Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday 23 March 2009

PERSIAPAN UNAS KIMIA 2009

1. Ion A2- mempunyai konfigurasi elektron (Kr) 5s2 4d10 5p6. Nomor atom A adalah ….
a. 52 d. 58
b. 54 e. 60
c. 56
2. Unsur X: (Ar) 4s2 dan unsur Y: (Ne) 3s2 3p4 Senyawa yang terbentuk adalah ....
a. XY, ikatan ion
b. X2Y, ikatan ion
c. XY2, ikatan ion
d. X2Y, ikatan kovalen
e. XY2, ikatan kovalen
3. Bilangan kuantum elektron terakhir atom B, n=3, l=2, m=2, s=+½. B dalam sistem periodik terletak pada ....
a. golongan IIIA perioda 3
b. golongan VIIA perioda 3
c. golongan VB perioda 3
d. golongan VB perioda 4
e. golongan VIIB perioda 4
4. Dari molekul-molekul berikut: NH3, PCl3, HCl, H2O, C2H5OH, dan HF, yang memiliki ikatan hidrogen adalah ....
a. NH3 dan PCl3
b. PCl3, HCl, H2O
c. NH3, PCl3, C2H5OH, HF
d. HF, C2H5OH, H2O, NH3
e. HCl, PCl3, NH3, HF
5. Pada reaksi pembakaran sempurna gas etuna, C2H2 menurut reaksi :
C2H2(g) + O2(g) --> CO2(g) + H2O(g)
Perbandingan volume gas yang terlibat dalam reaksi berturut-turut adalah ....
a. 2 : 5 : 4 : 2 d. 2 : 5 : 3 : 3
b. 1 : 3 : 2 : 2 e. 1 : 1 : 2 : 1
c. 1 : 1 : 1 : 1
6. Perhatikan persamaan reaksi berikut
Al(s)+H2SO4(aq) --> Al2(SO4)3(aq)+H2(g) (belum setara)
Apabila 8,1 gram Al (Ar = 27) direaksikan dengan 100 mL H2SO4 3M (Mr = 98), zat yang tersisa dan massanya adalah ....
a. H2SO4, 2,94 gram
b. Al, 2,7 gram
c. Al, 27 gram
d. H2SO4, 2,7 gram
e. Al sisa 5,4 gram
7. Larutan pH=12 dapat dibuat dengan melarutkan x gram NaOH (Mr = 40) dalam air sampai volumenya 500 mL. Harga x adalah ….
a. 0,2 d. 2
b. 0,4 e. 4
c. 1
8. NaOH(aq) xM 25mL dititrasi dengan HCl(aq) 0,10M. Volume asam yang diperlukan 20 mL. Pernyataan yang benar adalah ….
a. reaksinya tergolong redoks
b. metil merah sebagai indikator
c. pH sebelum NaOH dititrasi = 1
d. harga x adalah 0,08 mol/ L
e. warna larutan berubah, pH > 7
9. Jika Ka CH3COOH = 10-5, harga pH campuran antara 100 mL CH3COOH 0,15 M dengan 50 mL larutan NaOH 0,2 M adalah ....
a. 6 – log 3
b. 6 – log 5
c. 5 – log 3
d. 3 – log 5
e. 3 – log 6
10. Jika 5,35 gram NH4Cl (Mr = 53,5) dilarutkan dalam air hingga 250 mL, diperoleh larutan dengan pH .... ( Kb NH3 = 1 x 10-5)
a. 5 – log 2 d. 5
b. 5 + 2log 2 e. 9
c. 9 + 2log 2
11. Jika Ksp AgCl = 1 x 10-10, Kelarutan AgCl dalam 1 liter larutan KCl 0,01 M adalah ....
a. 10-4 M
b. 10-5 M
c. 10-6 M
d. 10-7 M
e. 10-8 M
12. Tujuan penambahan tawas pada pengolahan air bersih adalah ….
a. menghilangkan logam beracun
b. membunuh bakteri
c. menghilangkan bau
d. mengendapkan kotoran
e. menghilangkan kesadahan air
13. Berikut adalah data titik beku (Tf) berbagai larutan elektrolit dan non-elektrolit.
Larutan Konsentrasi (m) Titik beku (oC)
Gula 0,1 - 0,186
Urea 0,2 - 0,372
