Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday 3 December 2009

PENJELASAN SKL-7 KIMIA SMA/MA 2010 Bagian II

SKL-7
Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel elektrokimia serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

Konsep 2
Mendeskripsikan diagram sel volta.
Sel volta adalah suatu sel elektrokimia yang menghasilkan arus listrik. Pada sel ini terjadi perubahan energi kimia menjadi energi listrik, artinya reaksi kimia menghasilkan arus listrik. Contoh dalam kehidupan sehari-hari, bermacam-macam baterai.

Reaksi kimia dalam sel ini tergolong reaksi spontan; maka bahan-bahan yang digunakan tidak dicampur menjadi satu. Misalnya masukkan batang Zn ke dalam larutan tembaga(II)sulfat, CuSO4. Apa yang terjadi? Warna abu-abu Zn berubah menjadi merah coklat. Jika persamaan reaksinya ditulis, maka:
Zn(s) + CuSO4(aq) --> ZnSO4(aq) + Cu(s) atau Zn(s) + Cu2+(aq) --> Zn2+(aq) + Cu(s).
Zn(s) --> Zn2+(aq) + 2e dan Cu2+(aq) + 2e --> Cu(g).
Perpindahan elektron yang terjadi langsung meloncat dari Zn ke Cu2+. Elektron tidak dapat bergerak bebas dalam larutan. Hantaran listrik larutan disebabkan oleh adanya ion-ion yang bergerak bebas. Karena reaksi itu spontan, maka elektron tidak dapat dimanfaatkan sebagai sumber arus.

Agar elektron dapat bergerak bebas dan menghasilkan arus listrik, maka disusunlah suatu rangkaian atau sirkuit tertutup yang dinamakan sel elektrokimia. Zat-zat yang akan bereaksi spontan dipisahkan. Maka sel ini terdiri atas dua buah setengah sel, setengah sel oksidasi, Zn(s)/Zn2+(aq), yaitu batang elektroda Zn dicelupkan ke dalam larutan Zn2+, dalam hal ini ZnSO4(aq). Setengah sel reduksi adalah Cu2+(aq)/Cu(s), batang elektroda Cu dicelupkan ke dalam larutan CuSO4. Kemudian kedua setengah sel itu dihubungkan dengan jembatan garam antara larutan ZnSO4 dan CuSO4 yang merupakan sirkuit dalam. Sedang kedua batang elektroda dihubungkan dengan kawat sebagai sirkuit luar, tempat lalu lalang elektron. Karena logam memiliki ikatan logam, maka elektron dapat mengalir.

Jika sirkuit telah tertutup, terjadilah reaksi, Zn mengalami oksidasi, melepaskan elektron yang mengalir melalui elektroda Zn, kemudian kawat menuju Cu. Oleh karena itu Zn sebagai anoda berkutub negatif, sedang Cu sebagai katoda berkutub positif. Ion Cu2+ dalam larutan menangkap elektron dari batang Cu, mengendap pada batang Cu, sehingga Cu makin tebal. Sebaliknya batang Zn makin tipis.

Reaksi sel dapat ditulis sbb.
Zn(s) --> Zn2+(aq) + 2e Eo = 0,76 volt
Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s) Eo = 0,34 volt
--------------------------------------------------------------------------------- +
Zn(s) + Cu2+(aq) --> Zn2+(aq) + Cu(s) Eo sel + 1,10 volt.

Harga Eo dapat dilihat pada tabel Eo Reduksi. Harga ini diberikan untuk reaksi reduksi. Jika reaksinya oksidasi, maka tanda Eo dikalikan dengan (-) atau tandanya dibalik. Eo sel harganya selalu positif. Jika suatu sel Eonya negatif, sel itu tidak berlangsung. Makin spontan reaksi, Eo sel makin besar. Untuk menghitung potensial sel, dapat digunakan rumus berikut:
Eo sel = Eo Red - Eo Oks
Dari tabel Eo Reduksi, harga paling positif berarti reaksi reduksinya paling baik, sedurukang harga paling negatif berati reaksi reduksinya paling buruk. Partikel ybs reaksi oksidasinya paling baik.

Suatu sel dapat ditunjukkan dengan diagram sel atau notasi/lambang sel. Diagram sel di atas adalah :
A(-); Zn(s)/Zn2+(aq)//Cu2+(aq)/Cu(s); K(+) Eo sel = 1,10 volt.

No comments:

My Blog List