CHEMISTRY AROUND THE WORLD When we see something around us, we recognize that every single thing is chemistry. So certainly, for better live, we have to motivate ourselves to learn everything around us. "Green Education through Eco Chemistry."
WELCOME TO MOB +
Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.
I ask you also to leave a comment in my articles.
Thanks a lot.
Green Education through Eco Chemistry
"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."
Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.
Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.
Web Blog Sejuta Guru Indonesia
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.
Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.
Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.
Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.
Terima kasih
Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net
Wednesday, 11 March 2009
KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-3 UNAS 2009
Soal nomor (1) dan (2) mengacu pada data berikut :
Larutan Lampu Keterangan lain
A Tidak menyala --
B Tidak menyala Terjadi gelembung gas sedikit
C Menyala terang Terjadi gelembung gas banyak
D Menyala terang sekali Terjadi gelembung gas banyak
E Menyala redup Terjadi gelembung gas sedikit
1. Larutan yang tergolong elektrolit kuat adalah ....
a. A dan B d. B dan E
b. C dan D e. D dan E
c. C, D, dan E
2. Pernyataan berikut yang sesuai dengan data di atas adalah .... a. larutan A mungkin asam cuka
b. larutan B tidak mengandung ion
c. larutan C daya hantar listriknya terkuat
d. larutan D dapat berupa larutan senyawa ion e. larutan E mengandung molekul dan ion yang jumlahnya sebanding
3. Zat elektrolit berikut berturut-turut yang memiliki ikatan kovalen dan ikatan ion adalah ....
a. garam dapur dan air
b. air dan alkohol
c. garam dapur dan alkohol
d. cuka dan gamping
e. cuka dan alkohol
Konsentrasi Asam Basa
4. Pernyataan berikut yang sesuai untuk suatu larutan bersifat asam adalah ....
a. membirukan lakmus merah
b. memerahkan phenol phtalein
c. tergolong elektrolit
d. rasanya pahit
e. mudah larut dalam air
5. Besarnya konsentrasi ion H+ dalam larutan asam sulfat 0,2M adalah ....
a. 0,05M b. 0,1M c. 0,2M d. 0,4M e. 0,6M
6. Besarnya [OH–] dari larutan NH3 0,1 M jika harga Kb NH3 = 1 × 10–5 adalah ....
a. 10–6M d. 10–3M
b. 10–5M e. 10–2M
c. 10–4M
7. Berikut ini harga tetapan asam (Ka) dari beberapa asam :
Urutan kekuatan asam di atas adalah Urutan kekuatan asam di atas adalah ....
a. HA > HD > HE d. HB > HA > HE
b. HA > HC > HB e. HC > HE > HD
c. HD > HA> HC
8. Volum air yang diperlukan untuk mengencerkan 10mL larutan HCl 6M menjadi 1,5M adalah ....
a. 20mL d. 50mL
b. 30mL e. 60mL
c. 40mL
9. Larutan HCl 2M dan HCl 3M dicampur. Jika volum masing-masing larutan sama, [H+] dalam larutan adalah ....
a. 2M d. 2,75M
b. 2,25M e. 3M
c. 2,5M
10. Ka suatu asam lemah berbasa satu 10-4. Larutan 0,01M asam ini pH-nya ….
a. 2 d. 5
b. 3 e. 6
c. 4
11. Larutan H2SO4 0,4% (Mr = 98) dengan massa jenis 1,225 gram cm-3 mempunyai pH ….
a. 1,0 b. 1,3 c. 2,0 d. 2,6 e. 4,7
12. Larutan CH3COOH 0,2M (Ka = 2. 10-5) memiliki harga pH lebih besar dari ….
a. NaOH(aq) 0,1M d. HCl(aq) 10-3M
b. NH3(aq) 0,1M (Kb=10-5) e. H2SO4(aq) 10-3M
c. HCOOH(aq) 0,1M (Ka=10-4)
13. Suatu basa lemah LOH, pH nya = 10 + log 5. Kb LOH = 2,5 x 10-5. Konsentrasi basa tersebut adalah ....
a. 0,01 M d. 0,04 M
b. 0,02 M e. 0,05 M
c. 0,03 M
Indikator Asam Basa
14. Data trayek pH dan perubahan warna beberapa indikator.
Indikator Trayek pH Warna
MJ 3,2 - 4,4 merah - kuning
MM 4,4 - 6,3 merah - kuning
BTB 6,0 - 7,6 kuning - biru
PP 8,3 - 10,0 tak berwarna - merah
Warna yang terjadi jika indikator diteteskan pada larutan HCl adalah ....
a. MJ, kuning – PP, tidak berwarna
b. MM, merah – PP, merah
c. BTB, biru – MJ, kuning
d. PP, merah – BTB, kuning
e. MJ, merah – PP, tak berwarna
15. Suatu larutan X diuji dengan kertas lakmus merah dan biru. Lakmus merah tetap sedang lakmus biru menjadi merah. Jika digunakan indikator MM, warna larutan menjadi merah. Sifat larutan yang benar adalah ....
