Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 22 November 2009

SKL UNAS KIMIA SMA/MA 2010


NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

KEMAMPUAN YANG DIUJI

1.

Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawa.

Mendeskripsikan notasi unsur dan kaitannya dengan konfigurasi elektron serta jenis ikatan kimia yang dapat dihasilkannya

Memprediksi letak unsur dalam tabel periodik

Memprediksi jenis ikatan kimia/jenis interaksi molekuler

2.

2. Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.

Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia

Menganalisis persamaan reaksi kimia

3.

Menjelaskan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya.

Menganalisis data daya hantar listrik beberapa larutan

Mendeskripsikan konsep pH larutan

Menghitung konsentrasi asam/basa pada proses titrasi asam basa

Menganalisis sifat larutan penyangga

Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis

Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksp

Menyimpulkan sifat koligatif larutan berdasarkan data

Menganalisis diagram PT yang berkaitan dengan sifat koligatif larutan

Menyimpulkan penerapan sifat koloid di dalam kehidupan sehari-hari

4.

Memahami senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul serta lemak.

Menyimpulkan penerapan konsep minyak bumi yang berkaitan dengan efisiensi BBM

Mendeskripsikan senyawa turunan alkana

Mengidentifikasi senyawa benzena dan turunannya

Menganalisa data yang berhubungan dengan polimer

Mendeskripsikan makromolekul

5.

Menentukan perubahan energi dalam reaksi kimia, cara pengukuran dan perhitungannya.

Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada peristiwa termokimia

Menentukan kalor reaksi

6.

Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktorfaktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen

Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Menganalisis pergeseran kesetimbangan

Menghitung hargaKc/Kp

7.

Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel elektrokimia serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.

Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks

Mendeskripsikan diagram sel volta

Menerapkan hukum Faraday

Mendeskripsikan fenomena korosi

8.

Memahami karakteristik unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaanya.

Mendeskripsikan mineral suatu unsur

Mendeskripsikan sifat unsur golongan tertentu

Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya.

No comments:

My Blog List