NaCl 0,1 - 0,372
MgSO4 0,2 - 0,744
K2SO4 0,1 - 0,558
Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ....
a. titik beku larutan dipengaruhi oleh jenis zat terlarut dan jenis pelarut
b. titik beku larutan elektrolit lebih tinggi daripada larutan non-elektrolit
c. makin besar konsentrasi larutan, makin tinggi pula titik beku larutan tersebut
d. larutan elektrolit dengan konsentrasi yang sama memiliki titik beku yang sama
e. pada konsentrasi sama, titik beku larutan elektrolit lebih rendah daripada larutan non-elektrolit
14. Dari suatu diagram PT H2O, diagram air erada di atas diagram larutannya. Daerah perubahan titik beku adalah ....
a. daerah paling dekat dengan titik nol
b. didaerah tengah
c. daerah paling jauh dengan titik nol
d. tidak dapat ditentukan
e. tepat di titik nol
15. Keisomeran terjadi bila senyawa karbon mempunyai rumus molekul sama, rumus struktur berbeda. Diberikan 5 macam pasangan senyawa karbon sebagai berikut :
1. CH3CH2OH - CH3CHO
2. CH3COCH3 - CH3CH2COOH
3. CH3CH2OH - CH3OCH3
4. CH3CH2COOH - CH3COOCH3
5. CH3COCH3 - CH3CHOHCH3
Dari pasangan di atas, pasangan isomer fungsi yang benar adalah ....
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 3 dan 4
e. 2 dan 5
16. Suatu senyawa rumus molekulnya C2H4O. Bila direaksikan dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata. Senyawa tersebut adalah ....
a. etana d. etena
b. etanol e. etanal
c. etanoat
17. Alkil alkanoat atau ester dapat dihasilkan dari reaksi asam alkanoat dengan alkanol. Jika diketahui reaksi CH3COOH +C2H5OH --> ester + H2O
ester yang dihasilkan adalah ....
a. CH3COOC2H5
b. CH3COC2H5
c. CH3OOC2H5
d. C2H5COOCH3
e. CH3COOC2H5OH
18. Senyawa karbon yang mengandung inti benzena mempunyai sifat sebagai berikut:
1. bersifat asam
2. dapat dibuat dengan mengoksidasi toluena
3. bereaksi dengan NaOH
4. berguna untuk pengawet makanan
Senyawa tersebut adalah ....
a. anilin
b. fenol
c. asam benzoat
d. nitro benzena
e. benzaldehida
19. Penggabungan monomer dapat melalui polimerisasi adisi dan polimerisasi kondensasi. Perhatikan tabel dibawah.
No Polimer Monomer Polimerisasi
1. protein asam amino adisi
2. polietilena propena adisi
3. karet alam butadiena adisi
4. PVC vinil klorida kondensasi
5. amilum glukosa kondensasi
Pasangan yang paling tepat dari ketiga komponen, ditentukan oleh nomor ....
a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5
20. Perubahan entalpi pembentukan (∆Hf) CO2, H2O dan CH4berturut-turut - 393,7 kJ, - 285,9 kJ dan - 74,9 kJ. Perubahan entalpi untuk CH4(g)+2O2(g)-->CO2(g)+2H2O(l) adalah ....
a. - 604,7 kJ
b. - 890,6 kJ
c. - 998,4 kJ
d. - 1040,3 kJ
e. - 1284,3 KJ
21. Berikut data laju reaksi 2A + B2 --> 2AB
No [A]M [B]M Laju (M/dt)
1 0,1 0,1 2
