Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday 10 October 2009

STOICHIOMETRY QUIZ Part I

1. Sodium is a soft, reactive metal that instantly reacts with water to give hydrogen gas and a solution of sodium hydroxide. Ar Na = 23; Ar H = 1; Ar O = 16. The mass of sodium which needed to give 2,24 L at STP is ….
a. 1,2 g
b. 2,3 g
c. 4,6 g
d. 5,7 g
e. 8,0 g
2. A solution of sodium carbonate is added to a solution of hydrochloric acid. If the mass of sodium carbonate is 2,12 grams (Mr = 106), the volume of the gas produced at STP is ….
a. 112 cm3
b. 224 cm3
c. 336 cm3
d. 448 cm3
e. 560 cm3
3. A 5,72 g of Sodium carbonate deka hydrate (Mr = 286) is heated to form sodium carbonate anhydrate (Mr = 106). The correct statement about this reaction is ….
a. the type of reaction is cristalization
b. Na2CO3.10H2O(s) à Na2CO3(s) + 10H2O(g)
c. the amount of reactant is 0,01 mol
d. the salt produced is 0,01 mol
e. the mass of the product is 1,06 g
4. Calcium reacts with water according to the following reaction. At STP, what volume (L) of hydrogen would be produced by the reaction of 1.2 grams of calcium? (Ar: Ca = 40, H = 1, O = 16).
Ca(s) + 2 H2O(l) --> Ca(OH)2(aq) + H2(g)
a. 335
b. 440
c. 540
d. 671
e. 585
5. A commercial drain cleaner results in the following reaction in a clogged drain. What volume of H2 (L) at STP is produced when 4.25 g of aluminum reacts? (Ar: Al = 27, Na = 23, O = 16, H = 1).
2 NaOH(aq) + 2 Al(s) + 6 H2O
2 NaAl(OH)4(aq) + 3 H2(g)
a. 6.01
b. 2.44
c. 4.56
d. 5.29
e. 3.33
6. Pure tungsten can be prepared by the following reaction. What volume (L) of H2 at 0.980 atm and 20oC is required to react with 25.2 g of WO3? (Ar: W = 184, H = 1, O = 16).
3 H2(g) + WO3(s) --> W(s) + 3 H2O(g)
a. 7.20
b. 2.67
c. 9.00
d. 8.00
e. 4.50
7. A 3.040 g sample of impure calcium phosphide reacts with water to give 685 mL of PH3 at 20oC and 745 mm Hg. What is the % Ca3P2? (Ar: Ca = 40, P = 31, H = 1, O = 16).
Ca3P2(s) + 6 H2O(l) --> 3Ca(OH)2(s) + 2 PH3(g)
a. 83.9
b. 85.9
c. 76.2
d. 88.2
e. 80.8
8. An alloy consists of 5.0% Cu and 95.0% Al. Aluminum reacts with HCl but copper does not. What mass of alloy is required to produce 1.96 g of hydrogen gas? (Ar Al = 27, H = 1, Cl = 35.5).
2 Al + 6 HCl --> 2 AlCl3 + 3 H2
a. 17.5
b.18.4
c. 23.0
d. 1
e. 27.6
9. The mass of H2 produced by reaction of 1.60 g Fe and 2.00 g HCl is 0.0505 g. What is the percent yield? (Ar Fe = 56, Cl = 35.5, H = 1).
Fe + 2 HCl --> FeCl2 + H2
a. 89
b. 90
c. 92
d. 91
e. 90
10. The mass of H2 produced by reaction of 1.80 g Al and 6.00 g H2SO4 is 0.112 g. What is the percent yield? (Ar Al = 27, S = 32, O = 16, H = 1).
2 Al + 3 H2SO4 --> Al2(SO4)3 + 3 H2
a. 92.4
b. 93.4
c. 93.0
d. 90.8
e. 94.5

No comments:

My Blog List