Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday 23 March 2009

KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-4 TAHUN 2009

SKL 4
Memahami senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul serta lemak.
a. Menyimpulkan penerapan konsep minyak bumi yang berkaitan dengan efisiensi BBM.
b. Mendeskripsikan senyawa turunan alkana.
c. Mengidentifikasi senyawa benzena dan turunannya.
d. Menganalisa data yang berhubungan dengan polimer.
e. Mendeskripsikan makromolekul.
1. Suatu bensin murni memiliki nilai oktan 80. Hal ini berarti bahwa bensin tersebut mengandung ....
a. 20% isooktana
b. 20% n-heptana
c. 80% n-heptana
d. 20% n-heptana dan 80% isooktana
e. 20% isooktana dan 80% n-heptana
2. Bensin nilai oktan 90 pembakarannya kurang baik dibanding bensin yang nilai oktannya 95, karena ….
a. kandungan n-heptananya terlalu besar
b. mengandung isooktana hanya 90%
c. kandungan antiknockingnya terlalu banyak
d. pembakarannya setara dengan bensin yang nilai oktannya di atas 95
e. pembakarannya belum setara dengan pembakaran 95% isooktana
3. Sebagai bahan bakar, diantara bensin berikut yang efisiensi pembakarannya paling tinggi adalah ….
a. premium
b. bensin murni
c. premix
d. pertamax
e. pertamax plus
4. Data hasil penyulingan bertingkat minyak bumi sebagai berikut :
No. Jumlah atom C Titik didih oC
1. 1-2 <40 2. 5-10 40-180 3. 11-12 160-250 4. 13-25 220-350 5. 26-28 > 350
Fraksi yang digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor ditunjukkan oleh nomor ....
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
5. Di bawah ini adalah struktur salah satu isomer dari senyawa heksena :
CH2-C(CH3)2CH2CH3 Nama yang benar menurut IUPAC adalah ....
a. 2,2-dimetil-1-butena
b. 2,2-dimetil-2-butena
c. 2,2-metil propena
d. 2,3-dimetil-2-butena
e. 2,3-dimetil-2-butena
6. Nama yang tepat dari rumus struktur berikut adalah ….
CH3CH2C(CH3)(OH)CH2CH3
a. 3-metil-3-pentanol
b. 2-etil-2-butanol
c. 3-etil-3-pentanol
d. 2,2-dietil-2-pentanol
e. 2,2-dietil-2-butanol
7. Pasangan senyawa berikut yang berisomer fungsi adalah ....
a. CH3CH2COCH3 dan CH3CH2CH2O
b. CH3CH2COOH dan CH3CH2COCH3
c. CH3CH2CH2CH2OH dan CH3CH2CH2CHO
d. CH3CH2OCH2CH3 dan CH3CH2COCH3
e. CH3CH2CH2CHO dan CH3CH2OCH2CH3
8. Senyawa karbon berikut yang mempunyai isomer optik adalah ....
a. C3H6O3
b. C3H6O
c. C3H6O2
d. C3H8O
e. C3H8O3
9. Berikut ini bahan yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari :
1. polivinil klorida
2. kloroform
3. isoprena
4. karbon tetraklorida
Pasangan senyawa yang tergolong haloalkana ialah ....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4
10. Senyawa di bawah ini yang menyebabkan lapisan ozon berlubang adalah ....
a.CCl4
b.CHCl3
c.C2H2Cl3F
d.C2H4
e.CCl2F2
11. Reaksi adisi dari propena dengan HBr menghasilkan ....
propil bromida
a. 1 - bromo propana
b. 2 - bromo propana
c. 2 - dibromo propana
d. 3 - bromo propana
12. Bila (CH3)2C=CHCH3 diadisi dengan HCl akan menghasilkan ….
a. 2 - klor 3 - metil butana
b. 3 - klor 3 - metil butana
c. 3 - klor 2 - metil butana
d. 2 - klor 2 - metil butana
e. 1 - klor 2 - metil butana
13. Dari reaksi adisi CH3CCH + HCl à CH3CCH2(Cl). Nama senyawa yang dihasilkan adalah ….
a. 2 - kloro - 2 - propena
b. 2 - kloro - 3 - propena
c. 2 - kloro -1 - propena
d. monokloro - 1 - propena
e. monokloropropena
14. Dari reaksi berikut yang merupakan reaksi eliminasi adalah ....
a. CH2 = CH - CH3 + HBr CH3 + AgOH CH3 - CHBr - CH3
b. CH3 - CHCl - CH3 AgOH CH3 - CH3 + AgCl
c. C2H5 - Cl + C3H7 - O - Na C3H7 - O - C2H5 + NaCl