a. asam, pH < ph =" 4,4"> 6,3 e. netral, pH = 7
c. basa, pH > 6,3
Titrasi Asam Basa
16. 20 mL asam sulfat dititrasi dengan larutan NaOH 0,1 M, ternyata diperlukan 30 mL larutan NaOH. Kemolaran larutan asam sulfat tersebut adalah ….
a. 0,075 M d. 0,20 M
b. 0,10 M e. 0,30 M
c. 0,15 M
17. Larutan H2SO4 mempunyai pH = 2 – log 5. Massa NaOH (Ar Na = 23; O = 16; H = 1) yang harus ditambahkan ke dalam 1 liter larutan untuk mendapatkan pH larutan 13 + log 2 adalah ....
a. 4 gram d. 10 gram
b. 6 gram e. 12 gram
c. 8 gram
Penyangga
18. Berdasarkan pasangan larutan berikut ini : 1. 50 mL CH3COOH 0,2 M dan 50 mL NaOH 0,1 M2. 50 mL CH3COOH 0,2 M dan 100 mL NaOH 0,1 M3. 50 mL H2CO3 0,2 M dan 100 mL NH3 (aq) 0,1 M 4. 50 mL HCl 0,1 M dan 50 mL NH3(aq) 0,2 M 5. 50 mL HCl 0,1 M dan 50 mL NaOH 0,2 M
Pasangan-pasangan yang pH-nya tidak akan berubah apabila ditambah sedikit larutan basa kuat atau asam kuat adalah ....
a. 1 dan 2 d. 1 dan 3
b. 1 dan 4 e. 2 dan 3
c. 1 dan 5
19. Untuk membuat larutan penyangga dengan pH = 5, maka ke dalam 40 mL larutan 0,1 M asam asetat Ka 10-5, harus ditambahkan NaOH 0,2 M sebanyak ….
a. 10 mL d. 40 mL
b. 20 mL e. 50 mL
c. 30 mL
20. Suatu larutan penyangga terdiri dari campuran larutan CH3COOH 0,01 M (Ka = 10-5) dan CH3COONa 0,1 M mempunyai pH sebesar 6. Perbandingan volume CH3COOH : CH3COONa adalah ….
a. 1 : 1 d. 1 : 100
b. 1 : 10 e. 100 : 1
c. 10 : 1
Hidrolisis
21. Diantara garam berikut yang larutannya bersifat asam adalah ….
a. KBr d. CH3COOK
b. NH4Cl e. NaCl
c. (NH4)2CO3
22. Jika zat-zat di bawah ini dilarutkan dalam air, larutan yang memerahkan lakmus biru adalah ….
a. NaHSO4 d. NH4Cl
b. NaCl e. CH3COONa
c. BaCl2
23. Jika larutan di bawah konsentrasinya 1 M, maka pH yang paling tinggi adalah ….
a. NaHSO4 b. NH4Cl c. HCl d. (NH4)2SO4 e. CH3COONa
24. Hidrolisis tidak terjadi pada garam yang terbentuk dari ….
a. asam lemah + basa lemah
b. asam kuat + basa kuat
c. asam kuat + basa lemah
d. asam sangat lemah + basa sangat lemah
e. asam lemah + basa kuat
25. Jika 5,35 gram NH4Cl (Mr = 53,5) dilarutkan dalam air hingga volum menjadi 250 mL larutan, akan diperoleh larutan dengan pH..... ( Kb NH3 = 1 x 10-5)
a. 5 – log 2 d. 9 – log 4
b. 5 e. 5 + log 4
c. 9 + log 4
Teori Asam Basa
28. Diketahui reaksi :
1. H2O + NH3 ↔ NH4+ + OH-
2. H2O + HF ↔ H3O+ + F-
3. H2O + NH3 ↔ NH2- + H3O+
4. H2O + HCN ↔ CN- + H3O+
5. H2O + HSO4- ↔ SO42- + H3+
Menurut Bronsted–Lowry, H2O yang berfungsi sebagai asam dan basa terdapat pada reaksi ....
a. 1 dan 2 d. 2 dan 5
b. 2 dan 3 e. 4 dan 5
c. 2 dan 4
Ksp
29. Bila [Ca2+] dalam larutan jenuh CaF2 = 2.10-4 mol/L, maka hasil kali kelarutan CaF2 adalah ….
a. 8.10-8 d. 2.10-12
b. 3,2.10-11 e. 4.10-12
c. 1,6.10-11
30. Ksp Ag2CO3 = 8 x 10-12 Ksp AgCl = 2 x 10-10
Ksp Ag3PO4 = 1 x 10-16 Ksp AgI = 8,5 x 10-17 Ksp AgCN =1,2 x 10-16
Berdasarkan data tersebut, garam yang paling besar kelarutannya dalam air adalah ….
