Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday, 10 October 2009

CHANGING PRESSURE

Using Le Chatelier's Principle with a change of pressure

Lets discuss about changing pressure in reactions involving gases
What would happen if the condition of an equilibrium is changed by increasing the pressure?
According to Le Chatelier, the position of equilibrium will shift to a certain direction to counteract the change. That means that the position of equilibrium will shift so that the pressure is reduced again (If there is an action, there is a reaction).
The more molecules in the container, the higher the pressure will be. The system can reduce the pressure by reacting in such a way to produce fewer molecules.
For example : N2(g)+ 3H2(g) = 2NH3(g)
In this reaction, there are 4 molecules on the left-hand side of the equation, but only 2 on the right. By forming more NH3, the system causes the pressure to reduce.
Increasing the pressure on a gas reaction shifts the position of equilibrium towards the side with fewer molecules.
In summary, when P >, Volume <, equilibrium shift to the fewer molecules. N2 and H2 molecules are closely, the efective collision increases, the rate of forward reaction increases. The equilibrium will achieve after the rate of forward reaction = the rate of reverse reaction. The value of equilibrium constant is the same. What would happen if the condition of equilibrium is changed by decreasing the pressure? The equilibrium will shift to the left, because P <, Volume >, equilibrium will shift to the more molecules, e.i. N2 and H2 molecules.
Another example : H2(g) + I2(g) = 2HI(g).
In the above equilibrium, the number of molecules in the both sides are the same. What happens if P > ?
Increasing the pressure has no effect on the position of the equilibrium, because there are the same numbers of molecules on both sides.

1 comment:

ldii said...

Thank you for this useful free lesson. I like it very much.

My Blog List