Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 28 December 2009

REVIEWING ATOMIC STRUCTURE AND PERIODIC TABLE X QUIZ


ATOMIC STRUCTURE AND PERIODIC TABLE X


1. The smallest particle of an element is called 'atom.' There are 3 basic particles of atom, that are proton, neutron, and electron. The mass and the charge of each particle in order are ....

a. 1, +1; 1, 0; 0, -1

b. 1, -1; 1, +1; 0, +1

c. 1, 0; 0, 1; 0, -1e

d. 0, +1; 1, 0; 0, -1

e. 0, -1, 1, 0; 1, -1


2. The atomic number and mass number of element X are 17 and 35. The number of protons, neutrons, and electrons in order are ....

a. 17, 17, 18

b. 17, 18, 17

c. 17, 18, 18

d. 18, 17, 17

e. 18, 17, 18


3. Based on Niels Bohr's theory, electron configuration of elements A-17 and B-19 are ....

a. (2,8,7) and (2,8,9)

b. (2,8,2,5) and (2,8,8,1)

c. (2,8,7) and (2,8,8,1)

d. (2,2,8,5) and (2,8,7)

e. (2,8,7) and (2,9,8)


4. In general, elements can be grouped as metal and non metal. The following electron configuration of metal and non metal in order are ....

a. (2,1) and (2,8,1)

b. (2,8,1) and (2,8,2)

c. (2,8,2) and (2,8,7)

d. (2,8,7) and (2,8,8)

e. (2,1) and (2,8,1)


5. Modern periodic table is arranged according to the increasing atomic number. The correct statement about periodic table is ....

a. there are two different period,  A and B

b. in the same period, elements have similar physical properties

c. consists of 7 period, each of them has similar properties

d. in the same group there are elements which have similar valence electrons 

e. based on IUPAC rule, there are 16 groups of elements

6. An element is a metal, the position in the periodic table is in the third period. The possible properties of this element is ....

a. has 2 electron shells

b. its valence electrons are 4

c. its electron configuration (3,4)

d. atomic number is 11

e. atomic mass is 22

7. An element X has atomic number 19. The position of X in the periodic table is in the ... period and ... group.

a. 2nd, VIIA

b. 3rd, IIIA

c. 3rd, VIIIB

d. 4th, IA

e. 4th, IB

8. Elements which have atomic number 11, 12, 13 in order are have one of the following properties. This is ....

a. their radii decrease

b. valence electrons decrease

c. ionisation energies decrease

d. metal properties increase

e. easy to loose electrons

No comments:

My Blog List