Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 31 July 2009

SOAL SEL VOLTA Bagian I

SOAL PILIHAN GANDA
SEL VOLTA I

1.Sel volta mengubah energi … menjadi energi ….
A.listrik --> kimia D. kimia --> listrik
B.listrik --> potensial E. kimia --> kinetik
C.listrik -->kinetik
2.Jika logam nikel dicelupkan ke dalam larutan NiSO4 1M dan logam tembaga dicelupkan dalam larutan CuSO4 1M, kemudian ke dua logam dihubungkan kawat dengan penunjuk arus. Yang bertindak sebagai katode, anode berturut-turut adalah ….
A.Cu, Ni D. Ni, Cu
B.Cu, CuSO4 E. Ni, NiSO4
C.Cu, NiSO4
3.Pada aliran Volta dengan electrode Pb dan Cu, aliran alektron bergerak ….
A.dari Pb ke Pb+ D. dari Cu ke Pb
B.dari Pb keCu E. Dari Cu2+ ke Pb2+
C.dari Cu ke Cu2+
4.Fungsi jembatan garam dalam sel volta adalah ….
A.menambah muatan positif
B.menambah muatan negatif
C.menjaga keseimbangan kation dan anion
D.mengurangi muatan positif
E.mengurangi muatan negatif
5.Jembatan garam dapat dibuat dari ….
A.garam dapur dalam asam kuat
B.garam dapur dalam basa kuat
C.garam dapur dalam larutan penyangga
D.larutan garam pekat dalam agar-agar
E.larutan garam encer dalam amilum
6.Disediakan tiga logam masing-masing dengan larutannya, yaitu logam Ni dengan larutan NiSO4, logam Zn dengan larutan ZnSO4, dan logam Cu dengan larutan CuSO4. Jika kita akan merancang sel volta dengan beda potensial 0,59 volt dan diketahui Eo Ni = -0,25 V, Eo Zn = -0,76 V, dan EoCu = + 0,34 V : maka electrode yang digunakan adalah ….
A.Ni anode, Cu katode
B.Ni anode, Zn katode
C.Cu anode, Ni katode
D.Cu anode, Zn katode
E.Zn anode, Cu katode
7.Suatu sel volta ditulis dalam diagram sel sebagai berikut :
Cu(s) / Cu2+(aq) // 2Ag+(aq) / 2 Ag(s)
Reaksi sel dari notasi di atas adalah ….
A.2Ag(s) + Cu2+ (aq) --> 2Ag+(aq) + Cu(s)
B.2Ag(s) + Cu(s) --> 2Ag+(aq) + Cu2+(aq)
C.2Ag+(aq) + Cu(s) --> 2Ag(s) + Cu2+(aq)
D.2Ag+(aq) + Cu2+ (aq) --> 2Ag(s) + Cu(s)
E.Ag+(aq) + Cu(s) --> Ag(s) + Cu2+(aq)
8.Reaksi sel dari suatu sel volta adalah ….
Al(s) + 3Ag+ (aq) --> Al3+ (aq) + 3 Ag(s)
Jika dari data tersebut ditulis dalam diagram sel adalah …..
A.Al(s) / 3Ag+(aq) // Al3+(aq) / 3 ag(s)
B.Al(s) / Al3+(aq) // 3Ag3+(aq) / 3 ag(s)
C.Al(s) / 3Ag(s) // Al3+(aq) / 3 ag+(aq)
D.3Ag+(aq) / Al(s) // 3 ag(s) / Al3+(aq)
E.3Ag(s) / Al(s) // 3Ag+(aq) / Al3+(aq)
9.Pernyataan berikut berhubungan dengan sel volta :
1.pada katode terjadi reaksi reduksi
2.pada anode terjadi reaksi oksidasi
3.pada sel volta katode termasuk electrode negatif
4.logam yang memiliki potensial lebih tinggi sebagai electrode posistif
5.logam yang memiliki potensial lebih rendah sebagai electrode negatif
Dari pernyataan di atas yang tidak sesuai dengan kaidah sel volta adalah ….
