Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 31 July 2009

SOAL SEL ELEKTROLISIS Bagian II

SOAL PILIHAN GANDA
SOAL SEL ELEKTROLISIS : HUKUM FARADAY

11.Pada elektrolisis larutan tembaga (II) sulfat terjadi reaksi Cu2+(aq) + 2e --> Cu(s), massa Cu yang terbentuk 6,35 gram ; Ar Cu = 63,5 ; 1 F = 96500 C. Dari data tersebut, maka :
1.reaksi tersebut terjadi pad katode
2.listrik yang diperlukan 0,2 F
3.muatan listrik yang melalui larutan 19300 C
4.elektron yang digunakan sebanyak 1,2 x 1023
Jawaban yang benar adalah ….
A.1 dan 3 D. 1, 2 dan 3
B.1 dan 4 E. 1, 2, 3 dan 4
C.2 dan 4
12.Dari sejumlah arus listrik dapat mengendapkan 21,4 gram perak dari larutan perak nitrat (AgNO3) dan mengendapkan 10,4 gram logam L dari larutan L(SO4)2. Jika Ar perak adalah 108, maka Ar logam L adalah ….
A.112 D. 208
B.118 E. 210
C.201
13.Dalam suatu proses elektrolisis, arus listrik 1930 C dilewatkan dalam leburan suatu zat elektrolit dan mengendapkan 1,5 gram unsur X pada katode. Jika Ar X = 150, 1F = 96500 C, maka ion X dapat ditulis ….
A.X + D. X 2-
B.X - E. X 3+
C.X 2+
14.Jumlah faraday yang diperlukan untuk dapat mereduksi satu mol ion klorat, CIO3- menjadi Cl2, dalam larutan asam adalah ….
A.1 D. 5
B.2 E. 10
C.3
15.Arus listrik 9,65 ampere dialirkan selama 200 detik untuk mengerndapkan semua tembaga dari 200 mL larutan CuSO4 . Kemolaran larutan CuSO4 adalah ….
A.0,2 M D. 0,02 M
B.0,1 M E. 0,01 M
C.0,05 M
16.Massa perak yang diendapkan di katode dalam elektrolisis larutan perak nitrat dengan arus sebesar 2 ampere selama 10 menit adalah ….
(1 F = 96500 C ; Ar Ag = 108).
A.(96500 x 20) gram
B.(96500 x 108 x 20) gram
C.(96500 x 108 x 200) gram
D.[(108 / 96500) x 20] gram
E.[(108 / 96500) x 1200] gram
17.Unsur fluor dapat diperoleh dengan cara elektrolisis KHF2, sesuai dengan persaman reaksi : HF2 --> HF + ½ F2 + e. Waktu yang diperlukan untuk memperoleh 15 liter F2(STP) dengan arus 20 ampere adalah ….(1 F = 96500)
A.1,29 jam D. 6,46 jam
B.1,80 jam E. 13,40 jam
C.3,60 jam
18.Sebanyak 3 liter larutan tembaga sulfat 1 M. dielektrolisis sampai pH = 1. Jumlah tembaga (Cu = 64) yang diendapkan adalah ….
A.0,48 gram D. 3,84 gram
B.0,96 gram E. 5,12 gram
C.1,92 gram
19.Sebanyak 1 liter larutan NaCl dielektrolisis dengan listrik 965 C/ mol. pH larutan menjadi ….
A.2 D. 10
B.4 E. 12
C.7
20.Untuk mengendapkan semua tembga dari 200 mL larutan tembaga sulfat. CuSO4 1 M dengan arus 10 ampere diperlukan waktu …..
A.965 detik D. 5790 detik
B.1930 detik E. 9650 detik
C.3860 detik
21.Untuk menetralkan larutan yang terbentuk di katode pada elektrolisis Na2SO4 diperlukan 50 mL larutan HCl 0,2 M. Jumlah muatan listrik yang digunakan adalah …..
A.5 x 10-4 F D. 5 x 10-2 F
B.1 x 10-2 F E. 1 x 10-1 F
C.2 x 10-2 F
22.pada elektrolisis larutan LSO4 terbentuk 0,28 gram logam L di katode. Larutan hasil elektrolisis dapat dinetralkan oleh 50 mL larutan NaOH 0,2 M. Atom relatif (Ar) logam L adalah ….
A.28 D. 70
B.42 E. 84
C.56
23.Larutan kalium iodida dielektrolisis dengan arus listrik 1 faraday selama 30 detik. Pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….
A.terbentuk 39 gram kalium (K = 39)
B.terbentuk 22,4 liter hydrogen (STP)
C.terbentuk 1 molar iodin
D.terbentuk 5,6 liter oksigen (STP)
E.terbentuk larutan dengan pH > 7
24.Pada elektrolisis larutan CuSo4 yang menggunakan electrode platina terbentuk endapan Cu = 3,175 gram di katode. Volum gas yang terjadi di anode, jika diukur pada keadaan 5 dm3 gas N2 bermasa 7 gram adalah .…
A.0,5 dm3 D. 1,12 dm3
B.0,56 dm3 E. 2,00 dm3
C.1,00 dm3
25.Arus listrik yang sama dialirkan melalui larutan CuCl2 dan larutan CrCl3(Cu = 63,5 ; Cr = 52). Jika 0,635 gram Cu mengendap, maka Cr yang mengendap …. A.0,17 gram D. 1,12 gram
B.0,35 gram E. 2,00 gram
C.0,42 gram

1 comment:

Anonymous said...

maksih banget mbak, saya jadi lumayan ngerti..

My Blog List