Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Wednesday, 9 November 2011

Contoh diskusi kelompok dalam pembelajaran kimia

Pembelajaran kimia termasuk salah satu pembelajaran yang disukai oleh siswa di SMAN 16 Surabaya. Gambar berikut menunjukkan antusias siswa dalam belajar berkelompok, kerjasam, tukar pendapat, kompak, saling menghargai, dan yang sangat penulis banggakan adalah kegembiraan mereka yang selalu tampak dalam setiap pembelajaran serta percaya diri bahwa dengan kerjasama yang baik dan terpimpin, mereka merasa kimia itu mudah dan indah, tak sesulit yang dikatakan orang. Dalam gambar di bawah, penulis sedang berkeliling kelompok, mendengarkan dari dekat jalannya diskusi, melihat hasil kerja kelompok, memotivasi mereka dengan memuji kerja mereka, menanggapi pertanyaan mereka melalui pertanyaan balik sebagai bimbingan menuju ke arah jawaban. 

Yang utama dalam diskusi kelompok antara lain guru harus membuat siswa merasa mampu memecahkan masalah yang diberikan. Untuk itu guru harus memperhatikan dengan baik cara mengelompokkan siswa dan kesesuaian tugas yang diberikan. Kelompok diupayakan heterogen, baik tingkat berpikir maupun gender. Kelompok harus sering diganti, setiap tugas yang berbeda. Perhatian terhadap perbedaan individu sangat penting. Guru perlu memiliki biodata siswa untuk dapat memahami perbedaan individu mereka. Anak yang suka ramai jangan sampai disatukan dengan anak yang sifatnya sama. Anak pemalu dan pasif juga tidak mungkin disatukan. Jika dalam satu kelompok, derajat heterogenitasnya tinggi, Insya Allah jalannya diskusi akan lebih baik, karena cara pola berpikir dan pengungkapan yang bervariasi akan sangat membantu terwujudnya hasil belajar yang makin bagus.

Kelompok yang penulis datangi sedang menanyakan kebenaran jawaban soal uraian yang menjadi tugas mereka. Dari 5 siswa dalam kelompok tersebut tampak dari raut wajahnya kesiapan mereka yang menunjukkan percaya diri yang tinggi membuat penulis senang mengajar kimia, walaupun pensiun hampir tiba. Hehehe. Pensiun dari pegawai negeri, namun pendidikan tak akan kunjung padam. Insya Allah penulis tetap akan semangat meneruskan perjuangan mencerdaskan kehidupan bangsa, paling tidak melali penulisan artikel setiap hari. Banyak hal yang dapat ditulis. Indahnya berbagi semoga tidak terlupakan sampai akhir hayat.

No comments:

My Blog List