B.1 D. 4
C.2 E. 5
D.3
10.Logam kadmium diletakkan dalam larutan CuSO4 1,0 M. pada suhu 25oC, Eo Cd2+ / Cd = -0,40 V dan Eo Cu2+ / Cu = + 0,34 V, maka ….
A.tidak terjadi reaksi antara Cd dan larutan CuSO4
B.Cd mereduksi Cu2+
C.Cu mereduksi Cd2+ yang terbentuk
D.Ion Cu2+ mereduksi Cd
E.Cd mereduksi SO42-
11.Diketahui potensial reduksi
Ca2+(aq) + 2e --> Ca(s) Eo = -2,87 V
Al3+(aq) + 3e --> Al(s) Eo = -1,66 V
Potensial untuk reaksi :
3Ca(s) + 2Al3+(aq) --> 3Ca2+(aq) + 2Al(s) adalah ….
A.– 4,53 V D. 5,26 V
B.– 1,21 V E. 11,9 V
C.+ 11,9 V
12.Dari hasil potensial standart berikut ini :
Cu2+(aq) + 2e -->Cu(s) Eo = +0,34 V
Ag+(aq) + e --> Ag(s) Eo = +0,80 V
Maka diagram sel Cu(s) / Cu2+(aq) // 2Ag+(aq) / 2Ag(s) memiliki potensial sel ….
A.0,06 V D. 1,14 V
B.0,46 V E. 1,26 V
C.0,56 V
13.Jika diketahui :
Zn(s) + Cu2+(aq) --> Zn2+(aq) + Cu(s) Eo =+1,10 V
Sn2+(aq) + 2e -->Sn(s) Eo = -0,14 V
Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s) Eo = +0,34 V
Maka potensial standar untuk reaksi :
Zn(s) + Sn2+(aq) --> Zn2+(aq) + Sn(s), adalah ….
A.+1,44 V D. +0,76 V
B.+1,24 V E. +0,62 V
C.+0,96 V
14.Diketahui Eo dari beberapa logam sebagai berikut :
Mn2+(aq) / Mn(s) = -1,05 V
Cd2+(aq) / Cd(s) = -0,40 V
Sn2+(aq) / Sn(s) = -0,14 V
Hg2+(aq) / Hg(s) = +0,62 V
Ag+(aq) / Ag(s) = +0,80 V
Sel kimia berikut menghasilkan Eo sel terbesar adalah ….
A.Mn(s) + Hg2+(aq) --> Mn2+(aq) + Hg(s)
B.Cd(s) + 2Ag2+(aq) --> Cd2+(aq) + Hg(s)
C.Mn(s) + 2Ag2+(aq) --> Mn2+(aq) + 2Ag(s)
D.Sn(s) + Hg2+(aq) --> Sn2+(aq) + Hg(s)
E.Mn(s) + Sn2+(aq) --> Mn2+(aq) + Sn(s)
15.Diketahui data potensial electrode sebagai berikut :
Ag+(aq) + e --> Ag(s) Eo = +0,80 V
Mg2+(aq) + 2e --> Mg(s) Eo = -2,24 V
In3+(aq) + 3e --> In(s) Eo = -0,34 V
Mn2+(aq) + 2e --> Mn(s) Eo = -1,20 V
Pasangan sel di bawah ini yang memberikan perbedaan potensial 1,14 V adalah ….
A.Ag / Ag+ // Zn2+ / Zn
B.Mn / Mn2+ // Ag+ / Ag
C.Mn / Mn2+ // Mg+ / Mg
D.In / In3+ // Ag+ / Ag
E.Mg / Mg2+ // Ag+ / Ag
16.Diketahui data potensial electrode sebagai berikut :
Zn2+(aq) + e -->Zn(s) Eo = +0,80 V
Cu2+ (aq) + 2e -->Cu(s) Eo = +0,34 V
Mg2+ (aq) + 2e -->Mg(s) Eo = -2,24 V
Cr3+ (aq) + 3e -->Cr(s) Eo = -0,74 V
Harga potensial sel terkecil adalah ….
A.Zn / Zn2+ // Cu2+ / Cu
B.Zn / Zn2+ // Cr3+ / Cr
C.Mg / Mn2+ // Cr3+ / Cr
D.Cr3+ / Cr // Cu2+ / Cu
E.Mg / Mg2+ // Cu2+ / Cu
17.Diketahui potensial electrode :
Mg2+ (aq) + 2e -->Mg(s) Eo = -2,24 V
Fe2+(aq) + 2e --> Fe(s) Eo = -0,44 V
Potensial sel untuk reaksi :
Mg(s) + Fe2+(aq) --> Mg2+(aq) + Fe(s) sebesar ….
A.–5,62 V D. +1,93 V
B.–2,81 V E. + 2,81 V
C.–1,93 V
18.Diketahui potensial standar untuk reaksi sel berikut :
Zn(s) + Fe2+(aq) --> Zn2+(aq) + Fe(s) Esel = +0,34 V
