Menu Pages

WELCOME TO MOB +

All my loving teachers/students,

Please motivate yourselves to follow my web.
Enjoy improving your skill and ability in science teaching/ learning, especially in chemistry.

If any of you have a question about your difficulty in chemistry of your daily teaching/ learning, please feel free to contact me, and I will publish the answers to those that may be interesting for most of you.

I ask you also to leave a comment in my articles.

Thanks a lot.


Green Education through Eco Chemistry

"Green Education" bertujuan untuk melancarkan peningkatan kualitas pendidikan bangsa melalui penerapan "Eco Chemistry", yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan segala sesuatu yang alami, ramah lingkungan, sehat, praktis dan ekonomis. Pembelajaran ini memerlukan motivasi diri, internal maupun eksternal dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Ide ini muncul sejak dicanangkannya tahun 2011 sebagai Tahun Internasional Kimia yang bertepatan dengan peringatan 100 tahun Marie Curie menerima hadiah nobel sebagai ilmuwan kimia wanita pertama. Sedang pemikiran dasar terungkapnya ide ini disebabkan oleh masalah dunia yang sangat memerlukan perhatian, yaitu "Green House Effect" dan "Global Warming." Tindakan ini merupakan salah satu wujud partisipasi aktif penulis terhadap pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun dan "Surabaya Eco School."

Penulis mengajak pembaca untuk menerapkan "Green Education" melalui "Eco Chemistry" dalam kehidupan sehari-hari. "Green Education" berlangsung seumur hidup (Long life Education), sejak janin dalam kandungan ibu hingga akan masuk ke liang kubur. Marilah dengan niat dan tekad yang kuat kita tingkatkan terus pendidikan diantara kita, terutama anak bangsa sebagai generasi penerus. Pendidikan ini dapat berlangsung Dimana saja dan Kapan saja.

Contoh penerapan "Eco Chemistry" dalam pembelajaran di SMA Negeri 16 Surabaya secara bertahap penulis terbitkan dalam bentuk artikel. Pembelajaran "Eco Chemistry" yang dimulai di sekolah, terus dilanjutkan secara bertahap ke masyarakat. Diharapkan melalui terobosan baru ini, yaitu penerapan "Eco Chemistry", masyarakat memahami dan menyadari bahwa kimia sangat berperan dalam kehidupan dan masa depan bangsa. Hal ini sesuai dengan slogan "International Year of Chemistry 2011" (IYC 2011), yaitu Chemistry: Our Life and Our Future" yang telah ditetapkan oleh PBB melalui UNESCO. Insya Allah tujuan pendidikan ini dapat tercapai secara optimal.


Web Blog Sejuta Guru Indonesia

Para Pengunjung yang saya cintai,
Ini adalah Blog lamaku yang hingga saat ini digunakan oleh banyak guru, siswa, dan pihak lain yang memerlukan.

Saya juga memiliki Blog Baru lagi yang isinya mulai banyak dan artikel-artikelnya banyak yang berasal dari pertanyaan pengunjung dan permintaan artikel khusus.

Saya akan berupaya untuk mempublish artikel-artikel baru di kedua Blog ini, termasuk blog-blog saya yang lain. Insya Allah tiap hari saya tetap dapat meluangkan waktu untuk menulis artikel, baik tentang kimia, pendidikan seumur hidup, Eco School, kesehatan, dan artikel lainnya.

Semoga kebiasaan menulis ini tak pudar oleh apapun, walau memasuki usia senja. Berbuat yang terbaik untuk anak bangsa begitu indah, marilah bersama cerdaskan bangsa.

Terima kasih

Silakan Berkunjung di http://etnarufiati.guru-indonesia.net

Saturday 25 July 2009

SOAL URAIAN STRUKTUR ATOM KELAS X

1.Arti dari atomos yang dikemukakan oleh Democritus adalah ....
2.Dalton menjelaskan teori atomnya menjadi 5 point. Terangkan dengan jelas.
3.Mengapa model atom Dalton dinyatakan sebagai bola pejal?
4.Dalton mengatakan bahwa atom yang sama sifatnya sama, atom berbeda sifatnya berbeda. Terangkan melalui contoh.
5.Terangkan percobaan yang dilakukan Thomson, sehingga beliau dinyatakan sebagai penemu elektron.
6.Bagaimana teori atom menurut Thomson? Gambar dan terangkan.
7.Atom bersifat netral, walaupun Thomson berhasil menemukan elektron. Apa yang dipikirkan oleh Rutherford sebelum melakukan percobaan?
8.Terangkan percobaan Rutherford hingga beliau memperoleh simpulan bahwa di dalam atom sesungguhnya ada bagian sangat kecil ditengah yang bermuatan positip.
9.Gambarlah model atom Rutherford dan beri keterangan.
10.Siapa penemu proton dan netron?
11.Setelah proton dan netron ditemukan, gambarlah secara lengkap perkembangan dari model atom Rutherford.
12.Notasi suatu atom unsur 238-U dengan nomor atom 92. Hitung jumlah proton, netron, dan elektronnya.
13.Berapa jumlah netron yang terdapat dalam atom H yang nomor massanya 1?
14. Terangkan arti isotop, isoton, dan isobar. Berikan contohnya.
15. Model atom Rutherford memiliki kelemahan, dalam hal apa dan mengapa?
16. Niels Bohr dinyatakan berhasil mengatasi kelemahan Rutherford. Bagaimana cara mengatasinya?
17.Gambarlah model atom menurut Niels Bohr.
18. Tuliskan kofigurasi elektron 20 unsur pertama, dari hidrogen sampai dengan kalsium.
19.Berapa jumlah elektron yang terdapat dalam ion Mg2+? Terangkan alasannya.
20.Elektron valensi Mg adalah 2. Terangkan artinya.
21.Suatu atom, elektronnya tersusun atas elektron dalam dan elektron valensi. Terangkan artinya.
22.Unsur logam selalu membentuk ion positip. Mengapa?
23.Logam dapat menghantar listrik, mengapa?
24.Ion negatip dapat dibentuk oleh unsur-unsur non logam. Mengapa?
25.Jika suatu logam membentuk ion positip, apa yang terjadi?
26.Demikian pula jika non logam membentuk ion negatip, apa yang terjadi?
27.Apa nama lain dari ion positip dan ion negatip?
28.Neon-10, isoelektronik dengan ion Na+1, Mg+2, Al3+, F-, dan O-2. Terangkan.
29.Tuliskan konfigurasi elektron ion-ion di atas.
30.Isotop Cl-35 dan Cl-37 masing-masing di alam kelimpahannya 75% dan 25%. Berapa massa atom rata-rata Cl?

No comments:

My Blog List