Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday 15 March 2009

KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-2 UNAS 2009

SKL 2
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.
a· Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia.
b· Menganalisis persamaan reaksi.

1. Jika 24 gram magnesium dibakar, maka ....
a. massa zat yang dihasilkan lebih berat dari massa zat sebelum reaksi
b. massa zat hasil reaksi = 24 gram
c. zat hasil reaksi lebih ringan dari zat sebelum reaksi
d. massa zat sebelum dan sesudah reaksi tidak akan sama
e. massa magnesium + massa gas oksigen dari udara = massa magnesium oksida
2. Apabila serbuk besi dan belerang dicampur kemudian dipanaskan, terbentuk senyawa besi sulfida. Dari data diketahui bahwa perbandingan massa besi dan belerang yang bereaksi = 7: 4. Hal ini menunjukkan bahwa ....
a. tiap 7 gram besi, tepat bereaksi dengan 4 gram belerang
b. besi sulfida hanya terbentuk jika 7 g besi direaksikan dengan 4 g belerang
c. jika 10 g besi direaksikan dengan 4 g belerang, terbentuk 14 g besi sulfida
d. perbandingan massa unsur-unsur yang menyusun suatu senyawa selalu berbanding sekitar 2 : 1
e. setiap logam yang bereaksi dengan non logam, mempunyai perbandingan massa sekitar 2 : 1
3. Pada reaksi 2H2(g) + O2(g) --> H2O(l) , jika H2 mula-mula = 1 L, O2 mula-mula 7L, maka volume gas setelah reaksi adalah ….
a. 0,5 L
b. 1 L
c. 3,5 L
d. 6,5 L
e. 8 L
4. Sebanyak 5 L campuran gas hidrokarbon C2H6 dan C3H8 dibakar dengan oksigen berlebih, ternyata dihasilkan 17 L uap air, maka volume C2H6 dan C3H8 berturut-turut adalah ….
a. 1 L dan 4 L c. 3 L dan 2 L e. 2.5 L dan 2,5 L
b. 2 L dan 3 L d. 4 L dan 1 L
5. Sebanyak 8 liter gas propana dibakar hingga habis. Pada suhu dan tekanan yang sama, volume gas CO2 yang dihasilkan adalah ....
a. 24 liter
b. 12 liter
c. 8 liter
d. 5 liter
e. 3 liter
6. Sebanyak 10 cm3 hidrokarbon tepat bereaksi dengan 40 cm3 oksigen menghasilkan 30 cm3 karbon dioksida. Jika volum semua gas diukur pada suhu dan tekanan sama, maka rumus hidrokarbon tersebut adalah ….
a. CH4
b. C3H6
c. C2H6
d. C3H8
e. C3H4
7. Sebanyak 2 liter gas C4H10 dibakar sempurna membentuk gas CO2 dan uap air, menurut reaksi: C4H10(g) + O2(g) --> CO2(g) + H2O (g) (belum setara). Perbandingan volume gas oksigen dan gas karbon dioksida jika diukur pada P dan T yang sama adalah ....
a. 2 : 4
b. 2 : 13
c. 4 : 5
d. 4 :13
e. 13 : 8
8. Massa 1 atom C - 12 = 2 x 10-23 g. Massa 1 atom X = 2,67 x 10-23 g. Ar X adalah ....
a. 16
b. 18
c. 20
d. 22
e. 32
9. Diketahui Mr H2O = 18. Berikut ini pernyataan yang salah adalah ….
a. massa 1 mol H2O adalah 18 g
b. massa 1 molekul H2O adalah 18 sma
c. massa molekul relatif H2O adalah 18 g
d. massa rata-rata molekul H2O adalah 18 sma
e. massa 1 molekul H2O adalah 18 kali massa 1/12 atom C-12
10. Pada T dan P tertentu, 2 gram gas X2­ mempunyai volum 1 liter, jika pada suhu dan tekanan yang sama 7,5 gram gas C2H6 (Mr = 30) mempunyai volum 10 liter, Ar X ialah ….
a. 20
b. 25
c. 40
d. 60
e. 80
11. Massa 5 liter nitrogen pada T dan P tertentu 5,6 gram. Berapa jumlah atom He yang terdapat dalam 10 liter gas He pada T dan P tersebut? (tetapan Avogadro = 6 x 1023; Ar N = 14)
