Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Monday, 22 February 2010

THE ANSWER OF ACIDS AND BASES QUIZ Part I

1.   The first theory of acid and base comes from Arrhenius.  According to this theory ….
a.      an acid is a substance that accepts a hydrogen ion.
b.      a base is a substance that accepts a hydrogen ion.
c.      a base is a substance that accepts a hydroxide ion.
d.      an acid is a substance that accepts a hydroxide ion.
e.      In water,an acid produces hydrogen ions                

   2.   A strong base is ….
a.      an electrolyte
b.      a strong electrolyte    
c.      a weak electrolyte
d.      anion
e.      cation

3.   Strong acids are ….
a.      HF and HCl
b.      HNO3 and HI              
c.      CH3COOH and H2S
d.      H3PO4 and H2SO4
e.      HOCl and HOCl2

4.   Organic acids contain a carboxyl group— a group that contains an acidic hydrogen that can ionize. The formula for the carboxyl group is ….`
a.      –NH2
b.      –OH
c.      –CH3
d.      –OCH3
e.      –COOH          

5.   The acid strength of HCl is … the acid strength of HNO3 in aqueous solution.
a. the same as     
b. greater than
c. less than

6.   In an oxyacid, the acidic hydrogen is always attached to ….
a.      anion
b.      another atom
c.      may be anion
d.      may be oxygen or another atom
e.      one of the oxygen atoms       

7.   Weak acids are ….
a. H2SO4, HI
b. HCl, HBr
c. HNO2, HF         
d. HNO3,H2SO3
e. HClO4, HClO3

8.   For a group of acids at the same concentration, the correct statement is ….
a. the weakest acid will be the most ionized
b. the strongest acid will be the least ionized
c. the weakest acid will be an Arrhenius acid
d. the strongest acid will be the most ionized     
            
9.   Which of the following is the weakest acid?
a.   H3PO3
b.   H3AsO4
c.   H3AsO3          
d.   H3PO4

10.  Which of the following is the strongest acid?
a.   H2SeO4
b.   H2SO4            
c.   HSO4-
d.   HSeO4-

11.  Which of the following is the weakest acid?
a.   HCl
b.   HClO
c.   HBr
d.   HBrO              

12.  Which of the following acids is a diprotic, weak acid?
a. carbonic                       
b. hydrochloric
c. perchloric
d. acetic
e. sulfuric

13.  In general, salts ….
a. are ionic compounds   
b. contain hydrogen ions
c. contain hydroxide ions
d. turn litmus red

14.  When bases ionize they release ….
a. hydrogen ions
b. sodium ions
c. chloride ions
d. hydroxide ions              

15.  An element common to all acids is ...
a. chlorine
b. nitrogen
c. oxygen
d. hydrogen          

16.  A base used in the manufacture of soap is ….
a. calcium hydroxide
b. sodium hydroxide         
c. ammonia
d. zinc hydroxide

No comments:

My Blog List