Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday, 3 April 2009

SOAL LARUTAN

1.Massa jenis H2SO4 pekat 49% adalah 1,3 kg/L (Mr H2SO4 = 98). Untuk memperoleh 260 mL H2SO4 0,05 M diperlukan H2SO4 pekat sebanyak ….
a.6 mL
b.5 mL
c.4 mL
d.3 mL
e.2 mL
2.Jika asam amino asetat (glysin) dilarutkan dalam air akan terionisasi sesuai dengan reaksi :
NH3+CH2COO-(aq)--> NH2CH2COO-(aq)+ H+(aq)
Nilai konstanta disosiasinya, Ka = 1,0.10-12. Harga pH larutan asam amino asetat yang konsentrasinya 1,0.10-2 M adalah ....
a.5
b.6
c.7
d.8
e.9
3.Suatu obat baru yang diperoleh dari biji tanaman ternyata berupa basa organik yang lemah. Bila 0,100 M larutan obat tersebut dalam air mempunyai pH = 11, maka Kb obat tersebut adalah ….
a.10-2 d.10-5
b.10-3 e.10-6
c.10-4
4.Berapakah pH larutan yang diperoleh dengan mencampurkan 50 mL HNO3 0,2 M dan 50 mL KOH 0,4 M?
a.1
b.5
c.7
d.10
e.13
5.Dari reaksi-reaksi asam basa Bronsted-Lowry berikut :
1.RNH2 + H2O --> RNH3+ + OH-
2.H2PO4- + H2O --> HPO42- + H3O+
3.HCO3- + H2O --> H2CO3 + OH-
H2O yang bersifat basa terdapat pada reaksi ….
a.1
b.2
c.3
d.1 dan 2
e.1 dan 3
6.Asam konjugasi dari ion monohidrogen fosfat HPO42- adalah ….
a.H4PO3+
b.HPO42-
c.H3PO4
d.PO43-
e.H2PO42-
7.Campuran dari 100 mL CH3COOH 0,1 M dengan 150 mL CH3COOH 0,2 M (Ka = 10-5) yang kemudian ditambah 250 mL NaOH 0,08 M, maka pH yang dapat diukur adalah ….
a.2,5
b.5,0
c.7,0
d.> 7,0
e.0,69
8.Pernyataan yang benar tentang larutan NaCl adalah ....
a.terhidrolisis sempurna menjadi NaOH dan HCl
b.terjadi kesetimbangan ionisasi asam lemah
c.konsentrasi ion H3O+ nya = konsentrasi ion OH- nya
d.berasal dari asam kuat dan basa lemah
e.larutan bersifat asam
9.Diantara garam-garam berikut yang dilarutkan dalam air mengalami hidrolisis parsial adalah ….
1.natrium asetat 3. amonium klorida
2.amonium asetat 4. natrium klorida
a.1, 2, 3
b.1, 3
c.2, 4
d.4 saja
e.1, 2, 3, 4
10.Dalam larutan(NH4)2SO4 terjadi reaksi NH4++H2O-->NH3 + H3O+. Reaksi ini ….
1.menurut teori Arrhenius adalah reaksi hidrolisis
2.mengakibatkan pH larutan lebih rendah daripada pH air
3.menurut teori Bronsted-Lowry merupakan reaksi protolitik
4.menunjukkan bahwa ion NH4+ berperan sebagai asam
a.1, 2, 3
b.1, 3
c.2, 4
d.4 saja
e.1, 2, 3, 4
11.Larutan 100 mL HCN 0,14 M dicampur dengan 70 mL NaOH 0,1 M, maka …. (Ka HCN = 10-9)
1.reaksi yang terjadi: HCN + NaOH --> NaCN + H2O
2.larutan NaOH merupakan reagen pem-batas
3.larutan yang terjadi bersifat larutan penyangga
4.pH larutan = 9
a.1, 2, 3
b.1, 3
c.2, 4
d.4 saja
e.1, 2, 3, 4
12.Garam dengan kelarutan paling besar adalah ….
a.AgCl, Ksp = 10-10
b.AgI, Ksp = 10-16
c.Ag2CrO4, Ksp = 10-12
d.Ag2¬S, Ksp = 10-49
e.Ag2C2O4, Ksp = 10-11
13.Kemolalan larutan NaCl 10% massa dalam air adalah …. (Mr NaCl = 58,51)
a.1,50 m
b.1,70 m
c.1,90 m
d.2,10 m
e.2,30 m
14.Suatu zat organik sebanyak 0,645 gram yang dilarutkan dalam 50 gram CCl4 memberikan ∆Tb = 0,645°C. Jika Kb pelarut = 5,03; maka Mr zat itu adalah ....
a.100
b.90
c.80
d.70
e.50
15.Diantara kelima larutan berikut yang memiliki titik didih tertinggi adalah ....
a.MgSO4 0,01 m
b.NaCl 0,011 m
c.C2H5OH 0,050 m
d.Mgl2 0,010 m
e.CH3COOH 0,010 m
16.Diantara kelima macam larutan dibawah ini yang tekanan osmosisnya paling besar adalah ….
a.Na2CO3 0,3 M
b.CH3COOH 0,5M
c.Glukosa 0,8M
d.Mg(NO3)2 0,2 M
e.CUSO4 0,2M
17.Kelarutan CaCl2 dalam air 0 0C adalah sekitar 5,4 molal. Jika Kf = 1,86 maka penurunan titik beku larutan CaCl2 0,54 molal adalah ….
a.1,0 0C
b.5,0 0C
c.3,0 0C
d.2,7 0C
e.2,0 0C

No comments:

My Blog List