Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Wednesday, 30 March 2011

KISI-KISI UNAS KIMIA SMA/MA IPA 2011

KISI-KISI UJIAN NASIONAL KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)

SKL UNAS berikut akan ibu analisis, agar dalam waktu yang pendek ini, ibu dapat membantu kalian yang sedang berjuang untuk memahami dengan baik konsep-kosep kimia yang akan ditanyakan dalam soal UNAS nanti. Seperti saran ibu yang lalu, cermati sebaik-baiknya SKL ini, pilihlah soal-soal yang sesuai dengan indikator yang tersedia. Semoga guru-guru telah membantu kalian mencermati SKL ini sehingga kalian dapat memprediksi konsep-konsep kimia yang akan di UNAS kan nanti. Pada artikel berikutnya ibu akan segera menerbitkan analisisnya. Selamat belajar, sukses selalu.


NO.
STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
INDIKATOR
1.
Menganalisis struktur atom, sistem
periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa.
Menentukan unsur dan kaitannya dengan
struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik.
Memprediksi jenis ikatan kimia atau gaya
antar molekul.
2.
Menerapkan hukum-hukum dasar
kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia.
Menyelesaikan perhitungan kimia
berdasarkan hukum-hukum dasar kimia.
Mendeskripsikan persamaan reaksi kimia
anorganik.
3.
Menganalisis sifat-sifat larutan,
metode pengukuran dan terapannya.
Menganalisis sifat elektrolit/non elektrolit
berdasarkan daya hantar listriknya.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
Menentukan hasil titrasi asam basa.
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta
penerapannya.
4.
Mendeskripsikan senyawa organik,
gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul.
Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk
identifikasi dan kegunaannya.
Mendeskripsikan benzena dan turunannya
serta kegunaannya.
Mendeskripsikan makromolekul termasuk
identifikasi dan kegunaannya.
5.
Memahami perubahan energi, cara
pengukuran dan penerapannya.
Menganalisis proses eksoterm/endoterm
pada termokimia.
Menentukan kalor reaksi.
6.
Memahami kinetika reaksi,
keseimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
Menentukan laju reaksi.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi laju reaksi dan kesetimbangan kimia.
Menentukan Kc dan atau Kp.
7.
Memahami reaksi oksidasi-reduksi
dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
Mendeskripsikan komponen, notasi, proses,
reaksi dan potensial sel elektrokimia.
Mengaplikasikan hukum faraday dalam
perhitungan kimia.
Mendeskripsikan fenomena korosi.
8.
Mendeskripsikan unsur-unsur
penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya.
Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang
ada di alam.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan
kegunaannya.


No comments:

My Blog List