Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 15 March 2009

KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-6 UNAS 2009

SKL 6
Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
a. Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen.
b. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
c. Menganalisis pergeseran kesetimbangan.
d. Menghitung harga Kc/Kp.

1. Laju reaksi suatu gas dinyatakan dengan v = k [A]2[B]. Bila volum diperkecil menjadi ¼ kali volum semula, maka laju reaksi jika dibandingkan dengan laju reaksi mula-mula adalah ….
4 kali d. 32 kali
8 kali e. 64 kali
16 kali
2. Pada reaksi : Cl2(g) + 2NO(g) --> 2NOCl(g), jika konsentrasi kedua pereaksi diperbesar 2 kali maka laju reaksi menjadi 8 kali semula. Apabila hanya konsentrasi Cl2 yang diper-besar 2 kali, laju reaksi menjadi 2 kali semula. Orde reaksi NO adalah ….
a. O d. 2
b. ½ e. 3
c. 1
3. Data eksperimen untuk reaksi : 2A(g) + B(g) --> 2AB(g)
terdapat dalam tabel berikut :
Percobaan [A] awal [B] awal v M/detik
1 0,1 0,1 6
2 0,1 0,2 12
3 0,1 0,3 18
4 0,2 0,1 24
5 0,3 0,1 54
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa persamaan laju reaksinya adalah ….
a. v = k [A]2 d. v = k [A][B]2
b. v = k [B] e. v = k [A]2[B]
c. v = k [A][B]
4. Bila suhu suatu reaksi dinaikkan 10oC, maka laju reaksinya akan menjadi dua kali lipat. Kalau pada suhu toC reaksi berlangsung selama 12 menit, maka pada suhu (t + 30)oC reaksi akan berlangsung selama ….
a. 4 menit d. 1,5 menit
b. 3 menit e. 1 menit
c. 2 menit
5. Perhatikan data laju reaksi pualam dengan asam khlorida:
Percobaan Pualam [HCl] Suhu (selsius)
1 serbuk 2 M 27
2 lempeng 2 M 50
3 serbuk 4 M 27
4 lempeng 4 M 50
5 serbuk 4 M 50
Reaksi yang paling cepat berlangsung adalah ….
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3
6. Dari percobaan pada soal no. (5), laju reaksi dipengaruhi oleh ....
a. konsentrasi
b. luas permukaan
c. suhu
d. luas permukaan dan suhu
e. konsentrasi, suhu, dan luas permukaan
7. Katalis dapat mempengaruhi laju suatu reaksi, karena ....
a. menaikkan energi kinetik partikel
b. mengubah mekanisme reaksi menjadi sederhana
c. memberi jalan baru dengan energi aktivasi yang lebih rendah
d. meningkatkan energi molekul sehingga lebih besar dari energi aktivasinya
e. menurunkan energi kinetik molekul yang memiliki energi aktivasi tinggi

KESETIMBANGAN KIMIA
8. Diketahui reaksi kesetimbangan pada suhu 725°C 4 NH3(g) + 5 O2(g) --> 4 NO(g) + 6 H2O(l) H = -1169,5 kJ Kesetimbangan dapat terganggu jika:1. suhu dinaikkan 3. volume diperbesar2. tekanan diperbesar 4. hasil reaksi dikeluarkanUntuk memperoleh gas NO lebih banyak yang dapat dilakukan adalah ....
a. 2 dan 4 d. 1 dan 3
b. 2 dan 3 e. 1 dan 2
c. 1 dan 4
9. Pada reaksi kesetimbangan:
Fe3+(aq) + SCN-(aq) --> FeSCN2+(aq)
(coklat) (Tak berwarna) (merah)
Jika ditambahkan Na2HPO4 ke dalam sistem, ternyata warna merah berkurang. Hal tersebut terjadi karena ....
a. pengurangan semua konsentrasi zat, dan harga kc tetap
b. kesetimbangan bergeser ke kanan dan harga kc makin besar
c. kesetimbangan bergeser ke kiri. dan harga kc makin kecil
d. konsentrasi Fe3+ bertambah dan harga kc bertambah
e. konsentrasi SCN- bertambah dan harga kc tetap
10. Konstanta kesetimbangan Kc untuk reaksi : 2SO2(g) + O2(g) 2SO3(g) adalah 900. Pada suhu 570° C dengan suhu yang sama harga Kc untuk reaksi :
SO3(g) SO2(g) + ½ O2(g) adalah ...
a. 1/900 d. 30
b. 1/30 e. 90
c. 3
11. Bila harga Kc untuk reaksi kesetimbangan 2SO2(g) + O2(g) D 2SO3(g) adalah 25, maka pada kondisi yang sama harga Kc untuk reaksi SO3(g) --> ½ O2(g) + SO2(g) adalah ….
a. 1/3 d. 1/9
b. 1/5 e. 1/25
c. 1/7
12. Reaksi : 2 CO(g) + O2(g) --> 2 CO2(g)Pada suhu tertentu 4 mol CO direaksikan dengan O2, ternyata dalam kesetimbangan terdapat 2 mol CO. Jika volume ruangan 10 liter dan harga tetapan kesetimbangan sama dengan 4, maka O2 yang diperlukan adalah ....
a.0,25 mol d. 3,5 mol
b. 0,40 mol e. 4 mol
c. 2,5 mol
13. Tetapan kesetimbangan untuk reaksi :
PCl5(g) --> PCl3(g) + Cl2(g)
pada suhu 760 K adalah 0,05. Jika konsentrasi awal PCl5 0,1 mol L-1, maka pada keadaan setimbang PCl5 yang terurai adalah ….
a. 12,5% d. 33,3%
b. 20,0% e. 50,0%
c. 25,0%
14. Jika satu mol AB dalam 1 liter air terurai sebanyak 40% menurut AB --> A + B, maka tetapan kesetimbangan reaksi tersebut adalah ….
a. 0,27 d. 0,0009
b. 0,09 e. 0,00027
c. 0,07
15. Reaksi kesetimbangan berikut yang mempunyai harga Kp = Kc adalah ….
a. H2(g) + Cl2(g) --> 2HCl(l)
b. CaCO3(s) --> CaO(s) + CO2(g)
c. 2NH3(g) --> N2(g) + 3H2(g)
d. H2(g0 + I2(g) --> 2HI(g)
16. Gas N2O4 mengalami disosiasi sebesar 50% menjadi gas NO2 pada pemanasan tertentu. Pada saat kesetimbangan, maka perbandingan mol gas N2O4 dan gas NO2 adalah ….
a. 1 : 1 d. 2 : 1
b. 1 : 2 e. 3 : 2
c. 1 : 3

1 comment:

ira said...

Trims, Bu...
Soal-soal di atas sangat membantu saia ^^

My Blog List