Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 31 July 2009

SOAL SEL VOLTA Bagian II

SOAL PILIHAN GANDA
SOAL SEL VOLTA II

26.Reaksi di bawah ini berlangsung spontan, kecuali ….
A.Cu(s) + Zn2+(aq)  Cu2+(aq) + Zn(s)
B.Zn(s) + Cd2+(aq)  Zn2+(aq) + Cd(s)
C.Cd(s) + Cu2+(aq)  Cd2+(aq) + Cu(s)
D.Cd(s) + 2Ag2+(aq)  Cd2+(aq) + 2Ag(s)
E.Zn(s) + 2Ag2+(aq)  Zn2+(aq) + 2Ag(s)
27.Logam-logam berikut dapat bereaksi dengan asam klorida, kecuali ….
A.magnesium D. aluminium
B.kadmium E. tembaga
C.besi
28.Diketahui potensial reduksi beberapa logam :
Cr3+(aq) + 3e  Cr(s) Eo = -0,71 V
Os2+(aq) + 2e  Cr(s) Eo = +0,90 V
W2+(aq) + 2e  W(s) Eo = -0,12 V
Al3+(aq) + 3e  Al(s) Eo = -1,66 V
Urutan logam tersebut dalam deret volta adalah ….
A.Cr – Os – W – Al D. Os – W – Cr – Al
B.Al – W – Os – Cr E. W – Cr – Al – Os
C.Al – Cr – W – Os
29.Dari potensial reduksi beberapa logam :
Ca2+(aq) + 2e  Ca(s) Eo = -2,87 V
K+(aq) + e  K(s) Eo = -2,92 V
Zn2+(aq) + 2e  Zn(s) Eo = -0,76 V
Sn2+(aq) + 2e  Sn(s) Eo = -0,14 V
Dari data diatas, diagram di bawah ini yang dapat menghasilkan Esel positif adalah ….
A.Ca2+(aq) / Ca(s) // Zn(s) / Zn2+(aq)
B.K(s) / K+(aq) // Zn2+(aq) / Zn(s)
C.Zn2+(aq) / Zn(s) // Sn(s) / Sn2+(aq)
D.Ca2+(aq) / Ca(s) // Sn(s) / Sn2+(aq)
E.K+(aq) / K(s) // Sn(s) / Sn2+(aq)
30.Jika tembaga dan zink dicelupkan dalam asam klorida, maka ….
A.tembaga larut dan menghasilkan gas hydrogen
B.zink larut dalam asam, menghasilkan gas hydrogen
C.tembaga dan zink larut dalam asam
D.tembaga dan zink tidak larut dalam asam
E.zink larut kemudian mengendap lagi
31.Logam-logam X, Y,dan Z masing-masing memiliki Eo = -0,5 volt ; +0,8 volt ; dan –1,2 volt. Pernyataan yang benar adalah ……..
A.X dapat mereduksi Z, tetapi tidak dapat mereduksi Y
B.Y dapat mereduksi Z, tetapi tidak dapat mereduksi X
C.Z dapat mereduksi X, tetapi tidak dapat mereduksi Y
D.X dapat mereduksi Y dan Z
E.Z dapat mereduksi X dan Y
32.Diketahui potensial reduksi beberapa logam :
1.Ga3+(aq) + 3e  Ga(s) Eo = -0,55 V
2.Ir2+(aq) + 2e  Ir(s) Eo = +1,00 V
3.La3+(aq) + 3e  La(s) Eo = -2,52 V
4.Sn2+(aq) + 2e  Sn(s) Eo = -0,14 V
5.Bi3+(aq) + 3e  Bi(s) Eo = +0,25 V
Susunan logam di atas dalam deret volta adalah ….
A.3 – 1 – 4 – 5 – 2 D. 2 – 5 – 4 – 1 – 3
B.3 – 3 – 1 – 5 – 4 E. 3 – 5 – 4 – 1 – 3
C.4 – 1 – 3 – 5 – 2
33.Diketahui beberapa potensial reduksi dari logam :
Cu2+(aq) + 2e  Cu(s) Eo = +0,34 V
Fe3+(aq) + e  Fe2+(aq) Eo = -2,87 V
Pb2+(aq) + 2e  Pb(s) Eo = -0,33 V
Cu2+(aq) + e  Cu+(aq) Eo = +0,34 V
Dari table diatas, reaksi di bawah ini yang tidak berlangsung adalah ….
A.Fe3+(aq) + Pb(s)  Fe2+(aq) + Pb2+(aq)
B.Cu2+(aq) + Pb(s)  Cu(s) + Pb2+(aq)
C.Pb2+(aq) + Cu(s)  Pb(s) + Cu2+(aq)
D.Fe3+(aq) + Cu(s)  Fe2+(aq) + Cu2+(aq)
E.Fe3+(aq) + Cu+(aq)  Fe2+(aq) + Cu2+(aq)
34.Logam X dapat mendesak logam Y dari larutannya. Logam Z dapat mendesak logam Y dari laritannya, sedangkan logam Z tidak dapat mendesak logam X dari larutannya. Urutan potensial reduksi yang makin negatif adalah ….
A.X – Y – Z D. Z – X – Y
B.Y – Z – X E. Z – Y – X
C.X – Z – Y
35.Logam L, M dan P menunjukkan reaksi sebagai berikut :
P(s) + L2+(aq)  tidak terjadi apa-apa
M(s) + 2P2+(aq)  M2+(aq) + 2P(s)
L(s) + M2+(aq)  L2+(aq) + M(s)
Urutan ke tiga logam itu yang sesuai dengan potensial reduksi yang semakin meningkat adalah …….
A.P – M – L D. M – P – L
B.L – M – P E. P – L – M
C.L – P – M
