Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 22 February 2010

THE ANSWER OF ACIDS AND BASES QUIZ Part III

1.      The conjugate base of acetic acid (CH3COOH) is ….
a. CH3COO-
b. CH3COOH2+
c. CH2COO2-
d. CHCOO3-
e. CCOOH2-

2.      The conjugate acid of the weak base methylamine (CH3NH2) is ….
a. CH3N2-
b. CH3NH-
c. CH3NH3+
d. CH3NH3-
e. CH3NH42+

3.      The sunscreen agent, para-aminobenzoic acid (C7H7NO2) can act as a base. What is the conjugate acid of this compound?
a.   C7H8NO2
b.   C7H8NO2+         
c.   C7H7NO2)-
d.   C7H8NO2-
e.   C7H7NO2+

4.      Urea (CON2H4) is a base. What is its conjugate acid?
a.   CON2H5
b.   CON2H5+           
c.   CON2H3-
d.   CON2H3+
e.   CON2H5-

5.      Hydrazine (N2H4), formerly used as a rocket fuel, is a base. What is its conjugate acid?
a.   N2H4-
b.   N2H5+                  
c.   N2H3+
d.   N2H5
e.   N2H5-

6.      In terms of base strength, OH- is … CH3COO-.
a. stronger than    
b. weaker than
c. the same as
d. different with

7.      Which definition of an acid is more restrictive? In other words, which definition includes fewer substances in its definition of an acid?
a.      Arrhenius
b.      Brønsted-Lowry
c.      Lewis
d.      Arrhenius and Bronsted-Lowry
e.      Arrhenius and Lewis

8.      Conjugate acid-base pair is ….
a. an acid and base that react to form water
b. a pair of acids with similar structures
c. two substances related by the donation/acceptance of a proton
d. two substances that have the same acid-base effect in water.

9.      Which of the following pairs does not represent a conjugate acid-base pair?
a. HClO4 / ClO4-
b. HCl / Cl-
c. H2SO4 / SO42-
d. H2O / OH-
e. NH3 / NH4+

10.  Identify the Brønsted-Lowry acids and bases (conjugate pairs) in the following equation. (A= B-L acid; B= B-L base)
HC2H3O2 + CN- = HCN + C2H3O2
a. B A B A
b. B B A A
c. A B A B
d. A B B A
e. B A A B

11.  The conjugate of a weak base is …
a. a strong base
b. a weak base
c. a strong acid
d. a weak acid
e. None of these

12.  Which of these is the weakest conjugate base?
a. NH2                  d. Cl-
c. C2H3O2           e. CN-
e. SO42–

13.  Sunscreen agents contain para-aminobenzoic acid (C7H7NO2). What is the conjugate base of this acid?
a.   C7H8NO2+
b.   C7H7NO2-
c.   C7H8NO2-
d.   C7H6NO2+
e.   C7H6NO2-                   

14.  Oxalic acid (C2H2O4) is found in rhubarb and spinach. What is its conjugate base?
a.   C2HO4+
b.   C2H3O4
c.   C2H3O4-
d.   C2H3O4+
e.   C2HO4-                       

15.  What is the conjugate acid of aniline, C6H5NH2?
a.   C6H5NH2+
b.   C6H5NH3-
c.  
C6H5NH-
d.   C6H5NH2-
e.   C6H5NH3+                   

No comments:

My Blog List