Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Sunday, 29 November 2009

PENJELASAN SKL-4 KIMIA SMA/MA 2010 Bagian II

SKL-4

Memahami senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul serta lemak.

Konsep 2

Mendeskripsikan senyawa turunan alkana.

Alkana adalah hidrokarbon alifatis jenuh, CnH2n+2, merupakan komponen utama minyak bumi. Konsep 2 ini menyangkut semua senyawa turunan alkana. Karena demikian banyaknya, maka Anda memerlukan suatu pola yang memberikan gambaran keterkaitan konsep. Perhatikan persamaan dan perbedaan dari senyawa-senyawa turunan alkana tersebut, sehingga mempermudah Anda untuk mendeskripsikan sifat-sifatnya.

Senyawa turunan alkana, berarti senyawa-senyawa yang diturunkan dari alkana. Untuk itu, satu atom H dari alkana diputus, diganti atom atau gugus lain. Terbentuklah gugus alkil, CnH2n+1 yang diberi simbol R (Radikal). Senyawa turunan alkana meliputi:

Alkohol: alkanol, ROH; eter: alkoksi alkana, ROR. Alkohol dan eter memiliki rumus umum sama CnH2n+2O.

Aldehid: alkanal, RCHO; keton: alkanon RCOR. Rumus umum keduanya CnH2nO. Karboksilat: asam alkanoat, RCOOH; ester, alkil alkanoat, RCOOR.

Isomeri

isomeri struktur: isomeri rantai, berbeda rantai atom C-nya. Isomeri posisi, posisi gugus fungsi berbeda. Isomeri fungsi, gugus fungsi berbeda.

isomeri ruang atau stereo isomeri. Isomeri geometri, terjadi pada senyawa alkena, CHCH3=CHCH2CH3, sepasang isomer cis dan trans. Isomeri optis, pada senyawa yang memiliki atom C kiral atau asimetris, sepasang isomer optis yang satu bayangan cermin yang lain, dinamakan pasangan enantiomer; dapat memutar bidang getar cahaya terpolarisasi ke kiri (levo) ke kanan (dekstro).

Alkanol monovalen, ROH primer, sekunder, dan tersier. Jika dioksidasi, ROH primer --> alkanal --> asam alkanoat. ROH sekunder dioksidasi --> alkanon. ROH tersier tidak dapat dioksidasi.

Reaksi substitusi. ROH + Logam --> (RO)nL + H2(g). ROH + HX/PX3/PX5 --> RX. ROH + RI --> ROR. RONa + RI --> ROR. RX + H2O/KOH --> ROH. ROH + H2SO4 (suhu kamar) --> ROSO3H.

Reaksi eliminasi. ROH + H2SO4 (140oC) --> ROR. ROH + H2SO4 (suhu 180oC) --> Alkena. RX + KOH dalam alkohol --> Alkena.

Reaksi adisi. Alkuna + H2 --> Alkena + H2 --> Alkana. Alkena + X2 --> Halo alkana. Alkena + HX --> Halo alkana. CH2=CH-CH3 + HBr --> CH3CHBrCH3. 2-bromo propana. Makin panjang rantai C, daya dorong terhadap elektron makin kuat. CH3CH=CHCH2CH3 + HBr --> CH3CH2CHBrCH2CH3.

Adisi pada gugus - C=O. Reaksi ini juga dinamakan reduksi. Asam alkanoat + H2 --> alkanal; Alkanal + H2 --> alkanol primer. Alkanon + H2 --> alkanol sekunder.

Reaksi esterifikasi (ke kanan) dan hidrolisis (ke kiri). RCOOH + ROH = RCOOR + H2O. Hidrolisis dengan basa kuat (saponifikasi/penyabunan). RCOOR + NaOH --> RCOONa + ROH.


No comments:

My Blog List