d. CH3 - CH2 - CH2 - OH CH3 - CH = CH2 + H2O
e. CH3 = CH2 + Cl2 CH3 - CHCl - CH2Cl
15. Oksidasi dari 2-propanol akan menghasilkan ....
a. CH3 O CH3
b. CH3 C CH3
c. CH3COOH
d. CH3CHO
e. CH3COCH3
16. Di antara reaksi di bawah ini yang tergolong polimerisasi adalah ....
a. C2H4 + Br2 C2H4Br2
b.C2H5OH + Na C2H5ONa + H2
c. C2H4O + H2 C2H6O
d. 3C2H2 C6H6
e.C2H5OH + H2SO4 C2H4 + H2O + H2SO4
17. Suatu senyawa dengan rumus molekul C3H6O, bila direaksikan dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata. Senyawa tersebut adalah ....
a. 1- propanol
b. 2- propanol
c. propanon
d. propanal
e. propanoat
18. Ester yang diperoleh pada reaksi antara CH3CH2CH2COOH dan CH3CH2OH dalam H2SO4 pekat adalah ....
a. etil asetat
b. etil butirat
c. butil asetat
d. propil asetat
e. propil butirat
19. Suatu senyawa karbon mempunyai rumus empiris CH2O. Masa molekul relatifnya 60. Senyawa ini dapat bereaksi dengan alkohol membentuk ester. Senyawa tersebut mempunyai gugus fungsi ....
a. – OH
b. – O –
c. – CHO
d. – CO –
e. – COOH
20 Suatu turunan benzena mengandung satu gugus – OH dan tiga – Br. Nama yang tepat untuk senyawa tersebut adalah ....
a. tribromo fenol
b. 2, 3, 5-tribromo hidrokso benzena
c. 2, 3, 5-tribromo fenol
d. 2, 4, 6-tribromo hidrokso benzena
e. 2, 4, 6-tribromo fenol
21. Senyawa turunan benzena yang berguna sebagai zat antiseptik adalah ....
a. anilin
b. fenol
c. toluena
d. nitro benzena
e. asam benzoat
22. Perhatikan tabel di bawah ini :
No. Polimer Monomer Jenis polimerisasi
1. Amilum glukosa adisi
2. Protein asam amino kondensasi
3. Polietilen propena adisi
4. Karet alam isoprene kondensasi
5. PVC vinil khlorida kondensasi
Berdasarkan data di atas pasangan yang paling tepat dari ketiga komponen tersebut adalah ....
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2
e. 1
23. Monomer dari polimer berikut adalah ….
-NHCH(CH3)CONHCH(CH3CO-
a. CH3CH(NH2)COOH
b. CH2(NH2)CH2COOH
c. NH2(CH2)2COOH
d. (CH2)2NH2COOH
e. NH2COOHCH2CH3
24. Pasangan polimer di bawah ini yang termasuk polimer alam adalah ....
a. nilon dan PVC
b. amilum dan politena
c. DNA dan selulosa
d. teflon dan protein
e. polistiren dan DNA
25. Karet alam merupakan polimer dari ....
a. propena
b. 1-butena
c. propadiena
d. 1,3- butadiena
e. 2-metil-1,3-butadiena
26. Ion zwitter bersifat amfoter. Hal ini disebabkan oleh ….
a.terdapatnya ion ganda
b.adanya gugus –NH2 dan –OH
c.kandungan kation dan anion
d.adanya ion yang bersifat asam dan basa
e.terdapatnya – NH3+ dan – COO–
27. Uji protein terhadap ikatan peptida dan inti benzena adalah ....
a. xantoproteat dan timbal asetat
b. timbal asetat dan Fehling
c. Fehling dan xantoproteat
d. Tollens dan Fehling
e. biuret dan xantoproteat
28. Glukosa dapat mereduksi larutan Fehling, karena mengandung gugus ....
a. – OH
b. – CO
c. – COO
d. – CHO
e. – CH2OH
29. Lemak dan minyak merupakan suatu ester dan bersifat non polar. Berikut yang tergolong lemak/minyak adalah ....
a.diolein
b.etil stearat
c.butil linoleat
d.glikol trioleat
e.gliserol tripalmitat
30. Jika lemak direaksikan dengan NaOH(aq) akan menghasilkan ....
a.alkohol dan alkanoat
b.gliserol dan sabun
c.gliserida dan sabun
d.alkanoat dan gliserol
e.ester dan alkohol

2 comments:

I waNt To.... said...

mmm..
saya coba selesaikan ya bu soalna..
kunjungi blog saya ya bu
saya Tiwi anag khadijah kelas X-3
trims...:)

baby said...

amazing...

soalnya banyak yaa buu...
tapi saya akan mencoba untuk mengerjakannya.. XDD


saya baby, ank XII IPA 1 sma 15

My Blog List