a. AgCl b. A3PO4 c. AgI d. Ag2CO3 e. AgCN
31. Kelarutan Mg(OH)2 dalam air pada 25 °C adalah 1,16 mg per 100 cm³ (Mr = 58). Harga Ksp dari Mg(OH)2 adalah ....
a. 16 . 10-2 d. 8 . 10-11
b. 3,2 . 10-11 e. 8. 10-10
c. 3,2 . 10-13
32. Dalam larutan jenuh Mg3(PO4)2, besarnya konsentrasi Mg2+ adalah ….
a. [Mg2+]= (Ksp)1/5 d. [Mg2+] = 2/3 [PO43-]
b. [Mg2+]< [PO43-] e. [Mg2+] = 3/2 [PO43] c. [Mg2+] = 3/2 (Ksp)1/5 33. Larutan yang besar pengaruhnya terhadap kesetimbangan kelarutan PbBr2 adalah …. a. 1.0 M Pb(NO3)2 d. 1.0 M PbCl2 b. 1.0 MNaBr e. 1.0 M CaBr2 c. 1.0 M AlBr3 34. Jika diketahui Ksp AgCl = 1 x 10-10, Kelarutan AgCl dalam 1 liter larutan KCl 0,01 M adalah …. a. 10 -5 mol / liter d. 10 -6 mol / liter b. 10 -7 mol / liter e. d. 10 -8 mol / liter c. 10 -4 mol / liter 35. Harga pH larutan jenuh Pb(OH)2 sekitar …. (Ksp Pb(OH)2 = 2,57 x 10-11) a. 3 b. 5 c. 10 d. 11 e. 13 36. Kelarutan Zn(OH)2 pada pH 8 (Ksp = 2.1 x 10-16 adalah …. a.2.1x10-10 b.2.1x10-8 c.2.1x10-7 d. 2.1x10-6 e. 2.1x10-4 37. Bila larutan Pb(NO3)2 dan larutan NaCl dicampur, harga Qc = 9.8 x 10-6. Pernyataan berikut yang benar adalah …. a. suatu endapan terbentuk karena Ksp > 9.8 x 10-6
b. suatu endapan terbentuk karena Ksp <> 9.8 x 10-6
d. endapan tidak terbentuk karena Ksp < 9.8 x 10-6 e. terbentuknya endapan tidak dapat diprediksi
38. Larutan 0.060 M AgNO3 dan larutan 0.00090 M NaBrO3 dicampur dengan volum sama. Harga Qc AgBrO3 adalah ….
a. kurang dari Ksp dan terbentuk endapan
b. lebih besar dari Ksp dan terbentuk endapan
c. lsama dengan Ksp dan terbentuk endapan
d. kurang dari Ksp dan tidak ada endapan
e. lebih besar dari Ksp dan tidak ada endapan
Koloid
39. Peristiwa yang tergolong koagulasi adalah ….
(1) penambahan elektrolit pada koloid bermuatan
(2) karet dalam lateks ditambah asam formiat
(3) asap pabrik dilewatkan pengendap kotrel
(4) pembentukan delta pada muara sungai
(5) penambahan kaporit pada air lumpur
a. (1) dan (2) d. (1) dan (3)
b. (1), (2) dan (3) e. (1), (2), (3) dan (4)
c. (5) saja
40. Larutan yang paling baik untuk mengkoagulasikan koloid tersebut adalah ….
a. kalium fosfat d. magnesium sulfat
b. barium nitrat e. besi(III) klorida
c. besi(II) sulfat
My Blog List
-
Sejauh mana bahaya pewarna pada makanan? - Bagaimana kita bisa hidup lebih baik, jika kita kurang berhati-hati terhadap makanan. Sehat adalah salah satu faktor utama untuk hidup lebih baik. Jika mak...13 years ago
-
KWACI BIJI BUNGA MATAHARI - Eh perhatikan gambar berikut, kenalkah Anda? Pernah membeli dan memakannya? Ini adalah kwaci biji bungan matahari. Anda suka kwaci? Kwaci yang mana? Kecil ...14 years ago
-
PETROLEUM PROBLEMS - 1. Natural gas is a mixture of lightweight alkanes. A typical sample of natural gas when it is collected at its source contains methane, ethane, propane, b...16 years ago
-
^()^ Empire of The Apes 2013 Streaming Online HD - Where Can I Stream Empire of The Apes In Good Quality Empire of The Apes Summary: In a distant galaxy three escaped female convicts crash land on a primi...5 years ago
-
KOLOID DI SEKITAR KITA Bagian III - Apakah Anda sudah mencatat semua koloid yang terdapat di lingkungan hidup kita? Dari pengamatan pendahuluan yang telah Anda lakukan terhadap koloid, yaitu ...15 years ago
-
-
GLISERIDA - Gliserida adalah ester gliserol, yaitu ester alkohol trivalen. Gliserida terdiri atas gliserol dan asam lemak suku tinggi. Asam lemak ini memiliki rantai...13 years ago
No comments:
Post a Comment