Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Wednesday 22 July 2009

COLLIGATIVE PROPERTIES QUIZ FOR RSBI XII Part IV

BOILING POINT AND FREEZING POINT

1.Dissolving 1 mole of KCl in 1000 grams of H2O affects
a) the boiling point of the H2O, only
b) the freezing point of the H2O, only
c) both the boiling point and the freezing point of the H2O
d) neither the boiling point nor the freezing point of the H2O
2.Which solution has the highest boiling point?
a) 1.0 M Ca(NO3)2
b) 2.0 M Ca(NO3)2
c) 1.0 M KNO3
d) 2.0 M KNO3
e) 4.0 M KNO3
3.If 4.27 grams of sucrose, C12H22O11 (molar mass = 342 g/mol), is dissolved in 15.2 grams of water, what will be the boiling point of the resulting solution? Kb for water is 0.512°C/molal. Assume the barometric pressure is 760 torr, at which pure water has a boiling point of 100.000°C.
a) 101.64°C
b) 100.42°C
c) 99.626°C
d) 100.73°C
e) 101.42°C
4.Which of the following solutes will produce the highest solution boiling point when dissolved in water?
a) 2 moles of NaCl
b) 1 mole of ethanol
c) 1 mole of MgCl2
d) 2 moles of methanol
e) 1 mole of methanol
5.Rank the following liquids in order of increasing boiling points, from lowest to highest:
n-pentane (C5H12)
hexyl alcohol (C6H13OH)
2,2-dimethylpropane (C5H12)
a) n-pentane (C5H12) < hexyl alcohol (C6H13OH) < 2,2-dimethylpropane (C5H12)
b) 2,2-dimethylpropane (C5H12) < n-pentane (C5H12) < hexyl alcohol (C6H13OH)
c) hexyl alcohol (C6H13OH) < 2,2-dimethylpropane (C5H12) < n-pentane (C5H12)
d) n-pentane (C5H12) < 2,2-dimethylpropane (C5H12) < hexyl alcohol (C6H13OH)
e) 2,2-dimethylpropane (C5H12) < hexyl alcohol (C6H13OH) < n-pentane (C5H12)
6.The boiling point of O2 is higher than N2 due to:
a) ion-dipole forces.
b) dipole-dipole forces.
c) hydrogen bonding.
d) London forces.
e) ion-ion forces.
7.Calculate the freezing point of a solution that contains 8.00 g of sucrose, C12H22O11 (molar mass = 342 g/mol), in 100.0 g of H2O. Kf for H2O is 1.86°C/molal.
a) -0.044°C
b) -0.22°C
c) -0.39°C
d) -0.44°C
e) 0.040°C
8.Which of the following solutes will produce the lowest solution freezing point when dissolved in water?
a) 2 moles of KNO3
b) 1 mole of ethanol
c) 1 mole of CaCl2
d) 2 moles of methanol
e) 1 mole of methanol
9.Calculate the mass of "antifreeze" (ethylene glycol, MW (molar mass) = 62 g/mol) necessary to mix with 80 L (80 Kg) of water in a radiator in order to make the water in the radiator freeze below 0oF (-17.8oC). Kf for water is -1.86oC/m.
a) 48 kg
b) 80 kg
c) 62 g
d) 4800g
e) 2400g
10.Which of the following solutes will produce the highest freezing point when dissolved in water?
a)4 grams of NaOH in 1L of water
b)3 grams of urea in 2L of water
c)18 grams of glucose in 500 mL of water
d)5,9 grams of NaCl in 2L of water
e)1,5 grams of acetic acid in 500 mL of water

No comments:

My Blog List