul I2

d. 0.12 mol Mg dan 0.08 mol I2

e. 180 atom Mg dan 120 molekul I2


10. Tembaga bereaksi dengan belerang jika dipanaskan; persamaan reaksinya :
Cu(s) + S(s) --> CuS(s) Diketahui Ar Cu = 64, Ar S = 32
Sebelum dipanaskan, 32 gram Cu dicampur dengan 32 gram belerang. Pernyataan berikut yang sesuai dengan reaksi dan kondisi di atas adalah ....
a. Cu dan S keduanya habis bereaksi
b. Cu pereaksi pembatas
c. sisa tembaga yang tidak bereaksi = massa tembaga yang bereaksi
d. CuS yang terbentuk = 64 gram
e. massa zat sesudah reaksi = massa CuS + sisa Cu

11. CuSO4.xH2O(s) --> CuSO4(s) + H2O(g)
Ar Cu = 64, S = 32, O = 16, H = 1.
Jika 2,5 gram kristal dipanaskan, terbentuk 1,6 gram tembaga(II) sulfat. Banyaknya molekul air kristal, x dalam kristal di atas adalah ....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6

No comments:

My Blog List