Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday, 11 November 2011

Persiapan UNAS 2012: Kimia Unsur

SKL-8 : Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya.

Indikator :
a. Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam.
b. Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya.

Pembahasan ini merupakan revisi dari SKL 2011. Di alam unsur-unsur umumnya berupa mineral/batuan. Contoh batuan yang mengandung besi atau bijih besi adalah hematit, Fe2O3; aluminium, bauksit, Al2O3.2H2O, kriolit, Na3AlF6, tawas, FeAl(SO4)2.12H2O; tembaga, kalkopirit CuFeS2. Belerang selain sebagai senyawa sufat dan sulfida, di alam dapat berupa padatan yang terdiri atas molekul-molekul poliatomik S8. Masih banyak lagi unsur-unsur penting yang lain. 

Perhatikan kegunaan dari unsur-unsur dan senyawanya yang sering kita jumpai sehari-hari. Materi ini agak sulit, karena berupa hafalan dan penalarannya agak rendah. Namun kalian tidak perlu resah, untuk mencapai nilai 100 bulatpun bagi Anda yang rajin dan tekun, tentu banyak cara. Soal untuk materi ini keluasannya Insya Allah telah diberikan semua oleh guru kalian dan di buku-buku kimia atau dikumpulan soal-soal telah banyak contoh soalnya. 

Deskripsi bagaimana cara memperoleh suatu unsur dari senyawanya dan kegunaannya. Sebagai contoh, pengolahan bijih besi dari hematit, Fe2O3 dengan tanur tinggi; aluminium dari bauksit, Al2O3.2H2O; tembaga dari bijihnya, yaitu kalkopirit; pembuatan asam sulfat melalui proses Kontak, pembuatan halogen dan HX. 

Kegunaan unsur-unsur dan senyawanya yang meliputi golongan A dan B tabel periodik. Contoh, logam dan non logam, senyawa-senyawa golongan A, garam dapur, garam Inggris, batu kapur (pualam), kapur tohor, kaporit, kapur khlor, tawas, kriolit, fosfor, amoniak, asam sulfat, dan lainnya. 
Selamat berjuang ya, SKL-8 sengaja ibu dahulukan, karena sekarang kalian sedang membahas ini di sekolah.

No comments:

My Blog List