Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Thursday, 31 December 2009

PEMBELAJARAN DI KELAS RSBI Bagian II

Pembahasan kelas bilingual ini sebagai pengalaman nyata penulis. Alhamdulillah, sejak diadakan RSBI saya penulis tunggal MOB+ (Motivasi Belajar Plus) dipercaya membina guru RSBI dan mengajar di kelas RSBI. Sejak tahun 2005 saya membantu SMAN 5 Surabaya, persisnya selama 3 tahun; kemudian SMAN 15 Surabaya sejak tahun 2005 hingga sekarang; SMA Khadidjah Surabaya selama satu tahun, SMA lain diantaranya SMAN Tuban, SMAN Bojonegoro, dan masih banyak lagi guru dari Sabang sampai dengan Ambon melalui e-mail, sms, workshop dan seminar, special meeting for RSBI teachers.

Pada awalnya, saya menyusun program untuk pembinaan guru kimia saja. Kemudian sesuai permintaan saya siapkan matematika, fisika, dan biologi di samping kimia (MIPA) dengan cara sepraktis mungkin. Tujuan awal saya adalah membuat guru tidak canggung mengajar di kelas bilingual, merasa bahwa jika mau berlatih secara rutin dan bertahap, apapun tentu dapat dilakukan. Kita ingat bahwa 'dalang ora kurang lakon.' Peningkatan percaya diri bahwa kita mampu menyajikan materi secara bilingual, itulah yang menjadi sasaran pertama. Bagaimanapun, starting point harus dipikirkan secara matang. Begitu guru memulai pembelajaran bilingual, secara psikologis, guru dan siswa di kelas harus dapat merasakan manfaat dari perbedaan kelas ini dengan kelas reguler. Begitu siswa pulang, sampai di rumah bercerita kepada saudaranya dan orang tua/walinya, dirasakan bahwa kelasnya memang berbeda dan tampak dari cara mereka bercerita bahwa mereka merasakan adanya nilai tambah.

Semua yang saya uraikan disini, merupakan suatu tantangan bagi siswa, guru, sekolah, orang tua/wali siswa, dan dunia pendidikan di Indonesia. Pada kesempatan ini saya ingin membahas perkembangan kelas RSBI berdasarkan pengalaman saya sebagai pembina guru RSBI sekaligus sebagai guru RSBI, khususnya mata pelajaran kimia. Blog ini saya buat, pada awalnya karena tugas mengajar yang banyak, ditambah tugas sebagai pembina guru. Melalui blog ini saya dapat menyebar luaskan ilmu kimia baik untuk kelas RSBI maupun kelas reguler dan sekaligus membantu meringankan beban guru. Setiap pertanyaan dan permintaan pembahasan suatu topik, baik dari guru maupun siswa, melalui sms atau e-mail, saya terbitkan ke blog ini. Sebagian yang berupa jawaban pendek, namun ingin cepat, saya kirimkan melalui sms atau e-mail.

Tahun demi tahun, apapun yang diuraikan di media masa, apapun tanggapan orang, ternyata hingga saat ini pemerintah telah mempertimbangkan bahwa kelas RSBI terus dilaksanakan, bahkan jumlah sekolah yang memiliki kelas RSBI bertambah. Guru-guru SMA banyak yang sudah dan sedang kuliah di strata II. Memang untuk menangani kelas RSBI, diperlukan guru-guru yang berijasah S-2 sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan dan mampu menggunakan bahasa Inggris dalam mata pelajaran tersebut.

Guru-guru yang sedang mengajar di kelas RSBI dan sedang kuliah S-2, ternyata para siswa mendeteksi adanya peningkatan guru yang bersangkutan dalam menyajikan materi pembelajaran bilingual. Pada awalnya penggunaan bahasa sebagai pengantar, meningkat penggunaan power point berbahasa Inggris, skema atau keywords dalam bahasa Inggris di papan tulis, hingga kumpulan soal-soal berbahasa Inggris.

Nah, bagaimanapun peningkatan itu ada. Bagaimana kadar dari peningkatan tersebut? Tentu saja suatu peningkatan memerlukan waktu. Setiap guru tentu mengalami peningkatan yang berbeda dengan guru lain. Bicara peningkatan profesional guru, berarti bicara tentang perubahan sikap guru dalam mengajar. Guru seperti halnya siswa, mempunyai perbedaan individu yang mempengaruhi kadar peningkatan diri. Aspek-aspek peningkatan diri tentu dipertimbangkan sendiri oleh guru yang bersangkutan, baik berdasarkan motivasi eksternal maupun internal. Namun harapan kita, siapapun yang bertugas di kelas RSBI, sangat diharapkan mengadakan peningkatan di semua aspek yang berhubungan dengan profesinya.

No comments:

My Blog List