Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 8 March 2009

KUMPULAN SOAL KIMIA SKL-1 UNAS 2009

SKL-1
Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawa.
a· Mendeskripsikan notasi unsur dan kaitannya dengan konfigurasi elektron serta jenis ikatan yang dapat dihasilkannya.
b· Memprediksi letak unsur dalam tabel periodik.
c· Memprediksi jenis ikatan kimia/jenis interaksi molekuler.



1. Ion Ca2+ konfigurasi elektronnya 1s2 2s2 2p6. Jika nomor massanya 40, maka
jumlah proton, netron, dan elektron berturut-turut adalah ….
a. 20, 20, 18 d. 18, 18, 40
b. 20, 20, 20 e. 18, 20, 40
c. 18, 18, 22
2. Ion A2- mempunyai konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d10 4p6 5s2 4d10 5p6.Nomor atom A adalah ….
a. 52 d. 58
b. 54 e. 60
c. 56


3. Jika konfigurasi elektron ion B2+ 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d10 4s2, nomor atom B adalah ….
a. 28 d. 34
b. 30 e. 36
c. 32
4. Unsur X memiliki nomor atom 35. Konfigurasi elektron ion X- adalah ….
a. 1s22s22p63s23p63d104s2 4p5
b. 1s22s22p63s23p63d104s24p6
c. 1s22s22p63s23p63d104s24p55s1
d. 1s22s22p63s23p63d104s24p4
e. 1s22s22p63s23p63d104s14p5
5. Unsur X mempunyai konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d10 4s2 4p5. Pernyataan yang benar adalah ….
a. elektron valensinya 5
b. elektron valensinya 7
c. elektron valensinya 10
d. konfigurasi elektron [Kr] 4p5
e. konfigurasi elektron [Kr] 4s2
6. Suatu unsur X nomor atom 8, nomor massa 16 berikatan dengan unsur Y nomor atom 11 nomor massa 23. Penulisan rumus senyawa yang benar adalah ….
a. XY d. YX2
b. X2Y e. Y2X
c. XY2
7. Suatu unsur X, konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p6 3s2 dengan unsur Y, konfigurasi elektron 1s2 2s2 2p5, dapat membentuk suatu senyawa yang rumusnya ….
a. XY d. X2Y
b. XY2 e. X2Y3
c. X3Y2
8. Suatu atom memiliki konfigurasi elektron [Ar]4s23d10. Elektron terakhir mempunyai kemungkinan bilangan kuantum ….
a. n = 3 ; l = 2 ; m = 2
b. n = 3 ; l = 1 ; m = -1
c. n = 3 ; l = 3 ; m = 0
d. n = 3 ; l = 3 ; m = -3
e. n = 3 ; l = 3 ; m = -2
9. Jika dalam perjanjian ditetapkan perputaran elektron searah jarum jam,¯ bernilai –½, dan perputaran elektron yang berlawanan jarum jam ­ bernilai +½. Suatu elektron terakhir mempunyai bilangan kuantum berturut-turut n = 3, l = 2, m = 0, s = -½, dan atom tersebut mempunyai jumlah neutron 31, maka nomor massa atom tersebut adalah ….
a. 54 d. 59
b. 48 e. 60
c. 45
10. Elektron terakhir atom X memiliki harga n =4, l =1, m =+1, s = -½. Jika s = - elektron ¯, dan s = + elektron ­. Nomor atom X adalah ….
a. 18 d. 36
b. 33 e. 54
c. 35
11. Di antara unsur-unsur :20A, 16B, 14C, 10D dan 6E pasangan yang memiliki terletak dalam golongan yang sama adalah ….
a.A dan C d. B dan E
b. A dan D e. C dan E
c. B dan C
12. Diketahui unsur-unsur A, B, C dan D masing-masing mempunyai susunan elektron:
A. 1s22s22p63s2
B. 1s22s22p63s1
C. 1s22s22p63s23p63d104s1
D. 1s22s22p63s23p63d104s24p65s2
Di antara unsur tersebut yang terletak dalam satu golongan adalah …
a. A dan B d. B dan D
b. B dan C e. C dan D
c. A dan D
13. Yang manakah diantara konfigurasi elektron di bawah ini menunjukkan adanya elektron tereksitasi ?
a. 1s2 2s2 2p6 3s1
b. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s1
c. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s1 3d1
d. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p1
e. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d2
14. Ion 24Cr3+ mempunyai konfigurasi elektron …
a. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d1
b. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d4
c. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d3
d. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7
e. 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 3d7

