Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 10 October 2009

CHANGING TEMPERATURE

Using Le Chatelier's Principle with a change of temperature
Students, remember that in discussing the reaction rate, temperature is also one of the factors which affect the reaction rate.
If we think about changing temperature, so we have to look at the dynamic equilibrium, check the forward reaction, endotermic or exotermic.
If the forward reaction is endotermic, the sign of enthalpy change is positive. If the temperature is increased, what will happen? The endotermic reaction is a reaction which the reactants absorb the heat. So the kinetic energy of the reactants will increase and the number of efective collision will increase. Because of this, the reaction rate of the forward reaction is greater than the reverse reaction, so that the equilibrium will shift to the right and the concentration of products increase. The equilibrium constant is greater than the initial.
For another equilibrium, if the forward reaction is exothermic, the sign of enthalpy change is negative. The reverse reaction is endothermic and the sign of enthalpy is positive. If the temperature is increased, the products will absorb the energy and their kinetic energy will increase. The reaction rate of the reverse reaction is greater than the forward reaction. So the equilibrium will shift to the endotermic reaction, so it will shift to the left and the concentration of reactants increase; the equilibrium constant is smaller than before.
Why does the endothermic reaction absorb the energy when we increase the temperature?
According to Le Chatelier, the position of equilibrium will shift to counteract the change. This means that the position of equilibrium will shift so that the temperature is reduced again. (Action and reaction)
If the temperature of an equilibrium system is 200°C, and we increase the temperature to 300°C, what will happen? How can the reaction counteract the change we have made? What the reaction of this action? The reaction is there is a cooling down, to make the temperature reduces. The reactants will absorb the energy (heat) that we put in, so the equilibrium shift to the endothermic reaction.

No comments:

My Blog List