2 0,2 0,1 8
3 0,2 0,2 16
4 0,3 0,3 54
Persamaan laju reaksi diatas adalah ....
a. V = k [A]2 [B]2 d. V = k [A]2 [B]3
b. V = k [A]2 [B] e. V = k [A] [B]2
c. V = k [A] [B]
22. Ke dalam ruang yang volumenya 1 L, dalam keadaan setimbang terdapat 0,07 mol HBr, dan 0,015 mol Br2, sesuai persamaan reaksi : 2HBr(g) ↔ H2(g) + Br2(g).
Jika harga Kc = 4,6 x 10-2, konsentrasi H2 dalam kesetimbangan adalah ....
a. 0,1 M
b. 0,07 M
c. 0,03 M
d. 0,015 M
e. 0,0015 M
23. Pada reaksi:
a K2MnO4+ b HCl --> MnO2 + c KMnO4 + d KCl + e H2O Besarnya harga a, b, c, d dan e berturut-turut adalah ....
a. 3 - 4 - 2 - 4 – 2
b. 2 - 4 - 2 - 3 – 2
c. 2 - 2 - 4 - 2 – 4
d. 3 - 2 - 4 - 2 – 4
e. 3 - 2 - 2 - 4 – 2
24. Berdasarkan sel volta Zn-Cu, pernyataan berikut yang benar adalah ....
a. Cu --> Cu2+ + 2e
b. Zn sebagai katoda
c. notasi sel Zn/Zn2+//Cu2+/Cu
d. arus listrik mengalir dari seng
e. elektron mengalir melalui jembatan garam
25. Arus listrik yang sama dialirkan melalui larutan CuCl2 dan larutan CrCl3(Cu = 63,5 ; Cr = 52). Jika 0,635 gram Cu mengendap, maka Cr yang mengendap adalah ….
a. 0,17 gram d. 1,12 gram
b. 0,35 gram e. 2,00 gram
c. 0,42 gram
26. Prinsip pencegahan korosi dengan perlindungan katodik adalah ….
a. tidak perlu ada larutan elektrolit
b. logam katode harus mudah dioksidasi
c. logam anode harus mudah direduksi
d. E reduksi logam di katode harus > logam di anode
e. bahan yang dilindungi harus diletakkan di anode
27. Dari reaksi berikut ini :
1. Br2(aq) + KCl(aq)
2. I2(aq) + KBr(aq)
3. Cl2(aq) + CaBr2(aq)
4. I2(aq) + NaCl(aq)
5. Br2(aq) +KI(aq)
Reaksi yang dapat berlangsung secara spontan adalah ….
a. 1 dan 2 d. 2 dan 3
b. 2 dan 4 e. 3 dan 5
c. 4 dan 5
28. Kalium merupakan reduktor kuat. Fakta pendukungnya adalah ....
a. kalium sangat lunak
b. KOH merupakan basa kuat
c. KOH adalah elektrolit kuat
d. warna nyala kalium ungu
e. kalium mudah bereaksi dengan air
29. Unsur perioda ke tiga dalam sistem periodik unsur yang dapat bereaksi dengan asam kuat dan basa kuat adalah ….
a. Mg d. Al
b. Si e. P
c. S
30. Dari pernyataan berikut ini yang benar adalah ....
a. besi dan belerang terdapat bebas di alam
b. reduksi belerang menghasilkan asam sulfat
c. bauksit merupakan mineral yang mengandung tembaga
d. besi diperoleh dari reduksi bijihnya melalui tanur tinggi
e. logam alkali digunakan untuk membuat badan pesawat terbang

1 comment:

Madarina said...

assalamu'alaikum...

waaa...soalnya buanyak bgt ya bu,,ampe bingung mau ngerjain yang mana dulu..hehe..

oia,,,,blog nya ibu dah bagus,,,
hmm..tapi mungkin perlu di tambah fitur2 yang lebih menarik lagi bu,,jadi isinya gak cuma soal2 aja..hehe..

semoga sehat selalu ya bu,,

saya madarina kelas XII IPA 1,SMAN 15..:)

My Blog List