15. Konfigurasi elektron ion X2+ : (Ar) 3d5. Dalam sistem periodik unsur X terletak pada ....
a. golongan III perioda 3 b. golongan III perioda 5 c. golongan V perioda 4 d. golongan VII perioda 4 e. golongan VI perioda 5
16. Unsur A memiliki harga bilangan kuantum elektron terakhir n = 3, l= 1, m= -1, s = + 1/2. Dalam sistem periodik, A terletakpada ....

a. golongan IIIA perioda 3 b. golongan IIIB perioda 3 c. golongan IVA perioda 4 d. golongan IVB perioda 4 e. golongan VB perioda 5
17. Senyawa A2B terdiri atas ion-ion. Unsur yang mungkin untuk A dan B adalah ….
a. hidrogen dan belerang
b. natrium dan oksigen
c. kalium dan khlor
d. kalsium dan brom
e. barium dan yod
18. Beberapa unsur A, B, C, dan D memiliki nomor atom berturut-turut 1, 7, 17, dan 19. Rumus senyawa beserta jenis ikatan yang benar adalah ….
a. BA3, kovalen polar
b. AC, ion
c. BC3, kovalen non polar
d. DA, kovalen
e. DC, kovalen polar
19. Unsur A nomor atom 6, nomor massa 12 dengan unsur B nomor atom 17, nomor massa 35 dapat membentuk senyawa yang rumusnya AB4. Senyawa ini memiliki ikatan ….
a. ion
b. kovalen
c. elektrovalen
d. kovalen polar
e. kovalen non polar
20. Unsur A(Ne)3s1 dengan unsur B(Ne)3s23p5 dapat bereaksi membentuk suatu senyawa. Rumus senyawa dan jenis ikatan yang mungkin adalah ….
a. NaBr, kovalen
b. NaCl, ion
c. KCl, kovalen
d. KF, ion
e. KBr, kovalen
21. Dari zat-zat berikut yang mempunyai ikatan kovalen dan molekulnya bersifat polar adalah ….
a. CH4 d. NH3
b. KCl e. Cl2
c. CO2
22. Diantara zat-zat berikut yang mempunyai ikatan kovalen dan molekulnya bersifat non polar adalah ….
a. CHCl3 d. PH3
b. CaCl2 e. H2
c. BF3
23. Beberapa unsur A, B, C, dan D memiliki nomor atom berturut-turut 1, 7, 17, dan 19. Rumus senyawa beserta jenis ikatan yang benar adalah ….
a. BA3, kovalen polar
b. AC, ion
c. BC3, kovalen non polar
d. DA, kovalen
e. DC, kovalen polar
24. Unsur-unsur A, B, C, D dan E memiliki nomor atom berturut-turut 1, 6, 9, 10, dan 12. Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah ….
a. A – B d. A – C
b. B – D e. C – E
c. D - E
25. Unsur 12A dengan unsur 35B bila bersenyawa membentuk ….
a. AB2 , ikatan kovalen polar
b. A2B , ikatan kovalen polar
c. AB2 , ikatan kovalen non polar
d. A2B , ikatan ion
e. AB2 , ikatan ion
26. Diantara senyawa-senyawa berikut yang memiliki ikatan koordinasi adalah ….
a. NH3 d. PCl3
b. NH3BF3 e. Ca(OH)2
c. Ca(OCl)2
27. Unsur-unsur berikut yang elektronnya dapat bergerak bebas bagaikan arus, sehingga semua partikelnya terikat kuat adalah ….
a. besi, belerang, silikon
b. helium, hidrogen, oksigen
c. natrium, seng, aluminium
d. nitrogen, klor, neon
e. kalium, kalsium, karbon
28. Ikatan antar dipol-dipol permanen terdapat pada ….
a. H2O d. CH3OH
b. C2H5OH e. NH3
c. HCl
29. Ikatan hidrogen terdapat pada pasangan senyawa ….
a. H2O dengan H2S
b. HF dengan HCl
c. NH3 dengan C2H5OH
d. C2H5OH dengan CH3OCH3
e. HI dengan H2O
30. Ikatan Van Der Waals dapat terjadi antara molekul-molekul ….
a. ammoniak
b. metana
c. air
d. alkohol
e. asam cuka

No comments:

My Blog List