Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Friday 26 February 2010

PANDUAN UNAS KIMIA 2010 SKL-3

SKL-3 LARUTAN DAN SIFAT-SIFATNYA
Menjelaskan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya.
a. Menganalisis data daya hantar listrik beberapa larutan
b. Mendeskripsikan konsep pH larutan
c. Menghitung konsentrasi asam/basa pada proses titrasi asam basa
d. Menganalisis sifat larutan penyangga
e. Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
f. Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksp
g. Menyimpulkan sifat koligatif larutan berdasarkan data
h. Menganalisis diagram PT yang berkaitan dengan sifat koligatif larutan
i. Menyimpulkan penerapan sifat koloid di dalam kehidupan sehari-hari
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SKL ini cukup luas, meliputi konsep-konsep tentang larutan mulai kelas X sampai dengan kelas XII. Larutan dibagi menjadi 9 point a s.d. i. Sebagian point mungkin hanya dibuatkan satu soal, namun beberapa point yang lain jumlah soalnya bisa 2 atau lebih.

SKL-3a. Menganalisis data daya hantar listrik beberapa larutan.
1. Berikut diberikan data daya hantar listrik beberapa larutan:
    Larutan A, lampu tidak menyala, tidak terjadi gelembung gas.
    Larutan B, lampu menyala redup, terjadi sedikit gelembung gas
    Larutan C, lampu tidak menyala, terjadi sedikit gelembung gas.
    Larutan D, lampu menyala terang, gelembung gas yang terjadi banyak.
    a. Larutan yang tergolong non elektrolit adalah ..., elektrolit lemah ..., dan elektrolit kuat ....
    b. Contoh larutan A adalah ..., B ..., C ..., D ....
    c. Alasan lampu tidak menyala dan tidak terjadi gelembung gas pada larutan A adalah ....
    d. Larutan B dan C memiliki persamaan dalam hal ... namun ada perbedaannya, yaitu ....
    e. Beda larutan C dan D adalah ....
    f. Persamaan reaksi ionisasi larutan B adalah ... sedang larutan D adalah ....

SKL-3b. Mendiskripsikan pH larutan
Larutan A membirukan lakmus merah sedang larutan B M memerahkan lakmus biru. Larutan C warna lakmus merah dan biru tetap.
1. Larutan A bersifat ..., pHnya ..., larutan B bersifat ... pHnya ..., larutan C bersifat ..., pHnya ....
2. Jika larutan A pHnya = 1, maka konsentrasi A = ..., A(aq) tergolong ....
3. B(aq) 0,1 M; Kb = 10-5 M pHnya = ....
4. Pada pengenceran larutan A, diperoleh pH larutan = 3; maka [A] yang baru = ....

SKL-3c. Menghitung konsentrasi asam/basa pada proses titrasi asam basa
NaOH(aq) x M 50 mL dititrasi dengan HCl(aq) 0,10 M. Volum HCl(aq) yang diperlukan pada 3x titrasi adalah 40 mL, 42 mL, dan 45 mL.
1. Data titrasi ketiga tidak dapat digunakan, karena ....
2. Konsentrasi NaOH(aq) adalah ....
3. Jika HCl(aq) diganti dengan CH3COOH(aq) 0,10 M, volum yang diperlukan adalah 40 mL, 41 mL, dan 41 mL. Harga x adalah ....
   
SKL-3d. Menganalisis sifat larutan penyangga.
Suatu larutan jika dcampur dengan sedikit asam kuat atau sedikit basa kuat, perubahan pHnya tidak signifikan.
1. Hal ini menunjukkan bahwa larutan itu adalah ..., karena ....
2. Jika larutan itu terdiri atas asam lemah dengan basa konyugasinya, maka pHnya sekitar ....

SKL-3e. Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis.
1. Suatu larutan (NH4)2SO4 0,2 M, Kb NH3(aq) = 2.10-5, mempunyai pH = ....
2. Suatu campuran terdiri dari CH3COOH(aq) (Ka = 2.10-5) 0,2 M 100 mL dan NaOH(aq) 0,1 M 200 mL. Haf. Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksprga pH larutan itu adalah .... 

SKL-3f. Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksp.
Harga Ksp beberapa senyawa sebagai berikut:
Cr(OH)3 Ksp = 6,3. 10-31
Mg(OH)2 Ksp = 1,8. 10-11
Ag2CO3 Ksp = 8,1. 10-12
BaSO4 Ksp = 1,1. 10-11
1. Senyawa yang paling mudah larut dalam air adalah ....
2. Senyawa yang dalam air paling mudah mengendap adalah ....
3. Urutan kenaikan kelarutan senyawa-senyawa di atas dalam air adalah ....

SKL-3g. g. Menyimpulkan sifat koligatif larutan berdasarkan data

1. Perhatikan data titik didih larutan berikut.
A(aq) 0,1molal titih didihnya 0,1.Kb
B(aq) 0,1 molal titik didihnya 0,2.Kb
C(aq) 0,2 molal titik didihnya 0,3.Kb
a. Dari data di atas, zat yang paling tinggi titik didihnya adalah ....
b. Larutan yang tergolong non elektrolit adalah ... sedang larutan elektrolit adalah ....
c. Kemungkinan larutan B adalah ....

SKL-3h. Menganalisis diagram PT yang berkaitan dengan sifat koligatif larutan
Carilah diagram PT di buku kimia kelasXII semester I, jawablah pertanyaan berikut.
1. titik yang menunjukkan titik beku larutan adalah ....
2. Titik yang menunjukkan titik didih larutan adalah ....
3. Suatu jarak diantara dua titik yang menggambarkan penurunan titik beku larutan adalah ....
4. Suatu jarak yang menyatakan kenaikan titik didih larutan adalah ....
SKL-3i. Menyimpulkan penerapan sifat koloid di dalam kehidupan sehari-hari
1. Cahaya lampu mobil yang menyoroti jalanan dalam udara berkabut menunjukkan bahwa kabut tergolong koloid ... dalam ... karena terjadinya efek Tyndall, yaitu ....
2. Tawas digunakan untuk menjernihkan air, karena mengandung ... yang dalam air mengalami hidrolisis sehingga dapat membentuk koloid .... Koloid ini mampu menjernihkan air karena memiliki sifat ....
3. Darah tergolong sistem koloid. Pasien yang harus cuci darah, berarti darahnya dicuci melalui proses ..., yaitu ditujukan untuk ....

No comments:

My Blog List