a. 1,2 x 1023 atom
b. 2,4 x 1023 atom
c. 2,7 x 1023 atom
d. 4,8 x 1023 atom
e. 5,4 x 1023 atom
12. Jumlah atom yang terdapat dalam 0,5 mol NH3 sama dengan jumlah atom dalam ….
a. 1 mol O2
b. 0,25 mol PCl5
c. 0,5 mol NO2
d. 0,33 mol CO2
e. 4 mol Fe
13. Pada STP volume 22 g gas CO2 pada suhu dan tekanan yang sama adalah ….
a. 15 L
b. 11,2 L
c. 22 L
d. 22,4 L
e. 30 L
14. Diketahui persamaan reaksi : C (s) + 2H2 (g) → CH4 (g).
Jika volum H2 yang direaksikan 2,24 L pada STP, maka jumlah partikel gas CH4 yang dihasilkan adalah …. (tetapan Avogadro = 6,02 x 1023)
a. 3,01 x 1021 molekul
b. 3,01 x 1022 molekul
c. 3,01 x 1023 molekul
d. 6,02 x 1022 molekul
e. 6,02 x 1023 molekul
15. Satu mol logam L bereaksi dengan asam sulfat menghasilkan 33,6 liter gas hidrogen (STP), Rumus garam yang terbentuk adalah ….
a. LSO4
b. L2(SO4)5
c. L(SO4)2
d. L(SO4)5
e. L2(SO­4)3
16. Reaksi yang menghasilkan air kurang dari 90g adalah ….
a. 10 g H2 + 80 g O2
b. 10 g H2 + 82 g O2
c. 8 g H2 + 82 g O2
d. 12 g H2 + 80 g O2
e. 12 g H2 + 82 g O2
17. Sebanyak 7 g C4H10 dibakar dengan 7 g gas oksigen. Sebagai pereaksi pembatas adalah ….
a. C4H10 b. O2 c. CO2 d. H2O e. tidak ada
18. Sebanyak x gram FeS (Mr = 88) direaksikan dengan asam klorida menurut reaksi: FeS + 2 HCL → FeCl2 + H2S
Pada akhir reaksi diperoleh 8 liter gas H2S. Jika pada keadaan tersebut satu mol gas H2S bervolum 20 liter, maka x adalah ….
a. 8,8
b. 17,6
c. 26,4
d. 35,2
e. 44,0
19. Pada reaksi 27 gram kalsium dengan 5,6 gram nitrogen dihasilkan kalsium nitrida menurut persamaan reaksi : 3 Ca(s) + N2(g) --> Ca3N2(s). Massa kalsium nitrida yang dihasilkan adalah .... (Ar Ca = 40, N = 14).
a. 14,8 gram
b. 29,6 gram
c. 44,4 gram
d. 68,0 gram
e. 148,0 gram
20. Logam besi yang massanya 11,2 gram direaksikan dengan asam klorida menurut reaksi : Fe (s) + 2HCI (aq) FeCI2(g) + H2(g). Volume gas hidrogen yang dihasilkan pada keadaan standar adalah .... (Ar : Fe = 56)
a. 2,241iter
b. 4,481iter
c. 11,201iter
d. 22,41iter
e. 44,81iter
21. Pada T, P tertentu 0,5 liter gas NO (Mr = 30) massanya 1,5 gram. Volum gas oksigen pada suhu dan tekanan sama yang dihasilkan jika 49 gram KClO3 (Mr = 122,5) dipanaskan adalah ….
a. 2 L
b. 4 L
c. 6 L
d. 8 L
e. 12 L
22. AL(OH)3(s) + H2SO4(aq) --> AL2(SO4)3(aq) + H2O(l)Koefisien reaksi tersebut berturut-turut adalah ....
a. 1-2-3-6
b. 1-3-2-6
c. 2-3-1-6
d. 3-2-1-6
e. 3-1-2-6
23. Koefisien suatu reaksi menyatakan ....
a. perbandingan massa zat padat, zat cair, atau gas yang bereaksi
a. massa zat yang bereaksi dan hasil reaksi
b. perbandingan massa zat sebelum dan sesudah reaksi
c. jumlah atom zat-zat yang terlibat dalam reaksi
d. perbandingan mol zat pereaksi dan hasil reaksi
24. Suatu reaksi kimia dinyatakan dengan persamaan reaksi. Oleh karena itu, persamaan reaksi menunjukkan ....
a. hubungan massa zat-zat yang bereaksi
b. perbandingan massa zat-zat yang terlibat dalam reaksi
c. hubungan kualitatif zat-zat pereaksi dan hasil reaksi
d. wujud zat-zat yang terlibat dalam reaksi
e. hubungan kuantitatif zat-zat yang terlibat dalam reaksi

No comments:

My Blog List