Zn(s) + Ag2+(aq) --> Zn2+(aq) + Ag(s) Esel = +1,56 V
Fe(s) + Ag+(aq) --> Fe2+(aq) +Ag(s) Esel = +0,24 V
Berdasarkan harga potensial di atas dapat disimpulkan bahwa urutan ketiga logam di atas dalam urutan reduktor yang menurun adalah ….
A.Ag, Fe, Zn D. Fe, Ag, Zn
B.Ag, Zn, Fe E. Zn, Fe, Ag
C.Fe, Zn, Ag
19.Jika diketahui :
Al(s) + Sn2+(aq) --> Al2+(aq) + Sn(aq)
Esel = +2,93 V
Ni2+(aq) + 2e -->Ni(s) Esel = -2,24 V
Sn2+(aq) + 2e --> Sn(s) Esel = -0,14 V
Maka potensial sel untuk reaksi :
Al(s) + Ni2+(aq) --> Al3+(aq) + Ni(s) adalah ….
A.0,91 V D. 2,87 V
B.1,91 V E. 4,07 V
C.2,41 V
20.Diketahui beberapa potensial reduksi standart beberapa logam sebagai berikut :
Mg2+(aq) + 2e --> Mg(s) Eo = -2,24 V
Sn2+(aq) + 2e --> Sn(s) Eo = -0,14 V
Hg2+(aq) + 2e --> Hg(s) Eo = +0,62 V
Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s) Eo = +0,34 V
Dari data di atas reaksi di bawah ini yang menghasilkan potensial standar terkecil adalah ….
A.Mg(s) / Mg2+ (aq) // Hg2+(aq) / Hg(s)
B.Mg(s) / Mg2+ (aq) // Cu2+(aq) / Cu(s)
C.Sn(s) / Sn2+ (aq) // Hg2+(aq) / Hg(s)
D.Sn(s) / Sn2+ (aq) // Cu2+(aq) / Cu(s)
E.Hg(s) / Hg2+ (aq) // Cu2+(aq) / Cu(s)
21.Suatu sel volta menggunakan perak dan zink sebagai elektrode-elektrode :
Ag+(aq) + e --> Ag(s) Eo = +0,80 V
Zn2+(aq) + e --> Zn(s) Eo = -0,80 V
Pernyataan yang benar adalah ….
A.Ag bertindak sebagai anode
B.Zn merupakan electrode positif
C.Potensial sel sebesar 2,36 V
D.Reaksi sel adalah 2Ag+(aq) + Zn(s) --> 2Ag(s) + Zn2+(aq)
E.Ag mengalami oksidasi
22.Suatu sel volta tersusun dari sel alektrode-elektrode zircon (Eo = -1,50 V) dan palladium (Eo = +1,20 V). Pernyataan yang benar adalah….
A.zircon mengalami oksidasi
B.potensial sel 2,70 volt
C.palladium merupakan katode
D.zircon bertindak sebagai electrode positif
E.electron mengalir dari zircon ke palladium
23.Pada keadaan standar diketahui Eo Cu =+0,34 V, maka dapat dikatakan ….
A.logam Cu selalu menjadi electrode positif
B.reaksi reduksi Cu berjalan spontan
C.ion Cu2+ lebih mudah direduksi dari pada ion H+
D.ion Cu2+ mempunyai kecvenderungan membentuk endapan Cu
E.ion Cu2+ tergolong logam yang tidak mulia
24.Diketahui Eo Pb2+/ Pb = -0,13 volt, dan Eo Fe2+ / Fe = -0,44 volt. Jika ke dalam larutan yang mengandung ion Fe2+ 1 M dan Pb2+ 1 M ditambahkan serbuk timbel dan besi, yang terjadi adalah ….
A.konsentrasi Fe2+ meningkat, konsentrasi Pb2+ berkurang
B.konsentrasi Fe2+ dan Pb2+ meningkat
C.konsentrasi Fe2+ dan Pb2+ berkurang
D.konsentrasi Fe2+ berkurang, konsentrasi Pb2+ meningkat
E.tidak terjadi apa-apa
25.Di antara logam-logam di bawah ini yang paling sukar direduksi adalah ….
A.besi D. perak
B.nikel E. aluminium
C.emas

No comments:

My Blog List