Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday, 3 April 2009

SOAL STOIKIOMETRI

1.Cuplikan bubuk besi sebanyak 5 gram dipanaskan dengan gas klor menghasilkan 10 gram besi(II) klorida, FeCl2’ (Ar Fe = 56, Cl = 35,5) kadar besi dalam cuplikan tersebut adalah …
A.4,41 %
B.14,20%
C.71,00%
D.88,20%
E.100,00%
2.Sebanyak 76 gram campuran gas metana dan etana dibakar sempurna sehingga dihasil kan 220 gram gas CO2. Jika Ar C = 12, H = 1, dan O = 16, maka massa gas metana di dalam campuran gas tersebut adalah ….
A.160 gram
B.60 gram
C.16 gram
D.12 gram
E. 6 gram
3.Satu mol logam L bereaksi dengan asam sulfat menghasilkan 33,6 liter gas hidrogen (STP), Rumus garam yang terbentuk adalah ….
A.LSO4
B.L2(SO4)5
C.L(SO4)2
D.L(SO4)5
E.L2(SO¬4)3
4.Sebanyak x gram FeS (Mr = 88) direaksikan dengan asam klorida menurut reaksi:
FeS + 2 HCL → FeCl2 + H2S
Pada akhir reaksi diperoleh 8 liter gas H2S. Jika pada keadaan tersebut satu mol gas H2S bervolum 20 liter, maka nilai x adalah ….
A.8,8
B.17,6
C.26,4
D.35,2
E.44,0
5.Pada pembakaran sempurna suatu hidrokarbon diperlukan 20 g oksigen. Jika pada proses ini terbentuk 9 gram air, maka rumus hidrokarbon tersebut adalah .…(Ar H = 1, O = 16 )
A.C2H2
B.C2H4
C.C2H6
D.C3H8
E.C4H10
6.Suatu cuplikan senyawa PbCO3.xPb(OH)2 yang direaksikan dengan asam sulfat berlebih menghasilkan PbSO4(s), H2O(l), dan CO2(g). jika gas CO2 yang dihasilkam 0,5 mol permol PbSO4, maka nilai x adalah ….
A.1
B.2
C.3
D.5
E.25
7.Asetilena yang digunakan sebagau bahan bakar dalam nyala las dapat dihasilkan dari reaksi antara kalsium karbida dan air. Berapa garam asetilena akan dibentuk dari 0,5 mol kalsium karbida? (Diketahui A¬r H = 1, C = 12, O = 16, dan Ca= 40).
A.13
B.15
C.20
D.26
E.39
8.Pupuk urea dapat dibuat dengan mereaksikan NH3 dan CO2 menurut reaksi:
2NH3 + CO2 → CO(NH2)2 + H2O Jika Ar¬ N= 14, C = 12 O = 16, maka untuk membuat 150 kg pupuk urea diperlukan NH3 sebanyak ....
A.33 kg
b. 43 kg
C. 51 kg
D. 68 kg
E. 85 kg
9.Berdasarkan reaksi elektrolisis: 2Al2O3 --> 4Al + 3O2, maka massa aluminium yang dihasilkan dari 100 ton bauksit murni (Al = 27, O = 16) adalah ….
A.19,0 ton
B.47,0 ton
C.52,9 ton
D.66,6 ton
E.80,0 ton
10.Sebanyak 40 mL gas hidrokarbon CnH2n memerlukan 600 mL udara (mengandung 20% oksigen) untuk pembakaran sempurna. Semua gas diukur pada suhu dan tekanan yang sama. Rumus hidrokarbon tersebut adalah ….
a.CH2
b.C2H4¬
c.C3H6
d.C4H8
e.C5H10
11.Secara teoritis, banyaknya cuplikan dengan kadar belerang 80%, yang dapat menghasilkan 8 gram SO3 adalah …. (O = 16, S = 32)
a.3 g
b.4 g
c.5 g
d.6 g
e.8 g
12.Jika diketahui hemoglobin (Mr = 68.000) mengandung 0,33% massa besi, maka jumlah atom Fe (Ar = 56) dalam molekul hemoglobin adalah ….
a.3
b.4
c.5
d.6
e.7
13.Sebanyak 2 gram metana (Mr = 16) dibakar sempurna dengan O2 murni. Gas CO2 yang terbentuk dialirkan kedalam larutan air kapur, Ca(OH)2, sehingga terbentuk endapan CaCO3 (Mr = 100). Massa endapan yang terbentuk adalah ….
a.7,5 gram
b.10 gram
c.12,5 gram
d.15 gram
e.20 gram
14.Jika unsur A dan B dengan massa sama dicampur dan terjadi reaksi kimia membentuk AB2 (Ar = A = 40, B = 80), unsur A yang tidak bereaksi adalah ….
a.25%
b.40%
c.50%
d.60%
e.75%
15.Suatu paduan logam terdiri dari 90% Al (Ar = 27) dan 10% Cu (Ar = 63,5) digunakan untuk menghasilkan gas H2 dengan cara mereaksikan dengan asam klorida. Jika dihasilkan 6,72 liter gas H2 pada temperatur dan tekanan standar, maka diperlukan paduan sebanyak ….
a.5,4 gram
b.6,0 gram
c.6,6 gram
d.7,6 gram
e.8,0 gram
16.Pada suhu dan tekanan yang sama, massa 2 liter gas X = ½ massa 1 liter gas SO2 (Mr = 64). Mr gas X adalah ….
a.80
b.64
c.34
d.32
e.16
17.Sebanyak 4 liter gas pentana dibakar sempurna menurut reaksi :
C5H12(g)+O2(g)--> H2O(g)+CO2(g) (belum setara). Jika reaksi berlangsung pada keadaan 1 liter gas N2 massanya 1,4 gram (Ar N = 14; L = 6,02.1023), jumlah molekul gas CO2 yang dihasilkan adalah ….
a.3,01.1023
b.6,02.1023
c.7,50.1023
d.9,03.1023
e.12,04.1023

No comments:

My Blog List