Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 31 July 2009

SOAL URAIAN REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA

SOAL URAIAN
REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA

1.Setarakan reaksi redoks di bawah ini :
A.BrO3- + N2H4 --> NO3- + Br –
B.H2SO4 + HI --> H2S + I2 + H2O
C.KIO3 + KI + HNO3 --> KNO3 + I2 + H2O
D.C2H6O + Cr2O72- --> C2H4O + Cr3+
E.AI + KOH + As2O3 --> KAIO2 + AsH2 + H2O
2.Jika diketahui sepasang potensial reduksi standar :
A.Ag+ + e --> Ag Eo = + 0,80 V
Zn2+ + 2e --> Zn Eo = - 0,76 volt
B.Ag+ + e --> Ag Eo = + 0,80 V
Au3+ + 3e --> Au Eo = + 1,50 volt
C.Al3+ + 3e --> Al Eo = - 1,66 V
Zn2+ + 2e --> Zn Eo = - 0,76 volt
Tulislah reaksi sel madding-masing pasangan sehingga spontan, dan hitung potensial selnya !
3.Diketahui potensial reduksi beberapa logam sebagai berikut :
Mg2+ + 2e --> Mg Eo = - 2,37 V
Cu2+ + 2e --> Cu Eo = + 0,34 V
Mo3+ + 3e --> Mo Eo = - 0,20 V
Ag+ + e --> Ag Eo = + 0,80 V
Al3+ + 3e --> A Eo = - 1,66 V
Tentukan potensial reaksi dan tentukan manakah yang bertindak sebagai elektrode positif dan electrode negatif dari reaksi di bawah ini :
A.Mg + Al3+ --> Mg2+ + Al
B.Mo + Cu2+ --> Mo3+ + Cu
C.Mo + Ag+ --> Mo3+ + Ag
D.Al + Ag+ --> Al3+ + Ag
E.Al + Mo3+ --> Al3+ + Mo
4.Dari data potensial reduksi standar Soal nomor 103, manakah reaksi di bawah ini tidak berlangsung ?
A.Cu2+ + Mg --> Cu + Mg2+
B.Mo3+ + Cu --> Mo + Cu2+
C.Ag+ + Mg --> Ag + Mg2+
D.Cu2+ + Al --> Cu + Al2+
E.Al3+ + Mo --> Al + Mo3+
5.Dari data potensial reduksi logam-logam Soal nomor 3 :
A.manakah logam yang paling mudah dioksidasi ?
B.manakah logam yang dapat bereaksi dengan asam ?
C.manakah logam yang paling sukar berkarat?
6.Tulislah reaksi anode, reaksi katode, dan reaksi sel dari sel-sel di bawah ini :
A.Cu(s) / Cu2+ (aq) // Mg2+ (aq) / Mg (s)
B.Co(s) / Co2+ (aq) // Ag+ (aq) / Ag (s)
C.Al(s) / Al3+ (aq) // Ni2+ (aq) / Ni (s)
7.Diketahui :
Na / Na+ // Hg2+ / Hg Eo = + 3,36 V
Pb / Pb2+ // Hg2+ / Hg Eo = + 0,78 V
Na / Na+ // Ni2+ / Ni Eo = + 2,46 V
Hitunglah potensial sel :
Ni / Ni2+ // Pb2+ / Pb
8.Apakah yang dimaksud dengan sel volta ?
9.Apakah perbedaan baterai dengan accu ?
10.Tulislah reaksi sel di katode dan anode :
A.baterai
B.pemakaian accu
C.pengisisian accu
11.Terangkan peristiwa korosi yang terjadi pada besi.
12.Jelaskan faktor-faktor yang mempercepat terjadinya korosi ?
13.Terangkan cara pencegahan korosi !
14.Tuliskan reaksi elektrolisis dari larutan-larutan berikut :
A.larutan K2SO4 dengan electrode karbon
B.larutan Cu(NO3)2 dengan electrode platina
C.larutan CaCl2 menggunakan electrode besi
D.larutan PbSO4 dengan katode karbon dan anode nikel
E.larutan HNO3 dengan elektrode perak
15.Tuliskan reaksi elektrolisis dari leburan NaCl dengan electrode dengan electrode Pt, dan ruang bersekat pori !
16.Diketahui reaksi :
KMnO4 + H2C2O4 + H2SO4 --> K2SO4 + MnSO4 + CO2 + H2O
Hitung jumlah mol electron yang diperlukan untuk mengubah 1 mol KMnO4.
17.Hitunglah masa logam nikel yang mengendap di katode, jika elektrolisis larutan NiSO4 menggunakan arus 5 Faraday.
18.Hitung volum gas (STP) yang terjadi di masing-masing electrode, jika magnesium sulfat dielektrolisis dengan arus listrik 3,86 ampere selama 5 menit.
19.Satu liter larutan kalium iodida dielektrolisis sampai pH = 13. Tentukan :
A.berapa faraday arus listrik yang digunakan ?
B.berapa gram iodine yang terbentuk di anode (Ar I = 127) ?
C.berapa liter gas yang dihasilkan di katode (STP) ?
20.Arus 5 faraday dialirkan melalui lima buah larutan berturut-turut mengandung ion zink, ion besi (II), ion perak, ion emas, dan ion tembaga (II) yang tersusun secara seri. Berapa gram logam yang diendapkan pada masing-masing larutan jika Ar logam Fe = 56 ; Cu = 64 ; Zn = 65 ; Ag = 108 ; dan Au = 198 ?

1 comment:

Anonymous said...

ngga ada kunci jawabannya bro?

My Blog List