Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 9 October 2009

CHEMICAL EQUATION QUIZ Part II

1. Methane gas is burnt as a source of energy for cooking and heating. One molecule of methane gas and 2 molecules of oxygen gas react to form 1 molecule of carbon dioxide gas and 2 molecules of water. The correct equation is ….
a. CH4 + O2 --> CO2 + H2O
b. CH4 + 2O2 --> CO2 + 2H2O
c. CH4(g) + O2(g) --> CO2(g) + H2O(g)
d. CH4(g) + 2O2(g) --> CO2(g) + 2H2O(g)
e. CH4(g) + 2O2(g) --> CO2(g) + 2H2O(l)
2. Solid calcium carbonate is added to a solution of nitric acid to form carbon dioxide gas. The correct balanced equation is ….
a. CaCO3(s) + HNO2(aq) --> Ca(NO3)2(aq) + H2O(l) + CO2(g)
b. CaCO3(s) + 2HNO2(aq) --> Ca(NO3)2(aq) + H2O(l) + CO2(g)
c. CaCO3(s) + HNO3(aq) --> Ca(NO3)2(aq) + H2O(l) + CO2(g)
d. CaCO3(s) + 2HNO3(aq) --> Ca(NO3)2(aq) + H2(l) + CO2(g)
e. CaCO3(s) + 2HNO3(aq) --> Ca(NO3)2(aq) + H2O(l) + CO2(g)
3. Aluminium is added to a solution of hydrochloric acid to form a solution of alminium chloride and hydrogen gas. The correct balanced equation is ….
a. Al(s) + HCl(aq) --> AlCl(aq) + H(g)
b. Al(s)+2HCl(aq) --> AlCl2(aq)+H2(g)
c. 2Al(s)+6HCl(aq) --> 2AlCl3(aq)+ 3H2(g) V
d. Al2(s)+6HCl(aq) --> 2AlCl3(aq) + 3H2(g)
e. 2Al(s) + 6HCl(aq) --> 2AlCl3(aq) + 6H(g)
4. If an acid is added to a base and the reaction is heated, the compound formed is called ….
a. non-acid
b. non-base
c. salt
d. water
e. ionic compound
5. Iron is added to hydrochloric acid, form salt and a gas. The gas is ….
a. Oxygen
b. hydrogen
c. iron
d. chlorine
e. hydrogen chloride
6. Propane gas, C3H8 burns fully in oxygen gas. The ratio of molecules of propane, oxygen, carbon dioxide, and water are
a. 1, 5, 3, 4
b. 1, 4, 3, 5
c. 1, 3, 4, 5
d. 2, 3, 3, 5
e. 2, 5, 6, 8
7. Butane gas, C4H10 is also burnt as a source of energy. One molecule of butane gas reacts with oxygen gas to form carbon dioxide gas and water. The correct number of carbon dioxide molecules and water molecules are ….
a. 2 and 3
b. 2 and 5
c. 4 and 3
d. 4 and 5
e. 4 and 10
8. Pentane liquid, C5H12 burns fully in oxygen gas. The ratio of molecules of pentane, oxygen, carbon dioxide, and water are ….
a. 1, 11, 5, 6
b. 1, 8, 5, 6
c. 1, 5, 3, 4
d. 2, 5, 3, 5
e. 2, 10, 6, 8
9. Fossil fuels usually contain traces of sulfur. The poisonous gas formed when this fuel burns is ….
a. acid
b. sulfur
c. sulfur dioxide
d. sulfur trioxide
e. sulfurous acid
10. Propane, like methane, is a hydrocarbon which can be used as a fuel. It is sold as ‘bottled gas’, for use where there is no mains gas supply. When propane burns with sufficient oxygen, the products formed are ….
a. oxygen and water
b. oxygen and carbon dioxide
c. water and carbon dioxide
d. carbon dioxide and carbon monoxide
e. carbon monoxide and water

No comments:

My Blog List