36.Di antara sel kering di bawah ini yang disebut sel primer adalah ….
A.baterai
B.baterai nikel-kadmium
C.akumulator
D.baterai alkali
E.baterai perak oksida
37.Diketahui suatu reaksi setengah sel :
Anode : Zn(s)  Zn2+(aq) + 2e
Katode: 2MnO2(s) + H2O(l) + 2e  Mn2O3(s) + 2OH(aq)
Reaksi sel tersebut terjadi pada ….
A.baterai
B.baterai nikel-kadmium
C.akumulator
D.baterai alkali
E.baterai perak oksida
38.Di antara baterai di bawah ini yang memiliki potensial sel terkecil adalah ….
A.baterai
B.baterai nikel-kadmium
C.akumulator
D.baterai alkali
E.baterai perak oksida
39.Pemakaian akumulator makin lama menyebabkan “tenaga” yang dihasilkan berkurang, berkurangnya tenaga akumulator disebabkan oleh …..
A.bertambahnya [Pb2+]
B.bertambahnya [PbO2]
C.berkurangnya [H2SO4]
D.tertutupnya electrode oleh PbO2
E.tertutupnya electrode (+) oleh Pb2+
40.Akumulator mempunyai electrode Pb dan PbO2. Sewaktu akumulator bekerja menghasilkan arus listrik, maka terjadi perubahan ….
A.Pb menjadi PbSO4, sedangkan PbO2 tetap
B.Pb menjadi PbSO4, sedangkan PbO2 menjadi Pb3O4
C.Pb dan PbO2 keduanya menghasilkan PbSo2
D.Pb menjadi Pb3O4 sedangkan PbO menjadi PbO
E.Pb dan PbO2 keduanya menghasilkan PbO
41.Perkaratan besi adalah salah satu contoh reaksi redoks. Rumus perkaratan besi adaah ….
A.Fe2O3 . x H2O D. Fe(NO3)3 . x H2O
B.Fe3O4 . x H2O E. Fe(OH)3 . x H2O
C.FeCl3 . x H2O
42.Pembentukan karat karena zat-zat di bawah ini bertindak sebagai anode dan katode. Unsur dimaksud berturut-turut adalah ….
A.Fe dan H2O D. FeO dan O2
B.Fe dan CO2 E. Fe2O3 dan O2
C.Fe dan O2
43.Yang mengalami reduksi pada peristiwa korosi adalah ….
A.Fe2+ D. O2
B.Fe3+ E. H+
C.H2O
44.Perhiasan dari perak ditempel di dinding dengan paku besi. Hal di bawah ini yang benar adalah ….
A.perhiasan lebih cepat timbul karat
B.perhiasan tidak akan berkarat
C.perhiasan terlindungi dari karat oleh besi
D.besi lebih cepat berkarat dari pada perhiasan
E.besi tidak akan berkarat
45.Untuk melindungi kapal yang terbuat dari besi, maka pada pelampung kapal yang terkena air laut diberi logam ….
A.tembaga D. zink
B.perak E. magnesium
C.aluminium
46.Prinsip pencegahan korosi dengan perlindungan katodik adalah ….
A.logam katode harus mudah dioksidasi
B.logam anode harus mudah direduksi
C.logam di katode harus memiliki potensial reduksi lebih besar daripada logam di anode
D.tidak perlu ada larutan elektrolit
E.bahan yang dilindungi harus diletakkan di anode
47.Logam zink tidak dapat digunakan untuk melindungi besi dengan cara proteksi katodik, sebab ….
A.logam zink mudah dioksidasi
B.logam besi lebih mudah direduksi
C.kedua logam memiliki potensial reduksi yang hampir berimbang
D.oksida zink akan menutupi permukaan logam zink
E.logam zink merupakan reduktor kuat
48.Logam di bawah ini yang dapat digunakan sebagai bahan perlindungan katodik, adalah ….
A.klium D. lithium
B.magnesium E. rubidium
C.natrium
49.Tindakan-tindakan berikut dapat memperlambat korosi, kecuali ….
A.mengecat permukaan logam
B.meminyaki permukaan logam
C.melakukan galvisasi pada logam
D.menghubungkan logam itu dengan logam lain yang sifat reduktornya lebih kuat
E.meletakkan logam dalam larutan asam
50.Reaksi pada proses korosi adalah ….
A.2OH-(aq)  H2O(l) + ½ O2(g) + 2e
B.2H2O(l)  4H+(aq) + O2(g) + 4e
C.2H2O + 2e 2 OH-(aq) + H2(g)
D.2Fe2O3 . x H2O  Fe(OH)2(aq) + O2(g) + H2O(l)
E.Fe(OH)2(s) + O2(g) + H2O(l)  2Fe2O3 x H2O(s)

No comments:

My Blog List